Minggu, 09 November 2014

 
ANALISIS KESEHATAN LINGKUNGAN DAN DEMOGRAFI PENDUDUK
Tugas ini dibuat untuk melengkapi tugas-tugas yang diberikan kepada kami:

DOSEN PEMBIMBING:
Dr.Tantan Hermansyah, M.Si

DIBUAT OLEH:
Dwiki Handika
(11120540000...)
Zuyin Arwani
(1112054000020)
 
 
 
 
JURUSAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM
FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI
UIN SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA
2014
  

LEMBAGA YANG DI ANALISIS
Lembaga Kesehatan Terapi Az-Zuru di Pasar Kemis Kab.Tangerang
A.    Latar Belakang Lembaga Kesehatan
Lembaga kesehatan terapi Az-Zuru adalah lembaga yang berjalan dalam ranah kesehatan yang mana telah di assosiasikan dalam ranah yaitu Tibbun Nabawi. Terapi Az-Zuru merupakan terapi yang sifatnya alamiah, Ilmiah dan Illahiyah. Almiah adalah suatu methode yang mana dalam pengobatan tersebut si penerapi tidak menggunakan obat-obat yang sifatnya dari bahan kimia yang sifatnya hanya menenagkan saja akan tetapi sifatnya pun menyembuhkan dalam perlahan-lahan.
Lembaga kesehatan terapi Az-zuru ini bisa dibilang masih amatlah muda dan baru saja didirikan pada tahun 2013 kemaren. Singkatnya kenapa banyak lembaga yang didirikan dalam satu assosiasi terapi karena kecendrungan bagi lembaga-lembaga yang sifatnya medis mereka tidak bertanggung jawab terhadap pasiennya. Misalnya sebut saja pasien ani dalam beberapa rumah sakit dia di kalim terkena penyakit A akan tetapi di lain RS. Berbeda.
B.     Beberapa pertanyaan Kritis untuk institusi
1.      Apa motif pendirian Instistusi kesehatan
Sebenarnya motif kami dalam mendirikan sebuah intitusi kesehatan adalah yang pertama menolong masyarakat sekitar yang mana dalam keadaan tertentu ia ingin sehat akan tetapi ia kekurangan biaya ataupun lain-lainnya kami memfasilitasinya.
Yang kedua melihat tata daerah yang mana daerah tersebut bisa dibilang jauh dari Rumah sakit, sangat disayangkan jikalau seorang pasien sebelum dilarikan ke Rs sudah meninggal dunia terlebih dahulu.
2.      Bagaimana institusi memahami perilaku klien/konsumen/masyarakat pengguna jasa kesehatan ini ?
Untuk memahami prilaku psien/ klien kami, kami melihat dari prilaku seorang yang ingin berobat dan kami memberikan pelayanan yang baik.
3.      Pandangan mereka tentang penyelenggaraan kesehatan di indonesia (secara umum), dan di daerah/lokasi tempat lembaga/institusi beroprasi ?
Pandangan Dr. Imam memandang bahwa pada zaman sekarang secara keseluruhan tentang penelenggaraan kesehatan makin membaik dan makin maju, akan tetapi hal tersebut hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu saja.
 
C.     Beberapa pertanyaan untuk masyarakat
a)      mengapa bapa/ibu memilih klinik tersebut..?
Pa Jalal  pasien yang dirinya  intansi  di sini menjawab tempat disini amatlah dekat dan terjangkau sehingga saya tak perlu jauh-jauh ke Rs Yang jauh disana.  
b)      Lembaga kesehatan yang diadakan pemerintah…?
Lembaga yang di kelolah oleh pihak pemerintah memamng lebih murah, namun juga perlu di sadari bahwa terkadang pelayanannya agak ribet dan tidak rapih. Mungkin juga ini karena faktor banyaknya pasien yang berobat di pihak yang di bangun pemerintah.  
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini