Senin, 26 November 2012

M Z Dahlan_JNR 1B_Tugas 3_Kelompok SOsial

IBU-IBU PKK DI DESA JURANG MANGU TIMUR-PD.AREN-TANGSEL
Oleh: M.Zaeni Dahlan (1112051100030)
Jurnalistik 1B
 
 
I.                   Latar Belakang
Manusia pada umumnya dilahirkan seorang diri, akan tetapi dia adalah makhluk yang telah mempunyai naluri untuk hidup dengan manusia lain. Kelompok-kelompok sosial merupakan himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama. Hubungan tersebut antara lain menyakut kaitan timbal-balik yang mempengaruhi dan suatu kesadaran untuk saling tolong menolong Kelompok sosial mempunyai beberapa syarat antara lain:
1.      Setiap anggota kelompok harus sadar bahwa dia merupakan sebagian dari kelompok yang bersangkutan.
2.      Ada hubungan timbal-balik antara anggota yang satu dengan anggota yang lainnya.
3.      Terdapat suatu faktor yang dimiliki bersama oleh anggota kelompok itu, sehingga hubungan antara mereka bertambah erat. faktor tadi dapat merupakan nasib, kepentingan yang sama, tujuan yang sama, ideology politik yang sama dan lain-lain.
4.      Berstruktur, berkaidah dan mempunyai pola perilaku.
5.      Besistem dan berproses.
 
 Hakekat Pembangunan Nasional adalah pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya, yang akan terwujud apabila kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat dilaksanakan dengan baik antara lain melalui Gerakan PemberdayaandanKesejahteraanKeluarga(PKK).
Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah Gerakan Nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat dengan perempuan sebagai motor penggeraknya menujuterwujudnyakeluargabahagia,sejahtera,majudanmandiri.
Sasaran gerakan PKK adalah keluarga di pedesaan dan perkotaan yang perlu ditingkatkan dandikembangkankemampuanSertakepribadiannyadalambidang:
- Mental Spritual meliputi sikap dan prilaku sebagai insan hamba Tuhan, anggota masyarakat dan warga Negara yang dinamis serta bermanfaat, berdasarkan Pancasila dan UUD45.
- Fisik Material, meliputi pangan, sandang, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang sehat dan lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.
Kelompok sosial yang kami temui dan kami teliti yaitu kelompok ibu-ibu PKK di Desa Jurang mangu timur-pd.aren-Tangerang Selatan untuk bahan tugas ke-3 mata kuliah sosiologi.
 
II.                Pertanyaan Pokok Penelitian
 
1.      PKK ini termasuk kelompok social,lalu PKK di desa ini dan bentuknya seperti apa ?
Kelompok sosial ini termasuk dalam kelompok sosial yang teratur (informal, sekunder). Kelompok ini termasuk kelompok informal karena kelompok ini tidak hanya mempunyai satu kegiatan misalnya arisan, namun mempunyai kegiatan lain diantaranya Sharing, Pengajian ibu-ibu, masak-masak bersama. Dari beberapa kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi dan rasa solidaritas diantara ibu-ibu PKK di desa itu. Kelompok sosial ini juga disebut kelompok sosial sekunder karena kelompok sosial ini termasuk kelompok yang terbuka dan tidak hanya terdiri dari satu keluarga tertentu. Anggotanya pun juga bermacam-macam mulai dari golongan atas sampai golongan menengah kebawah, dan mereka saling membaur tanpa memandang status sosial maupun ekonomi dalam kelompok ini.
              Ciri khusus dari kelompok sosial ibu-ibu PKK ini adalah menggunakan seragam bermotif batik warna coklat, berkumpul setiap 2 minggu sekali di rumah anggotanya secara bergiliran, mereka terdiri dari ibu-ibu rumah tangga yang tidak bekerja dengan usia rata-rata di atas 25 tahun, ciri lainnya yaitu setiap acara arisan di rumah salah satu anggota selalu dihidangkan aneka makanan, dan uang yang digunakan untuk memasak makanan tersebut berasal dari uang hasil arisan.
2.      Bagaimana peranan ibu-ibu PKK dalam kesehariannya ?
              Dalam anggota kelompok ibu-ibu PKK , sebagian besar dari mereka juga ikut kelompok sosial lainnya. Salah satu contohnya yaitu kelompok sosial qasidah. Karakteristik dari ibu-ibu yang selain mengikuti kegiatan ibu-ibu PKK juga mengikuti kegiatan qasidah yaitu mereka tetap loyal terhadap kedua kegiatan tersebut tanpa membedakan antara kegiatan satu dengan kegiatan lainnya. Pada dasarnya kelompok qasidah merupakan anggota dari ibu-ibu PKK yang pandai bermain alat musik dan pandai bernyanyi serta memiliki rasa percaya yang tinggi. Sehingga , sikap atau karakteristik dari ibu-ibu kelompok qasidah sekaligus kelompok ibu-ibu PKK tetap memiliki rasa solidaritas dan loyalitas yang tinggi pada organisasi tersebut . Dan mereka tetap merasa satu sebagai warga desa Jurang Mangu.
III.            Metode Penelitian
 
Metode yang digunakan yaitu dengan metode kualitatif,  yang menggunakan indeks interview (wawancara mendalam) dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan  yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : Rumah Ibu Nunung,ketua PKK.
                                       Jl. Panti Asuhan,Kp.Ceger-Jurang Mangu timur 03/12-Pd.Aren-TangSel-Banten
Waktu                         : Senin, 26 Nopember  2012 ( pukul 08.00 s/d  9.30WIB).
 
 
IV.            Gambaran Subyek/Obyek Penelitian
       
     Subyek penelitian yaitu :
Ketua Ibu PKK                       :  Nunung Sahlan,HA
Sekretaris                                :  Neneng Sakinah,M.Si
Humas                                     :  Yuliyanti
Bendahara                               :  Maulida Nur
Bagian Acara                                      :  Nur Qomariah
 
Objek penelitian yaitu sebuah kelompok social Ibu-ibu PKKyang sangat aktif dikehidupan masyarakat warga desa jurang mangu Timur.Dan objek ini selalu memberikan pengaruh untuk masyarakat sekitar,khususnya para ibu-ibu yang banyak memiliki waktu luang dan memudahkan para ibu untuk  berorganisasi dalam kelompok sosial.
 
 
V.            Analisis
Dengan adanya kegiatan rutinitas 2 minggu sekali ini,ibu-ibu PKK bisa berorganisasi dan bermasyarakat dengan baik dengan warga yang lain,apalagi program PKK ini sangat bermanfa'at bagi ibu-ibu yang tidak mempunyai kegiatan dan menambah pengalaman bagi ibu-ibu PKK.
Adapun kegiatan-kegiatan ibu-ibu PKK ini adalah :
1.      Arisan
2.      Sharing
3.      Qasidah
 
DAFTAR PUSTAKA
 
  • Saptono, Bambang S. 2006 SOSIOLOGI JILID 2 SMA KELAS XI, Jakarta: PT. Phibeta aneka Gama
  • Subakti, A. Ramlan dkk. 2011 Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan, Jakarta: Prenada Media Group
  • www.vanillamist.com
  • Ibu Nunung Sahlan,HA (ketua ibu PKK desa Jurang Mangu Timur-Pd.Aren
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini