Minggu, 04 Mei 2014

Rizkianingsih_Tugas 5_perbaikan tor penelitian

                     "Kehidupan Tukang Barang Bekas di Pondok Pinang"

 

 

A. PENDAHULUAN

Di ibukota Jakarta, kita masih dapat menemukan tukang-tukang yang masih setia dengan profesinya, ada pula yang meneruskan profesi orang tuanya, bahkan kakeknya, profesi yang sama untuk tiga generasi. Salah satunya adalah tukang barang bekas. Apa pun profesi seseorang, kita harus menghargainya. ternyata kita masih dapat menemui tukang-tukang yang tidak mengenal lelah, tetes demi tetes keringat mengalir di tubuhnya, tak mempedulikan debu-debu yang berterbangan di tengah teriknya panas matahari, menelusuri gang demi gang yang sempit dan kumuh, membawa gerobaknya demi mencari sesuap nasi. Matahari tidak selamanya bersinar, tetapi tukang-tukang barang bekas tetap setia mendatangi pembelinya atau orang yang ingin menjual barang-barang yang tak terpakai demi menghidupi keluarganya. Tukang barang bekas menjual barang-barang bekas mulai dari pen sampai dengan radio, kipas angin, jam weker tempo dulu dan pernak-pernik lainnya. 

B. TEORI

Teori yang digunakan teori interaksi sosial. Karena, manusia dalam kehidupannya tidak dapat hidup sendiri tanpa orang lain. Manusia adalah makhluk sosial yang sepanjang hidupnya bersosialisai dengan orang lain dalam proses interaksi sosial. Interaksi sosial menghasilkan banyak bentuk sosialisasi. Bisa berupa interaksi antar individu, interaksi individu dengan kelompok, dan interaksi antar kelompok. Interaksi sosial terjadi karena adanya kontak sosial dan komunikasi. Menurut Gillin & Gillin interaksi sosial adalah suatu hubungan sosial yang dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok.

C. PERTANYAAN PENILITIAN

1. Bagaimana peranan sampah terhadap barang bekas
2. Apa saja yang dijadikan sebagai barang bekas

D. METODE

Metode kualitatif karena dapat menganalisa dan menjelaskan latar belakang tindakan individu dalam masyarakat, metode kualitatif menempatkan apa yang diteliti tidak hanya sebagai objek saja akan tetapi sekaligus juga merupakan subjek serta bermanfaat untuk memberikan gambaran umum tentang latar penelitian dan sebagai bahan pembahasan hasil penelitian.

E. AREA RISET

Dilaksanakan di: RT.007/002 Pondok Pinang, Jakarta Selatan
Objek penelitian: Tukang barang bekas dan masyarakat sekitar.

 

F. HASIL PENELITIAN

Sampah-sampah yang terkumpul merupakan hasil pembelian dari masyarakat sekitar dan para pengumpul yang berada di sekitar perkampungan. Berbagai jenis sampah ditempat penampungan ini dikumpulkan dan dipilah, diantaranya kertas, plastik dan logam. Pemilahan dilakukan untuk mengklasifikasikan barang berdasarkan harga.

Yang dijadikan sebagai barang bekas adalah:

-          Botol aqua plastic

Botol-botol plastik sampah bisa diurai untuk membuat bola-bola karbon yang sangat kuat. Botol bekas minuman yang memiliki bentuk unik dan menarik dapat dipajang sebagai aksesori ruang dengan berbagai gaya dan warna hingga pantas menjadi benda pajangan. Botol bekas yang memiliki bentuk yang unik dapat dijadikan vas bunga atau botol hias saja. Dengan diisi berbagai pasir warna, botol pun akan terlihat semakin unik.

-          -Pipet .

Pipet  dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan hiasan rumah seperti taplak meja, tirai dll.

- Limbah Kayu

Limbah potongan kayu mirip buah yang diparut kasar. Limbah ini biasanya banyak terdapat di tukang kayu dan sering dibuang begitu saja. Padahal limbah ini memiliki manfaat sebagai bahan dasar kerajinan untuk menghias rumah. Salah satu contoh, rekatkan limbah kayu tersebut ke karton yang sudah Anda bentuk menjadi bingkai menggunakan lem kayu, sehingga menjadi sebuah bingkai yang cantik.

-    Tripleks dapat dimanfaatkan menjadi dinding sebuah rumah.

-   Sampah kertas

Sampah kertas bisa dikumpulkan menjadi satu bagian yang dipisahkan dari sampah lainnya. Entah selanjutnya dibuang ke tempat sampah atau ke tukang loak


Pelajaran yang bisa diambil dari penelitian ini bahwa barang bekas bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang jika kita bisa mengelola barang bekas tersebut.

 

 

 

 

 

 

G. KESIMPULAN

 

Berdasarkan permasalahan dan hasil penelitian di atas,dapat di simpulkan sebagai berikut.

Barang bekas seperti kertas,bahan bangunan,elektronik,baterai,logam dan bahan lainnya dapat bermanfaat seperti mengurangi dampak dari global warming, dan mengurangi penumpukan sampah.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini