Senin, 14 Maret 2016

Ilmiyati Nufus_Pondok Pesantren Babus Salam_Tugas 2

Ilmiyati Nufus_Pondok Pesantren  Babus Salam_Tugas 2
Nama: Ilmiyati Nufus
NIM:11140530000017
Jurusan: Manajemen  Dakwah
PONPES BABUS SALAM
Pondok pesantren Babus Salam berdiri pada tahun 1993. Bangunan yang dibangun di atas luas tanah wakaf ini cikal bakal pendiriannya  oleh KH. Arsyudin yang diteruskan oleh KH. Ahmad Rifa'i yang terus memimpin dan mengurus Yayasan Babus Salam sampailah kemudian diserahkan kepemimpinan yayasannya kepada menantu dari KH. Ahmad Rifa'i yakni KH. Anwar Wahdi Hasi sampai sekarang . Kemudian,  tepatnya berlokasi di daerah Cimone Tangerang, alamat lengkapnya yaitu Jl. Merdeka Gg. Pesantren 1 Pabuaran Sibang Karawaci Tangerang, letaknya di kelilingi oleh rumah-rumah warga, karena tepatnya berlokasi di tengah-tengah pemukiman warga pabuaran Sibang. Wilayah pesantren merupakan wilayah yang strategis dari jalan akses utama Cimone.

Sejarah pondok pesantren Babus Salam  terus berkembang dan mengalami perubahan Babus Salam pada mulanya merupakan sebuah pesantren salafi yang terus berkembang menjadi pesantren moderen seiring berjalannya zaman dari mulai beberapa santri yang mondok hingga sekarang diberlakukan test penyeleksian santri masuk untuk membtasi penerimaan dan fasilitas gedung asrama. Pondok pesantren Babus Salam memiliki dua marhalah yakni Marhalah Atsanawiyah (SMP)  dan Marhalah Al-Aliyah  (SMA).
Seperti pada podok pesanttren moderen lainnya Babus Salam memiliki basic yang mengembangkan bahasa asing salah satunya dalam program pembelajaran santri, menekankan para santri untuk menguasai percakapan keseharian mereka dengan menggunakan dua bahaa asingtersebut secara bergantian tiap minggunya, contoh: minggu ini santri diwajibkan menggunakan bahaa Arab, maka pada minggu selanjutnya bergantii santri diwajibkan menggunakan percaapan keseharian dengan bahasa Inggris, seperti itu seterusnya. Selain peraturan menggunakan bahasa asing yakni: bahasa Arab dan bahasa Inggris , kesehariannya Baus Salam juga membekali santrinya dengan kegiatan belajar dan mengajar kitab kuning dan  imu alat lainnya .
Selain krgiatan belajar dan mengajar formal  ada jbanyak ekstrakulikuler dan les tambahan di siang hari yang berlangsung setelah ISHOMA. Kegiatan SMP meliputi: kursus atau les pelajarab-pelajaran agama diantaranya: khot, nahwu, shorof dan lain-lain. Lain dengan tigkat SMA  kegiatanya mengaji kitab kuning, kegiatan tersebut berlangsung seterusnya diakhiri oleh ashar berakhirnya kegiatan dengan shalat ashar berjama'ah. Disambung dengan piket umum harian dengan jadwal yang telah ditenjukan oleh pengurus asrama. Selain pembmbing Ustadz dan Ustadzah ada kepengurusan yang membantu pembimbing untuk mengurus asrama dan berbagai kegiatannya. Pengurus sendiri  dipilih oleh wali kelas dan guru pembimbing kepengurusan di asrama dibagi menjadi dua yaitu asrama putra dan asrama putri, pengurus memiliki andil besar untuk mendidik dan mengayomi apngoa dan santri lainnya karena mereka yang mengelola organisasi di asrama tersebut. Pengurus asrama tidak jauh berbeda dengan kepengursan organisasi lainnya yang terdri dari BPH  dan seksi-seksi lainnya.
Adapun lampiran-lampiran kepengurusan pondok di antaranya:
BPH
Ketua Pengurus
Wakil Ketua
Sekertaris dan Bendahara
 Bagian Keamanaan
Bagian  Pengajaran
Bagian Bahasa
Bagian Kesehatan
Bagian Informasi dan Penerangan
Bagian Perpustakaan
Bagian Pengurus Asrama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini