Senin, 14 Maret 2016

Siska Kurniasih_Masjid Jami’ Al-Anwar_Tugas 2

Nama   : Siska Kurniasih

Nim     : 11140530000022

Kelas   : Manajemen Dakwah 4A

 

Pada tugas dua dimata kuliah metodelogi penelitian dakwa, kali ini saya meneliti seputar Masjid Jami' Al-Anwar terletak di Jl. R.Moh.Kahfi 1 Gg. Manggis Rt 001/001 Ciganjur Jagakarsa Jakarta Selatan, yang posisinya dekat dengan lingkungan tempat tinggal saya. Masjid ini berdiri sejak tahun 1982 hingga sekarang, dengan luas tanah 700M. Awal mulanya masjid Jami' Al-Anwar adalah sebuah musholah kecil, itu pada tahun 1965. Kemudian dari segi sarana dan prasarananya masjid Jami' Al-Anwar, sudah memadai, yang bisa memberikan kenyamana bagi para jama'ah untuk melaksanakan ibadah, dengan lebih khusyuk dan tenang.

Dalam melengkapi semua sarana dan prasarana DKM masjid ini melalukan musyawarah terhadap para jama'ah, dengan tujuan bergotong royong untuk memakmurkan masjid. Kemudian juga dalam pemilihan segi kepengurusannya masjid Jami' Al-Anwar melakukannya juga dengan musyawarah. Yang pada saat ini diketuai oleh bapak H.Naiman,yang dimana beliau juga menjabat sebagai ketua RW 001.

 Dari segi kegiatan yang ada di masjid yaitu TPA bagi anak-anak yang diketuai oleh ibu Shopiah, yang dilaksanakan dari hari senin-jum'at pukul 15.00-17.00. Kemudian setiap malam sabtu diadakan kegiatan ta'lim bagi bapak-bapak dan remaja yang diisi oleh Ust. H. Abdul Hadi, yang berkediaman di Jl. Timbul. Kemudian setiap kamis siang ada kegiatan ta'lim bagi ibu-ibu. Kemudian masjid Jami' Al-Anwar juga mendapat giliran untuk pengadaan acara kuliah subuh setiap minggu pagi, dari wilayah jakarta selatan, yang dihadiri Walikota/Lurah. Kemudian dalam pengadaan santunan anak yatim serta para janda, biasanya dilakukan menjelang awal masuk bulan ramadhan, santunan tersebut biasanya berupa 1 karung beras, serta 1 dus indomi. Yang diundang kisaran 1 RW, yang terdapat diwilayah RW 001. Dalam memperingti hari-hari besar Islam, masjid Jami' Al-Anwar, biasanya mengundang para jama'ah, untuk menghadiri ceraham yang biasanya dihadiri oleh K.H. Enjum Juanda. Demikian inforfasi yang bisa sampaikan mengenai Masjid Jami' Al-Anwar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini