Senin, 16 September 2013

ida_KPI 1A_Tugas 2_Emile durkheim 1

A.  Biografi Emile Durkheim
Emile Durkheim lahir pada tanggal 15 April 1858 di Epinal, Prancis. Ia sangat tertarik pada sosiologi ilmiah tetapi waktu itu belum ada bidang study sosiologi, sehingga pada tahun 1882-1887 ia mengajar filsafat di sejumlah sekolah di Paris. Beberapa tahun kemudian, Durkheim mendapatkan jabatan di jurusan universitas Bordeaux tepatnya pada tahun 1887. Disinilah Durkheim pertama kali memberiakan kuliah ilmu social di univesitas Prancis.
Tahun 1893 ia menerbitkan tesis doktornya, The Devision Of Labor In Society dalam bahsa prancis. Dan tesisnya tentang Montesquieu dalam bahasa latin (W. MILLER,1993). Sekitar tahun 1896 ia menjadi propesor penuh diuniversitas Bordeaux dan pada tahun 1906 ia menjadi propesor ilmu pendidikan, lalu tahun 1913 titel ini diubah menjadi Propesor ilmu pendidikan dan sosiologi. Karyanya yang sangat terkenal ialah The Elementary Forms of Religious life yang diterbitkan pada tahun 1912. Durkheim meninggal dunia pada tanggal 15 november 1917 sebagai seorang tokoh intelektuL PRncis tersohor.     
B.   Fakta social
Fakta social menurut Emile Durkheim terdiri dari dua macam, yaitu:
1.      Dalam bentuk material.
Yaitu barang sesuatu yang dapat disimak. Ditangkap dan diobservasi. Fakta social yang berbentuk material ini adalah bagian dari dunia nyata(external world) contohnya arsitektur dan norma hukum.
2.      Dalam bentuk non material
yaitu sesuatu yang dianggap nyata(external) fakta social jenis ini merupakan fenomena yang bersifat inter subjektif yang hanya dapat muncul dari dalam kesadaran manusia contohnya: egoism, altruism, dan opin
C.   Contoh Fakta social dalam kehiduan
A.      Siswa dan guru dituntut untuk menggunakan pakaian formal yang telah ditentukan karakteristiknya. Jika seorang guru dating kesekolah untuk mengajar menggunakn pakaian yang sedikit sembrautan, maka keberadaan guru itu tidak diterima oleh warga sekolah bahkan mendapat teguran langsung dari kepala sekolah. Dari sinilah dapat dilihat bahwa cara berpakaian seorang guru memang tidak bias sesuai keinginan guru itu sendiri akan tetapi diluar keinginannya. Dengan unsur koersif(guru tersebut diikat dengan aturan tersebut) dan menyebar kesemua warga sekolah.
B.      Pembentukan penyesuian diri pada remaja dilingkungan keluarga. Semua konflik dan tekanan yang ada dihindarkan dan dipecahkan. Bila dibesarkan dari keluarga yang penuh dengan keamanan, cinta dan kehangatan. Dengan penyesuaian diri akan lebih baik bila dalam keluarga individu merasakan bahwa kehidupannya berarti.
D.    karya-karya Emile Durkheim
a)      1957 professional Ethics and civic morals. Diterjemahkan oleh CorneField.London:Routledge and Kegan Paul. Pertama terbit 1950 dalam Prancis dengan judul Lecons de Sociologie : Physique Des Moeurs Et Du.
b)      1909 "sociologi Religieuse et theorie de la connaissance". Revue de metapaysique et de morale, XVII, 733-758.
c)      (1917) 1920 "Introducation a lamorale". Revue philosophique LXXXIX,79-97.
d)      1963 DURKHEIM, EMILE; and MAUSS, MARCEL primitive classification. Diterjemahkan dan diedit oleh Rodney Needham. Univ Chicago press. Pertama terbit dengan judul "De quelques forms primitives de classification" in l'anee sociologique
e)      1912 The Elementary Forms Of Religious Life



Daftra Pustaka:
Ritzer, George, dan Goodman, J. Douglas. Teori sosiologi modern.jakarta, Kencana Prenada Media Group. 2007.
Ritzer, George. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: PT Raja Grafindo persada, 2007.


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini