Senin, 22 Oktober 2012

METODE SOSIOLOGI/APIK SOPANKATANYA/KPI 1 E/TUGAS 7

TEORI SOSIOLOGI
 
1.       Metode Kualitatif
Metode kualitatis yaitu berbentuk teknik yang didesain untuk memperoleh pemahaman, penafsiran dan subjektif tas suatu perilaku social. Tujuan dari penelitian kualitatif adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam atas apa yang masyarakat lakukan dan menafsirkan perilaku mereka dengan cara yang dipahami oleh mereka sendiri. Metode kualitatif mempunyai 3 teknik dasar yaitu :
1)      Rekaman-rekaman Historis
Analisa historis biasanya berdasarkan pada surat, catatan harian, laporan masa lalu dan materi-materi sejenis lainnya. Metode historis menyediakan informasi yang mendetail serta mempunyai penjelasan yang luas. Kelemahan dari metode ini adalah rekaman-rekamannya sering tidak akurat, tidak lengakap atau bias.
2)      Interview dan Life Histories
Analisa ini biasanya peneliti akan menanyakan responden serial pertanyaaan dan merekam jawabannya. Tekhnik lain yang digunakan disebut life history. Ini adalah sebuah interview panjang ( long interview ) atau serialinterview dimana sang peneliti akan berusaha menemukan bentuk esensial, momen penting, atau titik balik suatu kehidupan responden. Dalam metode ini peniliti akan banyak menghabiskan waktu selama beberapa hari untuk berbicara dengan responden secara mendalam. Peniliti kan menanyakan hal-hal yang bersifat umum  dan kemudian akan mendorong responden untuk member jawaban yang lebih rinci.
3)      Participant Observation
Tujuan mempelajari participant observation adalah untuk memperoleh pemahaman mendalam dari pengetahuan yang rinci dan terkadang bersifat pribadi dari sebuah masyarakat yang sedang di observasi. Apabila peneliti terlibat langsung dalam masyarakat yang menjadi objek, hal ini disebut participant observation. Namun jika peneliti tidak melibatkan diri maka disebut observation.
 
2.       Metode Kuantitatif
Metode kuantitatif sangat bergantung pada statistika dan matematika untuk menjawab berbagai pertanyaan seputar perilaku social. Ada  2 tekhnik yang digunakan dalam metode ini :
1)      Survei
Survei metode yang paling luas dan yang paling sering digunakan untuk mengumpulkan informasi maupun data kuantitatif . Survei biasanya dilakukan dengan mengajukan pertanyaaan pada sebuah populasi dan menjadikan sebuah sampel untuk mewakili sebuah populasi. Bisa juga dengan cara acak untuk menyeleksi sempel dari jumlah yang sudah terkumpul.
2)      Eksperimen Terkendali
Eksperimen adalah sebuah metode untuk mengkaji relasi antara dua atau lebih variable dalam kondisi yang sangat terkendali. Contohnya, seorang peneliti pada sebuah perusahaan bisnis ingin menguji efektifitas akan sebuah tayangan pelatihan yang dimaksudkan untuk meningkatkan etos kerja karyawannya.Peneliti tersebut memutuskan untuk mengevaluasi tayangan dengan melaukan eksperimen. Langkah pertama, ia akan menyeleksi sampel dari para pekerja dan mengukur tingkatan etos kerja mereka mungkin dengan memberikan pertanyaan ( questionare) .Langkah ini biasa disebut dengan pre-test. Kedua, ia akan secara acak membagi subjek tersebut kedalam dua kelompok Experimental Group atau control group. Experimental group mengikuti proses ekserimen dengan menonton tayangannya, sedangkan contol group tidak mengikuti atau tidak menonton tayangan tersebut tapi mengikuti kegiatan regular lainnya. Langkah ketiga, setelah experimental group melihat tanyangan tersebut peniliti akan kembali mengukur tingkat etos kerjanya, langkah ini disebut post-test. Terakhir peneliti akan menyimpulkan realitasnya telah meningkatkan etos kerja karyawannya.
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini