Selasa, 01 Oktober 2013

Amatullah aliyah KPI1A_Tugas sosiologi 4_ Max weber

The Protestan Ethic and Spirit of Capitalism
 
The Protestan Ethic and Spirit of Capitalismmerupakan karya terpopuler weber tentang keterkaitan doktrin agama dengan semangat kapitalisme. Menurut Weber muncul dan berkembangnya kapitalisme di Eropa Barat berlangsung secara bersamaan dengan perkembangan sekte kalvinisme dalam agama protestan.Dan dalam buku ini weber tertarik dengan pertanyaan tentang kausalitas,namun ia tidak menggunakan model satu jalan sederhana ia selalu menyelaraskan hubungan antar sejumlah faktor sosial.
Yang perlu diingat dalam pemikiran Weber tentang kausalitas adalah keyakinan dia bahwa karena kita dapat memiliki pemahaman khusus tentang kehidupan sosial, pengetahuan kausal atas ilmu-ilmu sosial berbeda dengan pengetahuan atas ilmu-ilmu alam. Seperti dikemukakan Weber "perbuatan (tindakan) manusia yang sarat makna dan dapat ditafsirkan, dapat diidentifikasi dengan mengacu pada penilaian dan makna.Oleh karena itu, kriteria kita untuk penjelasan kausal mengandung kepuasan unik dalam penjelasan historis dari entitas tersebut ".
Pemikiran Weber tentang kausalitas terkait erat dengan upayanya memahami konflik antara pengetahuan nomotetis dengan pengetahuan idiografis. Istilah kausalitas dapat mengadopsi pandangan bahwa hal terbaik yang dapat kita lakukan dalam sosiologi adalah membuat pernyataan probabilistiktentang hubungan antar fenomena sosial.
 
Ekonomy and society
       Buku Ekonomy and Society  ( rasionalisasi kehidupan sosial ) menjadi ciri signifikan bagi masyarakat modern. Dalam hal ini Weber menjelaskan tiga tipe besar aktivitas manusia yaitu :
1.      Tindakan tradisional yang terkait dengan adat istiadat. Aktifitas sehari-hari seperti makan dengan menggunakan garpu atau memberi salam kepada teman merupakan tindakan tradisional
2.      Tindakan afektif yang digerakan oleh nafsu. Para rentenir dan penjudi bertindak pada tingkatan ini.
3.      Tindakan rasional yang merupakan alat (instrumen), ditujukan kearah nilai atau tujuan yang bermanfaat dan berimplikasi pada kesesuaian antara tujuan dengan cara.
Menurut Max Weber tindakan rasiolan menjadi ciri masyarakat modern yaitu mewujudkan dirinya sebagai pengusaha kapitalis, ilmuan, konsumen atau pegawai yang bekerja atau bertindak sesuai dengan logika tersebut.
 
Nama :Amatullah aliyah
Nim : 1113051000022

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini