MAX WEBER
The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism
The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism bukan sebuah buku yang didalamnya berisi tentang kelahiran kapitalisme modern, tetapi The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism adalah sebuah karya yang sangat populer karena di dalamnya berisi tentang doktrin agama dan tentang semangat kapitalisme.
Menurut weber berkembangnya kapitalisme di dunia barat semuanya berlangsung secara bersamaan dengan perkembangan Sekte Kalvinise dalam sebuah agama protestan. Ajaran ini dikembangkan oleh seseorang yang bernama Calvin pada saat itu ajarannya muncul dan menyatakan bahwa seseorang sudah mempunyai takdir, dan mereka sudah ditakdirkan untuk masuk surga atau neraka, dan semuanya tergantung kepada semua yang dilakukannya saat dia hidup. Calvinisme ialah suatu aliran Protestanisme yang membuat Weber sangat tertarik. Salah satu cirii Calvinisme yaitu hannya sejumlah kecilah yang memperoleh keselamatan. Dan Gagasannya berujung kepada predestinasi.
Menurut pandangan weber perkembangan agama protestan sangat signifikan. Hal tersebut dapat ditemukan dalam kajiannya atas Negara-negara dengan system keagamaan majemuk. Saat kita meneliti Negara tersebut, weber menemukan bahwa para pemimpin sebuah system ekonomi, pemilik modal, pekerja berketerampilan tinggi dan orang-orang yang memiliki keunggulan-keunggulan teknis dan semuanya beragama protestan.
Dalam karyanya ini Weber lebih memusatkan perhatiannya kepada efek dari Calvinisme dengan semangat kapitalisme, ia tahu kalau semua kondisi social dan ekonomi dapat menyebabkan timbal balik terhadap suatu agama. Sehingga dia tidak membahas hubungan tersebut dalam bukunya.
Weber berpendapat bahwa semangat kapitalisme tidak dapat didefinisikan begitu saja berdasarkan kerakusan ekonomi, sehingga Weber mendefinisikan semangat kapitalisme adalah bentuk kebiasaan yang sangat mendukung pengejaran sosionalitas terhadap keuntungan ekonomi.
Menurut Weber ciri khusus kapitalisme juga ada dalam bagaimana cara hidup dan beradaptasi dengan baik, dan cirri tersebut dapat mendominasi hal-hal lainnya yang merupakan kenyataan yang benar-benar ada saat di masa revolusi industry. Dulu kenyataan tersebut ternyata benar-benar dipraktekan oleh manusia. Manusia memulai hidup dari suatu tempat dan bukan dari individu yang terisolasi, tetapi melainkan sebagai cara hidup yang wajar bagi suatu kelompok individu.
Weber juga mengaitkan dampak atau efek agama dalam suatu kegiatan ekonomi, antara stratifikasi social, dan pemikiran agama serta pembedaan karakter di budaya barat. Hal tersebut bertujuan untuk menemukan jawaban dari sebab budaya barat dan budaya timur berkembang pada jalur yang berbeda. Weber memperoleh jawaban bahwa semua itu banyak di pengaruhi oleh agama Protestan, dan di damping dengan adanya rasionalitas terhadap suatu upaya ilmiah, suatu usaha ekonomi dan sistemasi administrasi pada suatu pemerintahan.
Economic and Society
Economic and Society adalah karya weber yang di dalamnya berisi tentang bagaimana suatu tindakan social dan system politik dapat membentuk dan mempengaruhi suatu system ekonomi.
Di dalam buku ini Weber juga menjelaskan tentang tipe-tipe ideal. Tipe ideal adalah sebuah konsep yang di buat oleh ilmuan social, menurut minat dan orientasi teoritisnya, dengan tujuan untuk memahami ciri utama dalam suatu fenomena social. Tipe ideal ini sangat membantu pada saat melakukan studi empiris dan saat memahami aspek-aspek tertentu dari dunia social.
Weber mengelompokan macam-macam tipe ideal:
a. Tipe Ideal Hystoris
Tipe ideal ini sangat terkait dengan fenomena-fenomena yang ditemukan pada masa lampau. Contohnya, pasar kapitalis modern.
b. Tipe Ideal Sosiologi Umum
Tipe ideal iniberhubungan dengan fenomena-fenomena yang menyinggung beberapa periode historis dan masyarakat. Contohnya, Birokrasi.
c. Tipe Ideal TIndakan
Tipe ideal ini adalah tipe tindakan yang berdasarkan kepada motivasi pelakunya.
Contohnya, tindakan afektual.
d. Tipe ideal Struktural
Tipe ideal ini merupakan tipe yang berbentuk sebab akibat dari sebuah tindakan social.
Contohnya, dalam dominasi tradisional.
Nama: Mohammad Fauzi Ardiansyah
NIM : 1113051000042
Tidak ada komentar:
Posting Komentar