Senin, 27 Oktober 2014

Tugas 5_Ardiansyah Fadli_KPI 5 C_1112051000085

 
ETIKA KOMUNIKASI DAN KEBUDAYAAN
 
Jika kita bermasyarakat pasti ada suatu sistem yang mengatur bagaimana tata cara manusia dalam bergagul. Yaitu Tata cara bergaul untuk bias saling menghormati atau tepat nya biasa kita sebut tata karma atau sopan santun, sepak terjang, perangai,aklhlak ataupun perilaku dan lain sebai nya.
 
Tata cara di dalam pergaulan bermaksud yakni untuk menjaga hubungan komunikasi antara komunikator ndan komunikan agar komunikasi yang di jalin dan di bangun satu nsama lain terjaga dengan baik dan pesan yang disampaikan menimbulkan effect yang baik dan komunikasi keduanya berlangsung dan berhasil dengan baik dan lancar terlindungi tanpa ada pihak yang merasa dirugikan satu sama lain dan komunikasi yang dibangun sesuai dengan adat kebiasaan yang mereka lakukan serta tia tidak bertentangan  dengan hak asasi manusia dan hukum.
 
Nah, tqata cara dalam bergaul, aturan dalam berperilaku kemudian adat kebiasaan manusia dalam berkomunikasi dengan masyarakat dengan melihat dari aspek nilai dan norma yang baik dilakukan ataupun sebalik nya, ini dinamakan sebagao etika.
 
Kata etika berasal dari kata ethikus (latin) dan dalam bahasa Yunani dis
ebut ethicos yang berarti kebiasaan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran baik dan buruk tingkah laku manusia.
 
Berarti, etika komunikasi adalah norma, nilai, atau standar ukuran normatife tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi di suatu masyarakat ataupun lingkungan.
 
Berikut ini adalah beberapa etika atau norma dalam berkomunikasi antar manusia di masyarakat di dalam kehidupan sehari hari diantaranya :
 
·        Bertingkahlaku dengan baik
·        Bersikap Dewasa tidak kekanak-kanakan
·         Tidak mudah emosi / emosional
·        Menggunakan panggilan orang yang baik (tidak mencela dengan julukan2)
·        Menggunakan pesan bahasa yang efektif dan efisien
·        Lapang dada dalam berkomunikasi
·        Berinisiatif sebagai pembuka dialog
·        Berbahasa yang baik, ramah dan sopan santun.
·        Menggunakan pakaian yang pantas dan sesuai dengan kondisi sekitar
·        Jujur tidak berbohong
 
Kebudayaan merupakan hasil cipta, rasa dan karsa manusia. Manusia yang beretika, maka akan menghasilkan budaya yang beretika pula.didalam etika budaya mengandung tuntutan bahwa budaya yang di buat di bentik dan diciptakan itu seyogyanya mengandung unsur nilai nilai etik yang bersifat universal.. walaupun demikian suatu budaya yang dihasilkan memenuhi nilai-nilai etik atau tidak bergantung dari paham atau ideologi yang diyakini oleh masyarakat tertentu.
 
Budaya juga merupakan suatu cara hidup seseoraqnbgf yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok ataupun golonghan tertentu dan diwariskan dari generasi ke generasi, jadi yang namanya bbudaya akan selalu ada terkait dengan adanya regenerasi dalam budaya yang di jalankan tersebut.
 
·        Etika Dalam Kebudayaan, antara lain :
·        Mencari Kesamaan Latar Belakang
·        Mengirim dan Menilai Pesan Tanpa Penilaian
·        Mengirim Pesan Secara Jujur
·        Menunjukan Respek pada Budaya Lain
 
Fungsi dan tujuan nya :
 
·        Hubungan yang terjalin antar manusia akan menjadi lebih baik.
·        Komunikasi antar budaya akan terhindar dari hambatan, salah satunya hambatan etnosentris.
·        Komunikasi yang terjalin tidak lagi mengalami kesalahpahaman.
·        Terjadinya pertukaran informasi antar budaya.
·        Terciptanya rasa hormat dan saling memahami antar individu yang memiliki budaya berbeda.
·        Tertanamnya nilai-nilai baik
Tetapi budaya dan komunikasi tak dapat di pisahkan satu sama lain, karena budaya iotu tidak menentukan siapa berbicaqra denghan siapa, tentang apa dan bagaimana orang menyandi pesan, makna yang ia miliki untuk pesan.
 
Sedangkan budaya merupakan landasan komunikasi dimanja bila budaya beraneka ragam pula praktik praktik dan tatacara komunikasi yang berkembang dan digun akannya.
 
DAFTAR PUSTAKA
 
Ø Sudirman Tebba, Filsafat dan Etika Komunikasi, (Tangerang: Pustaka IrVan, 2008)
Ø L.JOHANSEN, RICHARD. 1996. Etika Komunikasi, Penerbit Rosda, Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini