Senin, 24 November 2014

Tugas 8_Septian W Saputra_KPI 5D_1112051000097

Nama             : Septian W Saputra                                       KPI 5D

NIM                 : 1112051000097



Fenomena Media Komunikasi Terkini dan Etika Komunikasi

Facebook


Dewasa ini, media komunikasi berkembang dengan sangat pesat. Ilmu komunikasi telah menghasilkan banyak produk yang menyediakan perangkat komunikasi dalam berbagai bentuk. Sehingga komunikasi tidak hanya dapat diungkpkan melalui tatap muka langsung, melainkan dengan sistem tertentu kita dapat berkomunikasi tanpa bertemu langsung namun terasa sangat dekat.

Salah satu fenomena media sosial saat ini adalah facekbook. Facebook merupakan salah satu situs jejaring sosial terbesar di dunia. Hingga tahun 2013 kemarin jumlah pengguna situs jejaring sosial tersebut mencapai angka 1,19 miliar akun. Sungguh jumlah yang sangat fantastis. Sebagai perangkat penunjang komunikasi, mungkin banyak sekali pengaruh Facebook terhadap perkembangan dunia. Mengingat situs jejaring tersebut memiliki jumlah pengguna yang amat fantastis

Dalam kajian etika komunikasi, komunikasi diperlihatkan sebagai ilmu yang berhubungan dengan berbagai macam ilmu pengetahuan yang lain. Etika komunikasi mencoba mengolaborasi standar etis yang digunakan oleh komunikator dam komunikasikan. Dalam etika komunikasi media blog ini bisa dikaitkan dengan presektif sifat manusia. Sifat manusia yang paling mendasar adalah kemampuan berpikir dan kemampuan menggunakan simbol. Ini berarti bahwa tindakan manusia yang benar-benar manusiawi adalah berasal dari rasionalitas sadar atas apa yang dikakukan dan dengan bebas untuk memilih melakukannya. Dalam facebook ini juga berkaitan dengan presepektif  utilitarian. Standar utilitarian untuk mengevaluasi cara dan tujuan komunikasi dapat dilihat dari kegunaan, kesenangan, dan kegembiraan. Telah di bahas bahwa oleh beberapa individu facebook digunakan untuk kepentingan pribadi sebagai kesenangan.

Pada prinsip etika walaupun kita diberikan kebebasan dalam berkomunikasi namun harus tetap berdasarkan tanggung jawab dan norma yang berlaku. Facebook digunakan sebagai salah satu media penyampaian informasi internet. Facebook memiliki banyak dampak positif bagi kehidupan manusia. Namun, di lain sisi ada beberapa manusia yang menyalahgunakan situs jejaring sosial ini. Hal ini lah yang kemudian juga membuat kita perlu memikirkan segala informasi yang kita dapat secara lebih cermat dan mendalam. Segala pesan yang kita terima tidak boleh kita telan secara mentah-mentah. Renungkan dan pikirkan secara mendalam lebih dulu sebelum pesan tersebut kita terima.

 

SUMBER

Mufid Muhammad, Etika dan Filsafat Komunikasi,(Jakarta: Kencana: 2009)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini