Senin, 22 Oktober 2012

sosiologi agama

NATASHA  ANISSA
1112051000114
METODOLOGI  PENELITIAN  KUALITATIF DAN  KUANTITATIF
KUALITATIF
Metodologi Kualitatif lebih berdasarkan pada filsafat fenomenologis yang mengutamakan penghayatan ( Verstehen ). Metode kualitatif berusaha memahami dan menafsirkan makna suatu peristiwa interaksi tingkah laku manusia dalam situasi tertentu menurut perspektif peneliti sendiri.
A.      Langkah – langkah penelitian kualitatif
Tidak linier seperti dalam penelitian kuantitatif, melainkan sirkuler, sehingga dapat dimulai dari manapun. Dalam penelitian kualitatif, langkah – langkah kualitatif tidak ditentukan dengan pasti seperti halnya penelitian kuantitatif, karena dalam penelitian kualitatif tidak mempunyai batas – batas yang tegas. Langkah – langkah kualitatif :
1.       Orientasi melalui bacaan,wawancara ke lapangan
2.       Eksplorasi, mengumpulkan data berdasarkan fokus penelitian yang sudah jelas.
3.       Member check, memeriksa laporan sementara penelitiannya kepada responden atau pada pembimbing.
1.       Studi pendahuluan
Berguna untuk menjajaki keadaan di lapangan, masalah apakah kiranya yang layaknya dan penting untuk di teliti. Bersifat anjuran sebelum mengadakan penelitian, baik untuk penelitian kuantitatif maupun kualitatif.
2.       Pembuatan pradesain penelitian
Penelitian tidak bertujuan untuk menguji atau membuktikan teori seperti dalam metode kuantitatif, melainkan untuk dikembangkan yang akhirnya menelorkan atau menemukan teori baru berdasarkan data yang didapatkannya di lapangan. Populasi tidak ada dalam penelitian ini dan pengertian sampling ialah pilihan peneliti sendiri secara pirposif di sesuaikan dengan tujuan penelitiannya. Yang menjadi sampel hanyalah sumber yang dapat memberikan informasi yang relevan saja, sampel berupa peristiwa,manusia,dan situasi yang diteliti. Untuk memperoleh data tertentu sampel dapat diteruskan sampai mencapai taraf redundancy, yaitu dengan menggunakan sampel baru lainnya ternyata tidak menambah informasi baru yang bermakna.
3.       Seminar pradesain
Setelah selesai dibuat maka perlu diseminarkan. Seminar ini berguna untuk mendapatkan perbaikan. Dan setelah pra desain mendapatkan persetujuan pembimbing, barulah penelitian terjun ke lapangan untuk mengumpulkan data yang relevan.
4.       Memasuki lapangan
Langkah awal dalam usaha memasuki lapangan ialah memilih lokasi situasi sosial. Setiap situasi memiliki unsur :
a.       Tempat
Wadah dimana manusia melakukan kegiatan tertentu, misal : kantor,sekolah,pasar.
b.      Pelaku
Semua orang yang terdapat dalam wadah tertentu. Kegiatan yang saling berhubungan disebut peristiwa.
                Empat hal yang harus diperhatikan dalam memasuki lapangan : 1.mengadakan hubungan formal dan informal, 2. Mendapatkan izin 3. Memupuk rasa saling menghormati dan mempercayai 4.mengidentifikasi responden sebagai informan.
5.       Pengumpulan data
Data – data yang dikumpulkan meiputi tempat,pelaku dan kegiatan seperti yang telah disinggung diatas tadi.
6.       Analisis data
Tujuan analisis data ialah untuk mengungkapkan : a. Data apa yang masih perlu dicari. B.hipotesis apa yang perlu diuji, c.pertanyaan apa yang perlu dijawab, d.metode apa yang harus digunakan untuk mendapatkan informasi baru, dan e.kesalahan apa yang harus segera diperbaiki.
KUANTITATIF
                Penelitian kuantitatif adalah penelitian yang pertama, melibatkan lima komponen informasi ilmiah,yaitu teori,hipotesis,observasi,generalisasi empiris,dan penerimaan atau penolakan hipotesis (Wallace, 1973). Kedua, mengandalkan adanya populasi dan teknik penarikan sampel. Ketiga, menggunakan kuesioner untuk pengumpulan datanya. Keempat, mengemukakan variabel penelitian dalam analisis datanya. Dan kelima, berupaya menghasilkan kesimpulan secara umum, baik yang berlaku untuk populasi dan/atau sampel yang diteliti.
Tahap – tahap penelitian kuantitatif
Ada lima tahap untuk melakukan penelitian kuantitatif dimana tahap tersebut harus dilakukan secara konsisten.
1.       Pemaparan latar belakang penelitian
2.       Perumusan masalah penelitian
3.       Mengemukakan tujuan penelitian
4.       Mengemukakan teori yang digunakan dalam penelitian
5.       Mengemukakan metodologi penelitian yang digunakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini