Selasa, 01 Oktober 2013

Aanisa Natasya Wulandari KPI 1A_Tugas 4_Max Weber

A.   The Protestant Ethnic and the Spirit of Capitalism
 
Karya Weber ini adalah karyanya yang paling terkenal diantara karya lainnya, karena karya ini untuk memperkenalkan kary-karya Weber yang lain. Dalam karya ini Weber mengajukan perkembangan kausalitas, yang dimaksud dengan kausalitas menurut Weber adalah kemungkinan sebuah peristiwa yang diikuti dengan peristiwa yang lainnya. Weber berpendapat bahwa, peneliti tidak cukup hanya mencari sebuah keajekan historis, pengulangan ataupun keparalelan, sebagaimana yang dilakukan oleh sebagian besar sejarawan. Namun, peneliti juga harus melihat alasan, sekaligus makna dari perubahan historis tersebut.
Dalam buku The Protestant Ethnic and the Spirit of Capitalism, maupun karya Weber yang lainnya, Weber tertarik dengan sebuah pertanyaan tentang kausalitas, namun Weber tidak menggunakan model satu jalan sederhana, ia selalu menyamakan hubungan antar factor sosial.
Yang perlu diingat dalam pemikiran Weber tentang kausalitas adalah keyakinan bahwa karena kita dapat menguasai tentang pemahaman khusus tentang kehidupan sosial, pengetahuan kausal atas ilmu sosial berbeda dengan pengetahuan kausal tentang alam.
 
B.    Economy and Society
 
Dalam karya Weber yang satu ini Weber membahas tentang konsep tipe-tipe ideal. Tipe ideal ini termasuk salah satu sumbangan Weber dalam sosiologi kontemporer. Tipe ideal merupakan peringkat heuristik, mereka berguna dan membantu dalam melakukan sebuah penelitian empiris dan dalam memahami aspek tertentu dari dunia sosial (individu historis).
Fungsi tipe ideal adalah alat pembanding dengan realitas empiris untuk menentukan ketidaksesuaian ataupun kemiripan, untuk menggambarkannya dengan konsep yang paling dipahami, untuk menentukan dan menjelaskannya secara kausal. Tipe ideal ini adalah sebuah perangkat heuristic yang digunakan dalam irisan realitas sejarah.
Menurut Burger tipe-tipe ideal dalam buku Economy and Society adalah campuran dari definisi, klasifikasi dan hipotesis spesifik yang tampaknya sulit diselaraskan dengan pernyataan Weber.
Macam-macam tipe ideal:
1.      Tipe ideal historis. Terkait dengan fenomena yang menentukan pada epos sejarah tertentu (misalnya, pasar kapitalistis modern).
2.      Tipe ideal sosiologis umum. Ini terkait dengan fenomena yang bersinggungan dengan beberapa periode historis dan masyarakat (misalnya, birokrasi).
3.      Tipe ideal tindakan. Ini merupakan tipe tindakan murni yang didasarkan pada motivasi pelaku (misalnya, tindakan afektual).
4.      Tipe ideal structural. Ini merupakan bentuk sebab dan akibat tindakan sosial (misalnya, dominasi tradisional).
 
C.   Referensi
·         Ritzer, George & Goodman J. Douglas. 2012. Teori Sosiologi. Bantul: Kreasi Wacana

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini