Senin, 16 September 2013

AnisaLestariKPI1A_Tugas2Sosiologi_EmileDurkheim

Emile Durkheim
A.   Biografi
            Emile Durkheim lahir di Epinal, Perancis 15 April 1858. Ia keturunan pendeta Yahudi dan ia sendiri beajar untuk menjadi pendeta. Tetapi, ketika berumur 10tahun ia menolak menjadi pendeta. Sejak itu perhatiannya terhadap agama lebih bersifat akademis ketimbang teologis. Ia bukan hanya kecewa terhadap pendidikan agama, tetapi juga pendidikan umumnya dan banyak member perhatian pada masalah kesusastraan dan estetika. Ia juga mendalami metodologi ilmiah dan prinsip moral yang diperlukan untuk menuntun kehidupan sosial. Ia menolak karir tradisional dalam filsafat dan berupaya mendapatkan pendidikan ilmiah yang dapat disumbangkan untuk pedoman moral masyarakat.
            Hasratnya terhadap ilmu makin besar ketika dalam perjalanannya ke Jerman ia berkenalan dengan psikologi ilmiah yang dirintis oleh Wilhelm Wundt. Beberapa tahun sesudah kunjungannya ke Jerman, Durkheim menerbitkan sejumlah buku diantaranya tentang pengalamannya selama di Jerman. Penerbitan bukunya itu membantu Durkheim mendapatkan jabatan di Jurusan Filsafat Universitas Bordeaux tahun 1887. Di sinilah Durkheim pertama kali memberikan kuliah ilmu sosial di Universitas Perancis.
            Durkheim berpengaruh besar terhadap pembangunan sosiologi, tetapi pengaruhnya tak hanya terbatas dibidang sosiologi saja. Sebagian besar pengaruhnya terhadap bidang lain tersalurkan melalui jurnal L'annee Sociologique yang didirikannya tahum 1898. Sebuah lingkaran intelektual muncul sekeliling jurnal itu dan Durkheim berada dipusatnya. Melalui jurnal itu, Durkheim dan gagasannya mempengaruhi berbagai bidang seperti antropologi, sejarah, dan psikologi.
            Durkheim meninggal pada 15 november 1917 sebagai seorang tokoh intelektual Perancis tersohor. Tetapi, karya Durkheim mulai mempengaruhi Amerika dua puluh tahun sesudah kematiannya, yakni setelah terbitnya The Structure of Social Action (1937) karya Talcott Parsons.
B.   Fakta Sosial
            Durkheim mengembangkan konsep masalah pokok sosiologi penting dan kemudian diujinya melalui studi empiris. Dalam The Rule of Sociological Method, Durkheim menekankan bahwa tugas sosiologi adalah empelajari apa yang ia sebut sebagai fakta-fakta sosial. Ia membayangkan fakta sosial sebagai kekuatan dan struktur yang bersifat eksternal dan memaksa individu. Studi tentang kekuatan dan struktur berskala luas ini dan pengaruhnya terhadap individu menjadi sasaran studi banyak teoritis sosiologi di kemudian hari. Dalam bukunya yang berjudul Suicide Durkheim berpendapat bahwa ia dapat menghubungkan periaku individu seperti bunuh diri itu dengan sebab-sebab sosial(fakta sosial) maka ia akan dapat menciptakan alas an mengapa individu A atau B melakukan bunuh diri.
            Dalam The Rule of Sociological Method ia membedakan antara dua tipe fakta sosial: material (birokrasi, hukum) dan nonmaterial(kultur, institusi sosial ). Walaupun pembahasan Durkheim lebih condong terhadap fakta sosial nonmaterial. Perhatiannya terhadap fakta sosial ini telah jelas dalam karyanya paling awal, The Division of Labor in Society.  Ia menyimpulkan bahwa masyarakat primitif dipersatukan terutama oleh fakta sosial nonmaterial, khususnya oleh kuatnya ikatan moralitas bersama atau disebut dengan kesadaran kolektif. Tetapi kesadaran tersebut akibatkompleksitas masyarakat modern. Masyarakat modern cendrung membagi-bagi pekerjaan mereka. Menurut Durkheim pembagian kerja pada masyarakat modern menimbulkan patologi. Kecenderungan sosiologi konservatit Durkheim terlihat ketika ia menganggap revolusi tak diperukan untuk menyelesaikan masalah. Ia menganggap bahwa dalam masyarakat modern moralitas bersama akan dapat menanggulangi penyakit sosial yang mereka alami dengan cara yang lebih baik.
C.    Contoh Fakta Sosial dalam Kehidupan
1.      Bunuh diri
2.      Krisis Moral
3.      Gaya hidup masyarakat
 
D.   Karya-karyaDurkheim
1.      L'anne Sociologyque
2.      The Elementary Forms of Religious Life
3.      The Division of Labor in Society
4.      The Rule of Sociology Method
5.      Suicide
6.      Professional Ethics and Civic Morals



Sumber: Teori Sosiologi Modern, George Ritzer-Douglas J.Goodman

Nama: Anisa Lestari (KPI 1A)
NIM: 1113051000027
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini