Nama : putra akbar alkautsar Nim : 1112051000106 Kelas : kpi 5D Etika dalam komunikasi dan kebudayaan Istilah etika berasal dari kata Ethikus (latin) dan dalam bahasa yunani disebut ethicos yang berarti kebiasaan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia, Pendapat drs. D.P. simorangkir Etika aau etik adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik. Pendapat Drs. Sidi cjajalba Etika ialah teori tentang tingkah laku manusia yang dipandang dari segi baik dan buruk sejauh yang ditemukan oleh akal. Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat suatu system yang mengatur tata cara manusia bergaul. Tata cara pergaulan bertujuan untuk menjaga kepentingan komunikator dengan komunikan agar merasa tentram, senang, terlindungi tanpa ada pihak yang dirugikan. Tata cara pergaulan, aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam bermasyarakat dan menentukan nilai baik dan buruk, dinamakan etika. Jadi etika komunikasi adalah norma, nilai, atau alat ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat. Berikut ini adalah beberapa etika atau etiket dalam komunikasi : Jujur tidak berbohong Bersikap dewasa dan tidak kekanak-kanakan Lapang dada dalam berkomunikasi Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien Tidak mudah emosi dan emosional Berinisiatif sebagai pembuka dialog Berbahasa yang baik, ramah dan sopan Bertingkah laku yang baik Membuka pintu komunikasi Hubungan antara manusia didalam masyarakat harus dibina atas dasar hal-hal kecil yang menyebabkan persahabatan. Jadilah seseorang yang apabila ada kesempatan untuk membuka pintu komunikasi. Berikut contoh membuka komunikasi yang lazimnya dilakukan : A . lambaikan tangan B . senyum yang tulus dan simpatik C . capkan kata sapaan D . mengajak berjabat tangan E . tanyakan keadaan F . mintalah maaf dan permisi G . ucapkan terima kasih Contoh teknik komunikasi yang baik : Menggunakan kata dan kalimat yang baik dansdisesuaikan dengan lingkungan Menatap mata lawan bicara Gunakan bahasa yang dimengerti Ekspresi wajah yang ramah Gubakan gerakan tubuh/body language Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara Menggunakan volume, nada, intonasi, serta kecepatan suara bicara yang baik Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti jabat tangan, merunduk, hormat dan sebagainya.
Dikirim dari Yahoo Mail pada Android |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar