Selasa, 17 Maret 2015

BUNGAWATI_1112054000032_PMI_6_TUGAS RESUME_EKOLOGI MANUSIA

Nama : BUNGAWATI

Nim     : 1112054000032

Tugas 1

Mesin Dunia A La Newton

Pandangan dunia  dan system nilai kebudayaanyang telah dikaji di abad ke enam belas dan tujuh belas, antara tahun 1500 dan 1700 itu terdapat suatu perubahan dramatis pada cara manusia menggambarkan dunianya dan dalam keseluruhan cara berpikir mereka. Sebelum tahun 1500 pandangan dunia yang dominan dieropa dan sebagian besar peradaban lain bersifat organik. Pengertian hubungan yang organik yang ditandai oleh saling ketergantungan antara fenomena material dan prinsip bahwa kebutuhan masyarakat umum lebih utama daripada kepeningan pribadi. Pandangan abad pertengahan itu berubah secara mendasar pada keabad enam belas dan tujuh belas. Pengertian alam semesta sebagai sesuatu yang bersifat organic, hidup dan spiritual digantikan oleh pengertian bahwa dunia itu laksana sebuah mesin danmesin dunia itu kemudian menjadi metafora yang dominan pada zaman modern. Perkembangan ini diakibatkan oleh peubahan-perubahan revolusioner dalam ilmu fisika dan astronomi yang mencapai puncaknya pada presentasi yang dicapai oleh Copernicus, Galileo dan Newton.

            Copernicus  yang mematahkan pandangan geosentrik Ptolemy dan gereja yang telah diterima sebagai dogma selama lebih dari seribu tahun. Setelah Copernicus, bumi tidak lagi menjadi pusat alam semesta tetapi hanya sebagai salah satu dari sekian planet yang mengelilingi sebuah bintang kecil diujung galaksi dan manusia didepak dari kedudukan kebanggaannya sebagai gambaran sentral dari ciptaan tuhan.  Copernicus diikuti oleh Johannes kepler, seorang ilmuan dan sekaligus seorang ahli mistik yang mencari harmoni planet-planet yang melalui kerja keras dan dengan menggunakan table-tabel astronomi dia mampu merumuskan hukum-hukum empiriknya yang terkenal tentang gerak planet, yang memberikan dukungan lebih jauh pada system Copernicus. Perubahan yang sebenarnya dalam pandangan ilmiah adalah perubahan yang dihasilkan oleh Galileo.

 Galileo yang terkenal telah menemukan hokum-hukum bintang jatuh ketika dia mengalihkan perhatiannya pada astronomi. Galileo adalah orang yang pertama yang memadukan percobaan ilmiah dengan bahasa matematika untuk merumuskan hukum-hukum alam yang ditemukannya dan olehkarena itu dia dianggap sebagai bapaknya ilmu modern. Sementara Galileo, Descartes percaya bahwa bahasa alam adalah matematika dan keinginannya untuk menggambarkan alam dalam pengertian matematika membawa Descartes pada penemuannya yang terkenal.

Newton menyajikan teori tentang dunia secara rinci dalam bukunya mathematical principles of natural philosophy. Secara singkat principia sesuai denganjudul aslinya dalam bahasa latin mencakup suatu system definisi, proposisi, dan bukti-bukti yang komprehensif yang dianggap oleh para ilmuan sebagai gambaran alam yang benar selama lebih dari dua ratus tahun. Alam semesta a la newton adalah sebuah system mekanis yang luar biasa besar  yang bekerja sesuai dengan hukum-hukum matematika yang pasti. Pada masa sebelum newton terdapat dua kecenderungan yang berlawanan pada ilmu abad ketujuh belas, metode empiris induktif yang diwakili oleh bacon dan metode rasional deduktif yang diwakili oleh Descartes.

Dalam buku principia memperkenalkan campuran yang tepat dari kedua metode itu dengan menekankan bahwa baik eksperimen yang tanpa interprestasi sistematis maupun deduksi  dari prinsip pertama yang tanpa bukti eksperimen sebenarnya sama-sama tidak akan sampai ke suatu teori yang dapat dipercaya. Selama bekerja di trinity college, Cambridge dan sementara mengerjakan principia dia mengumpulkan berjilid-jilid tulisan tentang kimia, naskah-naskah penyingkapan rahasia, teori-teori teologi yang menyimpang dari kebiasaan dab berbagai masalah yang berkaitan dengan  kegaiban. Tetapi dari naskah-naskah yang diketahui menunjukkan bahwa newton, si jenius besar revolusi ilmiah itu, pada saat yang sama juga seorang "penyihir terakhir". Kata-kata newton sendiri menggambarkan "ruang absolute dalam hakikatnya sendiri tanpa memperhatikan segala sesuatu diluar, selalu tetap dan tak bias digerakkan. Semua Perubahan dalam dunia fisik digambarkan dalam pengertian suatu dimensi yang terpisah, waktu yang juga bersifat absolute tanpa memiliki hubungan dengan dunia materi danmengalir secara halus dari masa lampau melalui masa kini dan menuju kemasa depan. "waktu yang absolute, sejati dan sistematis" tulis newton adalah sendirian dan dengan hakikatnya sendiri mengalir secara keseluruhan, tanpa memperhatikan apa pun diluar dirinya.

Unsure-unsure dunia nweton yang bergerak dalam ruang absolutdan dalam waktu absolute ini adalah partikel-partikel materi; objek kecil, padat, dan tidak bias dihancurkan yang merupakanasal usul dari semua benda. Model materi newton sangat atomistik, tetapi berbeda dari konsep atom modern dalam arti bahwa partikel newton dianggap berasal dari substansi yang sama. Newton beranggapan bahwa materi itu homogen dia menguraikan perbedaan antara satu materi dengan materi lainnya tidak dalam pengertian atom yang kepadatannya kurang lebih sama. Balok-balok bangunan dasar materi yang ada dalam suatu objek ditentukan oleh masa objek tersebut. Newton memandang baik partikel maupun kekuatan gravitasi tersebut sama-sama diciptakan oleh tuhan dan dengan demikian tidak tunduk pada analisis lebih jauh. Dalam tulisannya yang berjudul opticks, newton memberikan gambaran yang lebih jelas bagaimana dia membayangkan dunia materi ciptaan tuhan tersebut: " Sesuatu yang mungkin, bahwa tuhan menciptamateri bermula dalambetuk partikel-parikel padat, dalam masa besar, keras, tidak bisa ditembus dan tidak bergerak, dalam ukuran dan bentuk tertentu dengan sifat-sifat tertentu dan dalam pertandingan tertentu dengan dimensi ruang, yang sesuai dengan tujuan pembentukannya dan bahwa partikel-pertikel sederhana yang padat itu lebih keras daripada benda berlombang yang dihasilkannya bahkan karena kerasnya partikel-partikel itu tidak pernah usangatau pecah tak ada kekuatan yang mampu memecah apa yangdijadikannya untuk oleh tuhan sendiri dalam penciptaan yang pertama".

Pada abad kedelapan belas dan kesembilan belas teori Newton menjelaskan gerak planet, bulan dan komet hingga ke rinci-rinciann yang terkecil, begitu pula aliran gelombang dan berbagai fenomena lain yang berkaitan dengan gravitasi. System matematika newton telah mantap menjadi teori relitas yang benar dengan sedemikian cepatnya dan menimbulkan antusiasme yang luar biasa baik dikalangan ilmuwan maupun orang awam. Newton juga telah merajai kota London sebagai seorang yang paling terkenal pada zamannya, tokoh revolusi ilmiah yang besar dan berambut putih. Cerita tentang kehidupan newton ini mengingatkan kita pada kenangan-kenangan kita  dan tentang Albert Einstein yang memainkan peran sangat mirip dengan Newton pada abad kita ini. Keberhasilan mekanika Newton yang cemerlang dalam astronomi, para fisikawan mengembangkannya hingga ke gerak cairan yang terus-menerus dan getaran-getaran benda elastis dan lagi-lagi semua itu berhasil dengan baik. Bahkan akhirnya teori tentang panas pun bisa direduksi menjadi mekanika ketika disadari bahwa panas adalah energi yang dihasilkan oleh suatu gerakan "bergoncang" yang kompleks dari atom dan molekul. Dengan demikian banyak fenomena panas, seperti penguapan air atau temperature dan tekanan gas, bisa dipahami dengan sangat baik dari sudut pandang mekanistik murni. Sedangkan Dalton memiliki imajinasi bergambar yang sangat jelas dan mencoba menjelaskan sifat-sifat campuran gas dengan bantuan gambar-gambar geometric dan model-model atom mekanik. Asumsi utamanya adalah bahwa semua unsure kimia terdiri dari atom dan bahwa atom-atom dalam suatu unsure lainnya baik dalam massa, ukuran maupun sifat-sifatnya.  

Teori newton tentang alam semesta dan kepercayaan pendekatan rasional pada masalah-masalah manusia menyebar dengan sedemikian pesatnya dikalangan kelas menengah abad kedelapan belas sehingga keseluruhan era itu menjadi zaman pencerahan. Pengaruh yang kuat dari Descartes dan Newton, karya-karya locke mempunyai dampak yang menentukan pada pemikiran abad kedelapan belas.

Locke megembangkan pandangan masyarakat yang atomistic yang menggambarkannya dalam pengertian balok bangunan dasarnya manusia. Analisis locke tentang hakikat manusia didasarkan atas analisis filsuf sebelumnya, Thomas hobbes yang menyatakan bahwa semua pengetahuan itu berdasarkan persepsi indera. Locke mengadopsi teori pengetahuan ini dan dengan metaforanya yang terkenal membandingkan akal manusia yang baru lahir dengan sebuah tabula rasa, sebuah meja kecil yang kosong sama sekali yang akan ditulisi dengan pengetahuan segera sesudah pengetahuan itu diperoleh melalui pengalaman indera. Menurut locke semua manusia semua laki-laki kalau menurut kata-katanya terlahir sama dan dalam perkembagannya mereka sama sekali tergantung pada lingkungan. Locke percaya bahwa tindakan-tindakan manusia selalu didorong oleh apa yang mereka anggap sebagai minat mereka sendiri. Locke menerapkan teorinya tentang hakikat manusia pada fenomena social, dia dituntun oleh keyakinan bahwa terdapat hokum-hukum alam yang mengatur masyarakat manusia yang sama dengan hukum-hukum yang mengatur alam semesta fisik.hukum-hukum alam ini mencangkup kebebasan dan persamaan individu serta hak memiliki yang merupakan buah kerja seseorang. Konsep-konsep locke menjadi dasar bagi system nilai pencerahan dan mempunyai pengaruh yang kuat pada perkembangan pemikiran ekonomi dan politik.

Perkembangan pada abad kesembilan belas adalah penemuan dan penelitian tentang fenomena listrik dan magnetic yang melibatkan suatu jenis kekuatan baru dan tidak digambarkan secara tepat oleh model makanistik. Langkah penting itu diambil oleh Michael faraday dan dilengkapi oleh cleark Maxwell yang pertama adalah salah satu peneliti terbesar dalam sejarah ilmu sedangkan yang kedua adalah seorang teoritisi yang cemerlang. Faraday dan Maxwell tidak hanya meneliti pengaruh-pengaruh listrik dan magnet, tetapi juga membuat kekuatan-kekuatan itu sendiri sebagai objek penelitian mereka. Dengan menggantikan konsep gaya dengan konsep medan gaya yang jauh lebih halus, mereka merupakan tokoh pertama yang mampu melebihi fisika Newton yang menunjukkan bahwa medan memiliki realitas sendiri dan dapat diteliti tanpa acuan apa pun pada dasarnya adalah suatu medan elektromagnetik yang bertukar-tukar secara cepat yang berjalan melalui dimensi ruang dalam bentuk gelombang-gelombang. Meskipun mencapai peruahan yang sedemikian jauh. Maxwell sendiri menjelaskan hasil-hasil penelitiannya dalam pengertian mekanik yang menafsirkan medan gaya sebagai kondisi tekanan mekanik dalam suatu medium yang sangat ringan dan mampu menembus kemana-mana yang disebut ether dan menjelaskan gelombang electromagnet sebagai gelombang elastic dari ether.

Lamarck merupakan biolog terbesar dalam sejarah, menjungkir-balikan tangga penjelasan itu. Dialah yang mengatakan bahwa tangga itu dimulai dengan influsoria dan terdapat perubahan-perubahan yang mengarah pada manusia. Penjungkirbalikan taksonomi merupakan salah satu prestasi menganggumkan yang pernah ada. Lamarck adalah orang pertama yang menyajikan suatu teori evolusi yang koheren yang menerangkan bahwa semua makhluk hidup telah berevolusi dari bentuk-bentuk yang lebih sederhana sebelumnya dibawah tekanan lingkungan. Meskipun perincian teori Lamarck akhirnya ditinggalkan orang, teori ini bagaimanapun merupakan langkah pertama yang sangat penting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini