Senin, 22 Oktober 2012

M.Badruzzaman Jurnalistik 1A

METODE SOSIOLOGI

Metode berasal dari kata yunani yaitu methodos artinya cara atau jalan. Dalam perkembangannya, metode berarti cara kerja untuk dapat memahami objek yang menjadi sasaran ilmu. Sosiologi sebagai metode adalah cara berpikir untuk mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori.

Metode Kualitatif

Metode kualitatif, yaitu metode yang menggunakan cara kerja dengan menjabarkan hasil penelitian berdasarkan penelitian dan pemaknaan terhadap data yang diperoleh. Metode ini digunakan apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak. Metode kualitatif cenderung mendekati fenomena sosial dari perspektif pemahaman. Mereka menggunakan untuk mengembangkan pemahaman yang lebih dalam terhadap suatu fenomena tertentu. Mereka juga sering menyerah pada kuantitas yang diperlukan untuk analisis statistic untuk mencapai kedalaman dalam analisis yang dipelajari. Meski begitu, metode kualitatif dapat digunakan untuk menyelidiki hubungan antara variable. Sosiologi kualitatif cenderung berorientasi menggunakan metode yang berbeda dalam pengumpulan data dan pengujian hipotesis termasuk observasi partisipan , wawancara, focus kelompok, analisis isi dan perbandingan sejarah. Metode kualitatif terdiri atas tiga jenis yaitu :

  • a    Metode histori adalah metode yang dipergunakan untuk menganalisis peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa silam. Contoh: untuk mengetahui dampak revolusi industry di Inggris atau revolusi Perancis, kita harus menggunakan metode histori untuk mendapatkan bahan sejarah.
  • b  Metode komparatif adalah metode yang mempergunakan perbedaan dan persamaan beserta sebab akibatnya dengan tujuan mendapatkan data mengenai keadaan masyarakat masa silam dan masa sekarang. Contoh masyarakat tradisional dengan masyarakat modern.
  • c    Metode studi kasus adalah metode yang bertujuan untuk mempelajari sedalam-dalamnya gejala atau kejadian nyata yang terjadi dalam masyarakat. Contoh: maraknya tawuran antar pelajar dan antar kelompok di Indonesia.

Metode Kuantitatif

Metode kuantitatif, yaitu metode yang digunakan dengan mengutamakan bahan-bahan penelitian keterangan dengan angka-angka, sehingga gejala-gejala yang diteliti dapat di ukur dengan menggunakan skala, indeks, table, dan formula tertentu yang cenderung menggunakan uji statistic. Atau dapat diukur dan dikuantifikasi. Misalnya, dengan mengikuti pendekatan kuantitatif, kelas sosial dapat dibagi ke dalam kelompok yang berbeda atas, menengah, dan kelas bawah dan dapat diukur dengan menggunakan salah satu dari sejumlah variable atau konbinasi darinya: pendapatan, pencapaian, pendidikan, prestise, kekuasaan, dll. Kuantitatif cenderung menggunakan metode khusus pengumpulan data dan pengjian hipotesis.

  • a    Metode statistic adalah metode yang bertujuan untuk menelaah gejala-gejala sosial dengan perhitungan matematis atau dengan angka-angka. Contoh: jumlah penduduk Indonesia meningkat 2% pertahun.
  • b   Metode sosiometri adalah metode yang bertujuan untuk meneliti dan menggambarkan hubungan-hubungan antar manusia dalam kehidupan masyarakat secara kuantitatif dengan angka. Contoh: angka pengangguran meningkat tajam pada masa krisis ekonomi global digambarkan dalam sebuah grafik.

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini