Senin, 26 November 2012

Corri Prestita Ishaya_lap1_institusi sosial

Judul Penelitian : PELAYANAN KFC TERHADAP CUSTOMER
Peneliti : Corri Prestita Ishaya (1112051100019)




  1. Latar Belakang


KFC adalah salah satu restaurant cepat saji yang sudah mendunia sehingga banyak masyarakat yang berkunjung untuk menikmati makanannya. KFC ini termasuk ke dalam institusi bisnis yang ternama, maka dari itu saya memilih untuk mengadakan penelitian pada tempat tersebut. Selain itu, KFC juga ramai karena dekat dengan jangkauan customer terutama dari dalam daerah Tangerang Selatan dan sekitarnya. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya banyak interaksi baik dari customer maupun staff KFC itu sendiri. Seiring dengan berjalannya waktu, KFC terus meningkat menjadi bisnis yang sukses di dunia.


  1. Pernyataan Pokok Penelitian


Bagaimana cara melayani customer yang berkunjung di KFC ini?


  1. Metode Penelitian
Cara melayani customer yang berkunjung di KFC ini adalah sebagai berikut.


  • Staff yang bertugas harus ramah dalam melayani customer seperti tersenyum, menyapa, memberi salam ( selamat pagi, siang, sore, malam), dan lain sebagainya
  • Staff yang bertugas secepat mungkin mengambil tindakan, dalam arti sigap dalam membersihkan meja yang kotor apabila ada customer baru yang hendak duduk
  • Staff yang bertugas mempunyai inisiatif yang tinggi dalam melayani customer
Selain itu KFC juga sedang berinovasi dalam program " Hello Care ", yaitu lebih perduli terhadap customer yang berkunjung seperti beramah-tamah dengan customernya.



Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif, dimana peneliti menggunakan wawancara yang mendalam mengenai informasi tersebut.


Waktu Penelitian : Sabtu,10 November 2012 pukul 16.00-18.30 WIB
Tempat : KFC Ciputat, Tangerang Selatan


  1. Gambaran Objek Penelitian


Objek yang diteliti adalah bagaimana cara yang dilakukan oleh staff KFC yang melayani customer dengan baik. Selain itu, bagaimana cara berinteraksi dengan customer yang ada.


  1. Analisis


KFC di Indonesia sudah dibangun kurang lebih 33 tahub lalu, namun KFC di daerah Ciputat telah dibangun tahun 2007. Awalnya ketika KFC ini dibangun banyak warga yang tidak setuju dengan pembangunannya karena merasa terganggu. Lalu setelah dilakukannya proses penjelasan yang cukup panjang KFC dapat berdiri dengan baik hingga sekarang. KFC ini memiliki struktur kepengurusan yang terdiri dari :


  1. Manager
  2. Assistant Manager
  3. Chef Leader
  4. Crew


Pada awalnya pelayanan yang ada di KFC ini sangatlah kurang baik karena juga belum terpenuhinya fasilitas yang lengkap, sehingga banyak kritik dan saran yang sangat tajam dari customer. Setelah semuanya fasilitas telah lengkap dan adanya kepemimpinan dari manager yang bertugas, maka mulailah memperbaiki cara pelayanan dari hal yang terkecil sampai hal yang paling besar sekali pun. Adapun cara-cara pelayanannya adalah dengan beramah-tamah seperti tersenyum pada customer yang berkunjung, mengucapkan " selamat pagi, siang, sore, maupun malam", lalu cepat dalam bertindak, seperti membersihkan meja yang kotor pada saat ada customer baru yang masuk atau ada makanan/ minuman yang tumpah. Seorang staff KFC juga harus memiliki inisiatif yang tinggi. Pada saat ini, KFC sedang mengadakan program " Hello Care " yang dimana program tersebut adalah cara utama dalam meningkatkan pelayanannya. Lebih mementingkan dan memperdulikan customer dari sikap staff yang sebelumnya. Baik secara ucapan maupun perbuatan. Kesimpulannya adalah KFC selalu mencoba menginovasikan cara dalam menghadapi seluruh customer yang datang untuk menikmati makanan di restaurant cepat saji tersebut, yakni KFC.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini