Selasa, 01 Oktober 2013

Nur Ratikapuri_KPI 1 A_TUGAS 4_ Max Weber

The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism
 
The Protestant Ethic and The Spirit of Capitalism (1904-05/1958), Ia memusatkan perhatian pada Protestantisme, terutama sebagai suatu sistem gagasan ,danpengaruhnya terhadap kemunculan sistem gagasan yang lain, yakni  semangatkapitalisme, terhadap isi ekonomi kapitalis. Weber mencurahkan perhatian serupa terhadap agama dunia yang lain, mempelajari bagaimana cara gagasan keagamaan itu merintangi perkembangan kapitalisme dalam masyarakatnya masing-masing. Berdasarkan karya-karya Weber ini, parapakar beresimpulan bahwa Weber mengembangkan gagasan yang bertentangan dengan gagasan Marx.
DisiniWeber dipandang lebih  banyak    bekerja menurut tradisi Marxian ketimbang  menentangnya.Karyanya tentang agama bila diinterpretasikan menurut sudutpandang ini adalah semata merupakan upaya untuk menunjukkan bahwa factor material bukanlah satu-satunya factor yang dapat mempengaruhi gagasan, tetapi gagasan itu sendiri mempengaruhi struktur material.Interpretasi karya Weber ini jelas menempatkannya sangat dekat dengan teori Marxian.
 
 
 
 
 
Economy and society (1920)
 
       Menjelang kematiannya, (14 juni 1920) ia menulis karya yang sangat penting, Economy and society
Weber mengembangkan metode tipe-tipe ideal, yang akan dapat menggambarkan dan memperbandingkan gejala-gejala social secara lebih tepat. Dengan demikian , suatu gejala social dalam tipe-tipe ideal tersebut. Dengan menggunakan metode tersebut, Weber menganalisis berbagai lembaga dalam masyarakat.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini