Senin, 26 November 2012

organisasi Masyarakat.Maimunah Permata Hati hasibuan.jurnalistik 1A

Judul Penelitian             : Dema Justisia UGM
Peneliti                         : Maimunah Permata Hati Hasibuan (1112051100018)
I.                   Latar Belakang
Dengan semangat mencerdaskan, menggerakkan, dan mencerahkan, Cakrawala Perubahan hadir sebagai keluarga, mitra, dan rekan perjuangan dalam pengabdian dan menantang kedzoliman.
Perjuangan menuju perubahan haruslah senantiasa menjadi cakrawala. Untuk itu, Dewan Mahasiswa Justicia berpijak pada tema besar
.
Ideologisasi dan internalisasi Dema Justica, yaitu penanaman nilai kerakyatan dan ke-Dema-an, serta peningkatan fungsi advokasi, aspirasi, dan pelayanan mahasiswa serta optimalisasi potensi keilmuan hukum.
Tema besar perjuangan inilah yang menjadi landasan Dema Justicia untuk bergerak dan berpihak berdasarkan kefahaman dan kematangan dalam setiap aksi taktis dan strategisnya sebagai bentuk tanggung jawab moral-intelektual mahasiswa dalam rangka mewujudkan platform "Dema untuk bangsa, Dema untuk semua".
Alasan saya memilih DEMA JUSTISIA sebagai bagian dari analisis saya karena organisasi ini bersifat sosial dan organisasi ini  berasal dari masyarakat Universitas Gadjah Mada fakultas Hukum yang mempunyai visi sebagai lembaga mahasiswa yang progresif-membumi, aspiratif-konstribusi,dan konsisten berjuang, melayani dan mengabdi dalam ikhtiar menggerakkan,mencerdaskan, dan mencerahkan untuk Gadjah Mada dan Indonesia.
II.                Pertanyaan Pokok peneliti
Peran apakah yang telah diberikan organisasi Dema Justisia terhadap masyarakat sekitar, sehingga dapat menghasilkan dampak yang positif bagi masyarakat?
 
III.             Metode Penelitian
Dalam penelitian kali ini, peneliti menggunakan metode kualitatif karena peneliti menggunakan metode wawancara. Yang dilaksanakan pada saat :
Hari           : Senin 23 November 2012
Di              : Kampus 2 Uin syarif hidayatullah Jakarta jam 16.00
 
 
IV. Gambaran Objek Penelitian
            Organisasi ini bernama Dema Justisia dari fakultas hokum universitas gadjah mada. Yang berdiri sejak tahun 1990-an. Yang di ketuai oleh Muhammad Gibran Sesunan. Gerakan antikorupsi, yaitu pengawalan isu korupsi politik dan korupsi birokrasi. Pengawalan isu liberalisasi dan komersialisasi pendidikan. Pengabdian kepada masyarakat, yaitu sekolah kerakyatan (Sekolah Cerdas) di bidang pendidikan dan desa mitra di bidang kesehatan dan pemberdayaan masyarakat. ideologisasi dan internalisasi Dema Justica, yaitu penanaman nilai kerakyatan dan ke-Dema-an, serta peningkatan fungsi advokasi, aspirasi, dan pelayanan mahasiswa serta optimalisasi potensi keilmuan hukum. human dualisme yang terdiri kesadaran diri sendiri ( individu ) merupakan dari masyarakat serta kesadaran masyarakat merupakan dari diri sendiri ( individu ).
Tema besar perjuangan inilah yang menjadi landasan Dema Justicia untuk bergerak dan berpihak berdasarkan kefahaman dan kematangan dalam setiap aksi taktis dan strategisnya sebagai bentuk tanggung jawab moral-intelektual mahasiswa dalam rangka mewujudkan platform "Dema untuk bangsa, Dema untuk semua.
            Fungsi dari Dema Justisia ini adalah Membangun Dema Justicia yang kontributif bagi masyarakat dengan berlandaskan kekeluargaan untuk semua dan Mencetak kader-kader intelektual bangsa yang bervisi kerakyatan.
V.                 Analisis
Dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, dema justisia Yaitu khusunya ada di wilayah Jogjakarta karena berada di Jogjakarta. Dan program-programnya pun di antaranya seperti mengadakan bakti social untuk sumbangan masyarakat. Dan terkadang pun mengadakan demosntrasi untuk membela KPK. Dan memperjuangkan hak-hak pedagang kaki 5, lalu membebaskan parkir-parkir dari khusunya wilayah kampus UGM.
Menurut salah satu Mahasiswi fakultas Hukum UGM, Rika Rizki Hairani mengungkapkan bahwa dampak yang ia rasakan dengan adanya Dema Justisia adalah suara masyarakat dapat tersalurkan.
Menurut peneliti, berdasarkan teori Durkheim tentang human dualism. Hal tersebut saling berkaitan dengan adanya organisasi masyarakat yang merupakan kumpulan-kumpulan individu yang memiliki rasa kepedulian terhadap masyarakatnya. Dan organisasi Dema Justisia ini berkaitan dengan masyarakat karena dengan diadakannya organisasi ini masyarakat aspirasinya dapat bias disalurkan.
DAFTAR PUSTAKA
Narasumber : Rika Rizki Hairani, anggota pengembang sumber daya manusia
http://demajusticia.org/?page_id=428
 
 
 
 
           
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini