Senin, 16 September 2013

Gilang Adhitya putra KPI1A_TUGAS 2 SOSIOLOGI_EMILE DURKHEIM

Biografi Emile Durkheim

 

Emile Durkheim lahir pada tahun 1858 di epinal dari sebuah keluarga tua yahudi yang berasal dari Alsace, emile Durkheim sebenarnya diarahkan menjadi rabbi sebagaimana ayah dan kakeknya. Emile kemudian dikirim kesekolah rabbi dan mempelajari bahasa yahudi. Ia segera beralih dari urusan agama dan berhasil dengan gemilang menyelesaikan studi pendidikan umum. Pada tahun 1879 ia memasuki semacam sekolah tingkat atas yang kemudian menjadi sebuah lingkungan intelektual yang dinamis. Durkheim juga mendapat pelajaran dari Emile Boutroux dan Numa Denis Fustel De Coulanges. Durkheim lulus dengan ijazah guru pada tahun 1882. Tahun 1887 ia mengajar di Bordeaux. Pada tahun 1906 ia masuk ke Sorbonne dan meninggal di tahun 1917

 

 

Fakta sosial

 

          Durkheim berpendapat bahwa pokok bahasan sosiologi harus berupa studi atas fakta social. Fakta social terdiri dari struktur social, norma budaya, dan nilai yang bertada diluar dan memaksa actor.

            Fakta social dapat didefinisikan sebagai seluruh cara bertindak, baku maupun tidak, yang dapat berlaku pada diri individu sebagai sebuah paksaan eksternal; atau bias juga dikatakan bahwa fakta social adalah seluruh cara bertindak yang umum di pakai suatu masyarakat, dan pada saat yg sama keberadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi individual.

 

Durkheim membedakan dua tipe ranah fakta social:

 

a.       Fakta social material

                        Seperti gaya arsitektur, bentuk teknologi, hokum, dan perundang undangan, relative mudah dipahami karena keduanya bias diamati secara langsung.

 

b.      Fakta social nonmaterial

Jenis jenis fakta social nonmaterial:

 

Moralitas

 

Moralitas sesungguhnya adalah dasar sosiologi sebagai sebuah disiplin tersendiri. Moralitas adalah fakta social, dengan kata lain moralitas dapat dipelajari secara empiris, karena ia berada di luar individu, memaksa individu, dan dapat dijelaskan dengan fakta-fakta social lain.

 

Kesadaran kolektif

 

Kesadaran kolektif didefinisikan seluruh kepercayaan dan perasaan bersama orang kebanyakan dalam sebuah masyarakat akan membentuk suatu system yg tetap yang punya kehidupan sendiri; kita boleh menyebutnya dengan kesadaran kolektif atau kesadaran umum. Dengan demikian, dia tidak sama dengan kesadaran patrikular, kendati hanya bisa disadari lewat kesadaran kesadaran particular.

 

Representasi Kolektif

 

Kesadaran kolektif adalah sesuatu yang luas dari gagasan yang tidak memiliki bentuk yang tetap. Oleh karena itu tidak mungkin di pelajari secara langsung, tetapi harus didekati melalui relasi fakta sosial material.

 

Arus Social

 

Sebagian besar fakta sosial yang dirujuk durkheim sering diasosiasikan dengan organisasi sosial. Akan tetapi dia menjelaskan bahwa fakta sosial "tidak menghadirkandiri dalam bentuk yang jelas" Durkeim menyebutnya sebagai arus sosial.

 

 

Contoh dalam kehidupan sehari-hari:

         

1.      Frustasi, Hal ini membuat penderitanya dapat melakukan bunuh diri (suicide)

2.      Gaya hidup masyarakat yang modernisasi.

3.      Anak mematuhi perintah orang tua.

4.      Kerusuhan terjadi di mana-mana.

 

 

 

Karya karya Emile Durkheim:

 

1.         Jurnal ilmiah, l'anne Sociologyque ( Besnard, 1983)

2.         The Elementary Forms of Religious Life ( 1912/ 1965 )

3.         The Division of Labor in Society ( 1893/1964)

4.         The Rule of Sociology Method ( 1895/1951 )

5.         Suicide ( 1897/1951 )

6.         Professional Ethics and Civic Morals, (1955)

 

Sumber:

Sosiologi Sejarah dan Berbagai Pemikirannya (Anthony Giddens, Daniel Bell, etc)2004

Teori Sosiologi Modern (George Ritzer dan Douglas J. Goodman )2007

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini