Senin, 27 Oktober 2014

Putra_akbar_kpi5D

Nama : putra akbar alkautsar
Nim : 1112051000106
Kelas : kpi 5D

Etika dalam komunikasi dan kebudayaan
Istilah etika berasal dari kata Ethikus (latin) dan dalam bahasa yunani disebut ethicos yang berarti kebiasaan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia,
Pendapat drs. D.P. simorangkir
Etika aau etik adalah pandangan manusia dalam berperilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
Pendapat Drs. Sidi cjajalba
Etika ialah teori tentang tingkah laku manusia yang dipandang dari segi baik dan buruk sejauh yang ditemukan oleh akal.
Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat suatu system yang mengatur tata cara manusia bergaul. Tata cara pergaulan bertujuan untuk menjaga kepentingan komunikator dengan komunikan agar merasa tentram, senang, terlindungi tanpa ada pihak yang dirugikan. Tata cara pergaulan, aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam bermasyarakat dan menentukan nilai baik dan buruk, dinamakan etika.
Jadi etika komunikasi adalah norma, nilai, atau alat ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat.
Berikut ini adalah beberapa etika atau etiket dalam komunikasi :
Jujur tidak berbohong
Bersikap dewasa dan tidak kekanak-kanakan
Lapang dada dalam berkomunikasi
Menggunakan panggilan / sebutan orang yang baik
Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
Tidak mudah emosi dan emosional
Berinisiatif sebagai pembuka dialog
Berbahasa yang baik, ramah dan sopan
Bertingkah laku yang baik

Membuka pintu komunikasi
Hubungan antara manusia didalam masyarakat harus dibina atas dasar hal-hal kecil yang menyebabkan persahabatan. Jadilah seseorang yang apabila ada kesempatan untuk membuka pintu komunikasi. Berikut contoh membuka komunikasi yang lazimnya dilakukan :
A . lambaikan tangan
B . senyum yang tulus dan simpatik
C . capkan kata sapaan
D . mengajak berjabat tangan
E . tanyakan keadaan
F . mintalah maaf dan permisi
G . ucapkan terima kasih

Contoh teknik komunikasi yang baik :
Menggunakan kata dan kalimat yang baik dansdisesuaikan dengan lingkungan
Menatap mata lawan bicara
Gunakan bahasa yang dimengerti
Ekspresi wajah yang ramah
Gubakan gerakan tubuh/body language
Menerima segala perbedaan pendapat atau perselisihan yang terjadi
Mampu menempatkan diri dan menyesuaikan gaya komunikasi sesuai dengan karakteristik lawan bicara
Menggunakan volume, nada, intonasi, serta kecepatan suara bicara yang baik
Menggunakan komunikasi non verbal yang baik sesuai budaya yang berlaku seperti jabat tangan, merunduk, hormat dan sebagainya.

Dikirim dari Yahoo Mail pada Android

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini