Selasa, 08 September 2015

AHMAD RIZAL_IBU DJUARNO, BAPAK WINANTO, IBU HJ SITI NUR KHOIRIAH_TUGAS 1 SOSKOT

1.     NAMA : AHMAD RIZAL

NIM : 11140540000012

PRODI : PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM 3

Ibu Djuarno

Melihat kondisi anak-anak di lingkungan tempat tinggalnya sangat memprihatinkan. Ternyata hampir sebagian anak di Jakarta khususnya daerah Cilandak, Jakarta Selatan ternyata tidak bersekolah karena keluarganya tidak mampu dan putus sekolah. Bantuan pendidikan yang pernah diterimanya menambah kepedulian, sekaligus menguatkan niatnya untuk menyelenggarakan pendidikan gratis bagi warga Cilandak, Jakarta Selatan.

Sekolah yang digerakkan Ibu Djuarno beserta tenaga pengajar tersebut mengandalkan pendanaan dari donasi yang didapatkan dari portal infak, lembaga sosial dan perbankan, perusahaan.

Dalam situasi yang serba-terbatas dan prihatin, Ibu Djuarno dan guru-guru pengajar mengikhlaskan diri dan berikhtiar untuk melayani pendidikan anak-anak pemulung. Para guru hanya menerima honorarium sukarela perbulan. Namun, karena kecintaan terhadap anak-anak dan pendidikan mereka, Ibu Djuarno dan tenaga pengajar tetap bertahan dan mendidik anak-anak di Cilandak secara gratis. Ketika itu, banyak anak yang tak berseragam dan mereka belajar beralas tikar.

Selain sekolah paket yang diadakan Ibu Djuarno juga mengadakan Pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan taraf ekonomi keluarga mereka. Lalu ada juga pengobatan tidak gratis namun dikenakan biaya yang relatif murah Rp. 5.000,-.

Ibu Djuarno sukses mendirikan sekolah paketnya karena banyak anak didiknya yang sekarang sudah sukses, itu berkat beasiswa yang diberikan oleh Ibu Djuarno.

Ibu Djuarno menginspirasi bahwa disekitar kita masih banyak yang membutuhkan pendidikan dan memberdayakan mereka.

Ibu Djuarno juga menjadi teladan di lingkungannya ia aktif di lingkungan sekitarnya, mulai dari kelurahan, kecamatan dan LSM.

 

2.      Bapak Winanto

 Berkat usahanya yang tak kenal lelah, pengusaha kerupuk asal Indramayu ini mampu menyekolahkan anaknya hingga menjadi Dokter, TNI, Perias Pengantin. Bapak winanto sukses memiliki pabrik kerupuk serta bisa mempekerjakan warga di kampungnya untuk menjadi pegawai di Jakarta, Bahkan ia membuka lowongan pekerjaan untuk warga sekitar Jagakarsa bila ingin bekerja di pabriknya.

Bapak winanto menginspirasi saya bahwa dengan usaha yang disokong doa, niscaya usaha apa pun akan menuai hasil memuaskan. Keyakinan ini mengantarkan Bapak Winanto menjadi seorang perajin kerupuk cukup mentereng di Jakarta.

Bapak Winanto juga aktif di lingkungannya ia mengikuti semua kegiatan di daerahnya.

 

3.      Ibu Hj Siti Nur Khoiriah

Kepala sekolah merupakan salah satu PTK yang posisinya memegang peran sangat signifikan dan strategis dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di sekolah. Keberhasilan sebuah lembaga pendidikan sangat ditentukan oleh peran kepemimpinan kepala sekolah. Karena kepala sekolah sebagai pemimpin di lembaganya, maka kepala sekolah harus mampu membawa lembaga ke arah tercapainya tujuan yang telah di tentukan. Kepala sekolah harus mampu melihat adanya perubahan terhadap regulasi pendidikan dan kehidupan globalisasi. Kepemimpinan kepala sekolah sangat menunjang akan tercapainya pengelolaan sekolah yang efektif dan efisien. Untuk menciptakan sekolah yang efektif dan efisien, kepala sekolah sebagai manajer pendidikan di tingkatan sekolah dan ujung tombak utama dalam mengelola pendidikan diharapkan mampu memegang tugas dan bertanggung jawab memegang peran aktif dalam memajukan sekolah / lembaga pendidikan.

Ibu Hj Siti Nur Khoiriah selaku kepala sekolah RA Al-Hasanah Jagakarsa seorang kepala sekolah yang sukses dengan mental kepala sekolah yang sangat baik dan disiplin dalam melakukan tugas, terbukti dengan hasil kerjanya menjadikan RA Al-Hasanah yang menjadi RA terbaik di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Ibu Hj Siti Nur Khoiriah menginsprasi para guru RA Al-Hasanah untuk selalu membuat kinerja guru menjadi sangat baik, selalu memberikan motivasi kepada guru RA Al-Hasanah dengan wawasan luas yang ia miliki.

Ibu Hj Siti Nur Khoiriah menjadi teladan di lingkungannya. Ia sering menyampaikan ceramah agama di setiap pengajian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini