Senin, 14 Maret 2016

Mulya Abdullah_Tentang Pengertian Metodologi Penelitian Dakwah dan Jenis Data_Tugas 1

Nama               : Mulya Abdullah
Kelas               : Manajemen Dakwah 4 A
NIM                : 11140530000023
            Penelitian adalah terjemahan dari bahasa Inggris: research yang berarti usaha atau pekerjaan untuk mencari kembali yang dilakukan dengan suatu metode tertentu dan dengan cara hati-hati, sehingga dapat digunakan untuk menyelesaikan atau menjawab problemnya.[1]
            Menurut Creswell (2008) penelitian adalah Research is a process of steps used to collect and analyze information to increase our understanding of a topic or an issue which is consist of three steps: pose a question, collect data to answer the question and present an answer to the question.[2] (Penelitian adalah proses langkah yang digunakan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk meningkatkan pemahaman kita tentang suatu topik atau masalah yang terdiri dari tiga langkah: mengajukan pertanyaan, mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan itu dan menyajikan jawaban untuk pertanyaan itu.)
            Penelitian dapat dilakukan secara kelompok atau sendirian dengan berbagai pertimbangan dan keperluan, misalnya penelitian yang dilakukan untuk melengkapi suatu persyaratan studi yang sedang ditempuhnya dan diharuskan untuk dilakukan secara mandiri.
            Dakwah menurut  Prof. Toha Yahya Oemar menyatakan bahwa dakwah islam sebagai upaya mengajak umat dengan cara bijaksana kepada jalan yang benar sesuai dengan perintah Tuhan untuk kemashalatan di dunia dan akhirat[3]
Metode penelitian merupakan suatu cara atau jalan untuk memperoleh kembali pemecahan terhadap segala permasalahan.[4] Di dalam penelitian dikenal adanya beberapa macam teori untuk menerapkan salah satu metode yang relevan terhadap permasalahan tertentu, mengingat bahwa tidak setiap permasalahan yang dikaitkan dengan kemampuan si peneliti, biaya dan lokasi dapat diselesaikan dengan sembarang metode penelitian.
A.    Data Kualitatif
Data yang dipergunakan untuk permintaan informasi yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian, maka data tersebut tidak dapat diwujudkan dalam bentuk angka-angka, melainkan berbentuk suatu penjelasan[5].
B.     Data Kuantitatif
Data yang dipergunakaan untuk menghimpun data, mengolah, menganalisis, dan menafsirkan angka-angka hasil perhitungan statistik[6].
 
Di dalam penelitian pasti ada yang namanya analisis data yang dibagi dalam beberapa hal sebagai berikut :
A.    Berdasar Esensi  Hasil Penelitian
1.      Penelitian murni adalah penelitian yang menghasilkan teori-teori yang mempunyai tingkat abtraksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan hasil penilaian terapan.
2.      Penelitian terapan (applied) memiliki tingkat abstraksi yang rendah, lebih transparan, ketika memperlihatkan variable atau konsep.
B.     Berdasarkan Tempat Penelitian
1.      Penelitian laboratorium adalah penelitian yang dilakukan di kamar atau tempat tertentu.
2.      Penelitian lapangan disebut juga penelitian kancah bertujuan menghimpun data atau informasi tentang masalah tertentu mengenai kehidupan masyarakat yang menjadi objek penelitian.
C.     Berdasar Bidang Penelitian
Penelitian dibagi sesuai dengan bidang studi, seperti bidang pemenelitian ilmu sejarah, sosiologi, ekonomi, dakwah dan lain-lain.
D.    Berdasar Tujuannya
1.      Penelitian eksplorasi disebut juga penelitian pendahuluan. Karena penelitian ini belum menghimpun data yang lengkap dan dilakukan mendahului penelitian yang bertujuan menghimpun data yang lengkap.
2.      Penelitian developmental, disebut juga penelitian pengembangan. Maksudnya adalah penelitian pengembangan teori-teori.
3.      Penelitian verifikasi. Penelitian ini digunakan untuk memeriksa.
E.     Berdasar Taraf Hasil Penelitian
1.      Hasil penelitian deskriptif berupa laporan apa adanya tentang sesuatu yang aktual tanpa terdapat analisis dari peniliti.
2.      Hasil penelitian inferensial merupakan laporan deskriptif yang memuat analisis hubungan variable-variabel.[7]


[1] P. Joko Subagyo, Metode Penelitian dalam Teori & Praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2011 h.2
[2]  Haris Herdiansyah, Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial, Jakarta: Salemba Humanika, 2012 h.2
[3] Wahidin Saputra, Pengantar Ilmu Dakwah, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2012 h. 1
[4] Joko Subagyo, Loc. Cit
[5] P. Joko Subagyo Op.Cit h.94
[6] Wardi Bachtiar, Metodologi Penelitian Ilmu Dakwah, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1997
[7] Wardi Bachtiar Op. Cit h.21

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini