Senin, 26 November 2012

Corri Prestita Ishaya_lap2_institusi sosial

Judul Penelitian : ADANYA KANDANK JURANK DOANK YANG BERPENGARUH PADA MASYARAKAT
Peneliti : Corri Prestita Ishaya (1112051100019)



  1. Latar Belakang


Kandank Jurank Doank (KJD) adalah suatu area bermain dan belajar yang diciptakan tanpa batasan, dalam arti yaitu tidak adanya sekat ruang untuk belajar dan tidak membeda-bedakan siapa saja yang ingin menuntut ilmu di tempat tersebut. Saya sangat tertarik dengan adanya tempat seperti ini yang ramah dengan lingkungan. Hal itu disebabkan karena Kandank Jurank Doank adalah tempat yang alami, belajar di alam bebas tanpa batas. Pada awalnya Kandank Jurank Doank adalah sebuah komunitas yang dimana memang mengajarkan anak-anak untuk belajar di out door, tempatnya pun tidak tetap yaitu nomaden ( berpindah-pindah). Tetapi masyarakat yang ikut berpartisipasi sering menyebutnya " sekolah alam" atau "SKJ" ( Sekolah Kandank Jurank). Adanya Kandank Jurank Doank membuat pengaruh besar terhadap masyarakat sekitar. Manfaatnya sangat banyak seperti membiasakan masyarakat yang berpartisipasi lebih mencintai alam ini. Contoh sederhana adalah kebiasaan kecil membuang sampah sembarangan sudah bisa dihindari karena di dalam proses pembelajaran keterampilan, kedisiplinan, dan menciptakan suatu pengetahuan yang baru.




  1. Pertanyaan Pokok


Bagaimana dampak dari masyarakat yang ikut berpatisipasi di KJD ?




  1. Metode Penelitian


Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yakni dimana peneliatian ini melalui pendekatan secara mendalam




Waktu Penelitian : Sabtu-Minggu, 10-11 November 2012
Tempat : Kandank Jurank Doank, Jombang, Ciputat, Tang-Sel
Narasumber : Ka Fadly





  1. Gambaran Objek yang Dikaji


Objek yang dikaji adalah dapat memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar maupun masyarakat yang ikut berpatisipasi. Antara lain yaitu masyarakat bisa mendapatkan segarnya udara dari tumbuhan yang ditanamkan di tempat tersebut, bisa menjadikan tempat tersebut arena bermain untuk anak mereka, belajar di alam terbuka tetapi terarah, dan lain sebagainya. Anak-anak juga bisa senang bermain di alam terbuka, membuat keterampilan, menyanyi, menari, berolahraga, out bond, dan lainnya. dampak positif telah terlihat jelas selama pembangunan berlangsung masyarakat sekitar banyak yang mendukung, bahkan tidak adanya masyarakat yang kontra.




  1. Analisis


Kandank Jurank Doank didirikan dan dirintis oleh Dik Doank pada tahun 1993 di Angkasa Pura, Kemayoran lalu berpindah tempat ke kompleks Alvita, Ciputat pada tahun 1997. Kemudian diresmikan pada tanggal 24 Mei 2005. Alasan dan tujuan berdirinya area ini adalah untuk membekali teman-teman yang kurang dalam belajar terhadap diciptakan area belajar dan bermain seperti ini. Maka acuannya yakni taman siswa yang pernah di buat oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu taman bermain yang tanpa sekat. Proses terbentuknya adalah dari kekhawatiran mas Dik karena kurangnya ruang bermain untuk anak-anak, lalu diciptakan belajar sambil bermain yang tanpa sekat. Mulainya proses belajar dari satu tempat ke tempat lain, lalu menggambar dengan objek yang anak-anak temukan di pinggir jalan. Sifatnya adalah nomaden. KJD mulai dikenal oleh masyarakat banyak karena diliput oleh media, selain itu juga dipublikasikan dari mulut ke mulut.pada tahun 2008 tercatat sekitar 2500 anak yang berkunjung ke KJD. Seiring dengan perkembangan zaman, KJD menjaga eksistensinya dengan sederhana yaitu hanya dengan menjalaninya seperti biasa saja. Pada awalnya KJD belum memiliki struktur kepengurusan, namun sekarang sudah terbentuk dengan baik. Di sini ada orang yang memandu dalam melakukan suatu kegiatan dinamakan folentir. Semua yang ada di KJD awalnya secara materiil dari mas Dik itu sendiri, kemudian banyak masyarakat yang menjadi donator bahkan ada yang menjadi sukarela mengajar di sini. Damapak yang di dapat masyarakat sangatlah bermanfaat mulai dari hal yang besar sampai yang terkecil sekali pun. Pengetahuan masyarakat menjadi tebuka untuk selalu menjaga hijaunya bumi kita. Berlomba-lomba mereka menanamkan tanaman maupun pohon yang rindang.
Di KJD juga mempunyai banyak acara seperti acara mendongeng, membuat karya seni dengan bahan flannel, pentas seni, dan lain sebagainya. Planning kedepannya akan sangat banyak lagi acara-acara yang seru tak lupa pula mas Dik mendatangkan kawan-kawannya dari media. Tokoh yang paling berpengaruh adalah mas Dik Doank karena beliau adalah perintis pertama dan memiliki idea-idea cemerlang, tetapi dalam komunitas KJD itu sendiri apabila ada saran maka akan dibicarakan bersama, sama saja bahwa komunitas KJD bersifat demokratis, bebas berpendapat.
















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini