Senin, 26 November 2012

lap 4,PESANTREN DAN PENDIDIKAN , RAHMAT AGUNG ADITYA KPI 1E

PESANTREN DAN PENDIDIKAN

Nama   :rahmat agung aditya

Nim     : 1112051000146

a)      Latar belakang

Pendidikan adalah suatu hal yang penting bagi setiap manusia karena berguna sebagai pendorong kehidupan orang dan perkembangan setiap manusia.     Pendidikan berguna untuk memperbanyak ilmu dan dapat berguna untuk menentukan masa depan kita . karena sudah banyak orang di luar sana yang masa depanya bisa dikatakan buruk, bahkan orang yang berpendidikan pun demikian.

Pesantren sebagai gambaran sistem pendidikan non formal dalam pengakuan masyarakat sekarang , hal ini sangat disayangkan kenapa hal ini terjadi , pendidikan tertua dalam pengakuan masyrakat tak dapat menggeser posisi pesantren dan tidak formal ke formal , disisi lain bukankan lembaga tradisional yang saat ini masih berjalan gontai tampa ada kejelasan dan hanya sebagian yang terpandang sampai saat ini, apakah ini sudah pengaburan sumbangsih terhadap para santri dan  peran pesantren ,bukankan mereka juga pernah membahu bahu mengangkat senjata bersama para pejuang pada penggalangan kemerdekaan seperti yang terjadi di surabaya

b)     Pertanyaan pokok

1)      Bagaimana pesantren membangun suatu kondisi yang mana berkaitan dengan asumsi pelemahan peran pesantren di tengah persaingan di dunia pendidikan?

c)      Metode penelitian

Metode penelitiaan          : kualitatif ,metode ini digunakan  dalam rangka mengetahui sejauh mana hubungan yang dibangun dalam pesantren untuk menbangun suatu kondisi dalam mengjaga dasar dasar pesantren dalam hubungan dengan lembaga yang lebih dari pesantren dalam anggapan masyarakat.

Waktu                              : 22 november 2012 , jam 09:00-15:30

Tempat                             : pondok pesantren AL-WASHILAH

                                          JL. Kp. Baru , KEL. Kembangan utara . jakarta barat          

 

d)     Gambaran tokoh

nara sumber Drs.H. Muhamad Sahidi Rahman.MA  beliau merupakan ketua dalam jajaran pengurus pesantren AL-WASHILAH dan pada saat ini masih aktif mengajar di pesantren dan menjadi tenaga pengajar di sebuah universitas. 

Analisis

Menurut data yanyang di diperoleh bantuan pemerintah yang di tujukan untuk pesantren itu lebih sedikit dari pada bantuan untuk sekolah sekolah berstandar nasional Oleh karena itu banyak kekwatiran yang didapat oleh pesantren bagaimana menyeimbangkan hal yang sama, dengan fakta ini maka proses mendapatkan  persamaan dalam meningkatkan kwalitas belajar sangat penting justru minim akan fasilitas akan menimbulkan merosotnya kualitas dalam pesantren itu sendiri.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini