Senin, 26 November 2012

Lap3_Kelompok Sosial_Umi Kulsum_Jurnalistik1A


ORGANISASI IKATAN MAHASISWA BIOLOGI
SELURUH INDONESIA
Umi Kulsum
1112051100003
Jurnalistik 1A
        I.            Latar Belakang
                    Ikatan Mahasiswa Biologi Indonesia (Ikahimbi) merupakan sebuah ikatan organisasi mahasiswa sejenis (IOMS) yang mengikat seluruh Himpunan Mahasiswa Biologi (Himabio) yang terdapat di seluruh Indonesia. Ikahimbi dibentuk atas dasar keinginan bersama seluruh mahasiwa biologi di Indonesia untuk mengembangkan dan memajukan biologi serta untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi.
           
           Terbentuknya Ikahimbi berawal dari adanya keinginan membentuk suatu wadah komunikasi antar mahasiswa biologi, sehingga pada tanggal 3 sampai dengan 6 September 2001 diadakan Musyawarah Nasional I (Munas I) di Universitas Brawijaya, Malang. Dari pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan pembentukan wadah komunikasi mahasiswa biologi se-Indonesia di bawah naungan Jaringan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia (JHMBI). Dalam perjalanan menuju perkembangannya JHMBI terbentur oleh beberapa permasalahan terutama mengenai  komunikasi dan koordinasi. Selain itu, juga terjadi kekosongan kekuasaan dipertengahan masa kepengurusan. Dari berbagai permasalahan yang timbul menjadi latarbelakang munculnya kesepakatan bersama untuk melaksanakan Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub) yang kemudian dilaksanakan pada tanggal 28 September sampai dengan 01 Oktober 2003 di Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung. Hasil-hasil dari pertemuan tersebut masih dianggap belum sempurna
     II.            Pertanyaan Pokok

Bagaimana aturan aturan yang terdapat dalam organisasi tersebut?


   III.            Metode Penelitian
Dalam pembahasan penelitian ini saya menggunakan metode kualitatif. Hal ini bertujuan agar informasi yang saya dapatkan lebih mudah untuk dipahami dan untuk memperjelas sebuah informasi. Penelitian kali ini saya mencoba memaparkan penelitian organisasi IKAHIMBI.
Waktu : Selasa, 20 November 2012
Pukul : 09.00
Tempat : Jalan Raya Nurul Huda Kampung Utan Pondok Syifa-Tangerang Selatan

  IV.            Gambaran Tokoh
Narasumber yang saya wawancarai ialah bagian dari organisasi IKAHIMBI yang menjabat sebagai anggota divisi Infokom. Beliau seorang mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang aktif dalam organisasi ini. Perannya sangatlah penting dalam menjembatani orang yang awam akan organisasi ini. Pengalamannya beliau dalam berkecimpung organisasi membuatnya terbiasa menjalani semua agenda kegiatan ataupun program yang dijalankan.
     V.            Analisis
            Visi, Misi dan Fungsi Ikahimbi
             Visi
Ikahimbi sebagai wadah kerja sama lintas kampus mahasiswa Biologi Indonesia untuk mengoptimalkan potensi mahasiswa dan berpartisipasi terhadap eksplorasi dan konservasi lingkungan hidup dalam rangka mewujudkan Tridharma Perguruan Tinggi
Misi
·         Mengembangkan wawasan kebiologian dalam bentuk kegiatan bersama dan pertukaran informasi antar fakultas/jurusan/departemen/program studi biologi.
·         Meningkatkan tanggung jawab mahasiswa Biologi Indonesia untuk menggunakan ilmu biologi sebagai pengetahuan dasar dalam melakukan eksplorasi dan konservasi lingkungan hidup.
Fungsi
·         Wadah pengembangan keilmuan dan profesionalisme
·         Wadah koordinasi kegiatan kemahasiswaan biologi se-Indonesia
Pada tahun 1993 Ikatan Mahasiswa Biologi Indonesia
Diganti pada tahun 2001 Jaringan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia
Pada tahun 2005 Ikatan Himpunan Mahasiswa Biologi Indonesia
Dari definisi diatas IMABI terdapat 1 sekjen saja, JHMBI terdapat 1 Himpunan yang mengkondisikan dari semua himpunan yang ada di Indonesia. Lalu, IKAHAMBI 1 sekjen ketua, tetapi anggotanya dari himpunan biologi tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini