Senin, 14 Maret 2016

Risca Puspadelima_Masjid Darul Mustaqim_Tugas 2

Risca Puspadelima_Masjid Darul Mustaqim_Tugas 2
Nama   : Risca Puspadelima
NIM    : 11140530000008
Jurusan: Manajemen Dakwah 4A

MASJID DARUL MUSTAQIM
Masjid Darul Mustaqim berdiri pada tahun 1995. Tanah yang dibangun menjadi Masjid ini merupakan tanah wakaf dari Ibu Sutijah dengan luas 17X17 meter. Masjid ini terletak di Kp. Warung Kaler RT 04 RW 02 Desa Cibungur Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta Provinsi Jawa Barat. Ketua DKM saat ini adalah Bapak Sartim yang sekaligus menjadi Amil di kampung ini.


Ketika masjid membutuhkan dana untuk pembangunan maka para pengurus menggunakan kekuatan atau tenaga sendiri. Jadi masjid ini dibangun atas swadaya masyarakat setempat. Dan juga uang tersebut ada yang diperoleh dari keropak masjid untuk keliling pada hari jum'at pada waktu sholat jum'at dilaksanakan dan kotak amal yang sudah tersedia di masjid. Dan kegiatan keuangan atau bendahara ini di pegang oleh Bapak Kosasih. Laporan pertanggungjawaban keuangan nya setiap perbulan dan terdapat pembukuan khusus.

Dokumen dan kegiatan surat menyurat ada di sekretaris yaitu Bapak Haji Adang. Semua kegiatan di masjid ini pasti dirapatkan dan dimusyawarahkan terlebih dahulu. Program kerjanya itu pun terdiri dari Pengajian harian mulai dari Bapak-bapak atau pun Ibu-ibu yang ada di lingkungan masjid. Lalu ada juga kegiatan mengajar yaitu madrasah diniyah dan juga TK. Pengangkatan pengurus pun dipilih berdasarkan demokrasi yang dipilih oleh para jamaah. Pergantian pengurus nya pun tidak dibatasi berapa tahun sekali, jadi ini sesuai kesanggupan dari penggurus itu sendiri.

Pembinaan dan pengembangan jamaah yaitu dalam pendidikan dakwah. Bapak-bapak pada malam jum'at dan ibu-ibu pada kamis pagi. Sedangkan dari remaja nya sendiri fleksibel. Tetapi ini juga menjadi problematika, karena hanya sedikit remaja yang mau berpartisipasi ataupun yang ingin memakmurkan masjid. Dan adapun kendala ketika menjadi imam, jadi jamaah di masjid ini saling dorong mendorong siapa yang akan menjadi imam. Karena tidak adanya keberanian dan kemampuan yang benar-benar baik dalam bidangnya. Jadi tidak ada imam yang tetap atau khusus di masjid Darul Mustaqim ini. Dan juga kurangnya jamaah. Hanya sedikit masyarakat yang mengikuti sholat berjamaah di masjid ini. Apalagi remaja nya yang bersikap acuh tak acuh pada setiap kegiatan yang dilaksanakan di masjid Darul Mustaqim ini. Jadi Bapak DKM dan pengurus yang lainnya memanggil para mahasiswa UIN dan remaja-rema lainnya agar dapat ikut serta dan aktif dalam menghidupkan masjid dan memakmurkan masjid Darul Mustaqim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini