Minggu, 04 Mei 2014

Ichsan Kurnia_Tugas 5_ Laporan Penelitian Lapangan

Nama                   : Ichsan Kurnia  
NIM                     : 1113054100029
Keleas                  : Kessos 2A
 
Tema : Perilaku  Masyarakat Terhadap Kebersihaan
 
I.                  Latar Belakang
Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan setelah berakhirnya suatu proses. Sampah didefinisikan oleh manusia menurut derajat keterpakaiannya, dalam proses-proses alam sebenarnya tidak ada konsep sampah, yang ada hanya produk-produk yang dihasilkan setelah dan selama proses alam tersebut berlangsung.
ya, sampah memang masih menjadi salah satu masalah terbesar di kota-kota besar di Indonesia, Salah satu contohnya adalah sampah di Ibu kota kita gan, Berbagai upaya penanganan sampah sudah dicoba oleh pemerintah, namun hasilnya belum saja maksimal.
-          Mengapa Penelitian Penting ?
 
Penelitian ini penting karena sampah masyrakat bisa menyebabkan  masalah  lingkungan. Pencemaran darat yang dapat ditimbulkan oleh sampah misalnya ditinjau dari segi kesehatan sebagai tempat bersarang dan menyebarnya bibit penyakit, sedangkan ditinjau dari segi keindahan, tentu saja menurunnya estetika (tidak enak dipandang mata) dan tentu saja maslah  banjir.
 
-          Asumsi
Banyak  masyarakat  yang  kurang  peduli  terhadap sampah ,bahkan  suka membuang samap sembarangan.
 
II.               Pertanyaan Penelitiaan
Bagaimana mayarakat  menyikapi masalah sampah terhadap lingkungan ?
III.           Metode
Metode yang di gunakan yaitu metode kualitatif karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh. Dan sebagai jenis penelitian yang temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya.
IV.           Teori
Dalam penelitian ini, teori sosiologi yang mendukung riset lapangan adalah teori Emile Durkheim serta metode yang digunakan adalah wawancara dan hasil dari penelitian berupa narasi.
V.              Area  Riset
Lokasi penelitian ini dilakukan di pemukiman daerah pondok cabe ilir. Untuk memperoleh data yaitu dengan mewawancarai beberapa warga.
          Hasil Laporan Penelitian
Dari hasil wawancara, dapat peneliti simpulkan. Bahwa masih banyak masyarakat yang membuang sampah sembarangan dan tidak peduli terhdap dampak pada lingkugan.
                        Maslah sampah hanya bisa di atasi oleh kesadaran diri setiap orang atau individu. Budayakan membuang sampah pada temapetnya.     
Narasumber
Nama         : Ibu Inah
Pekerjaan   : Ibu rumah tangga
Umur         : 35
 
Nama         : Ibu Mimin
Pekerjaan   : Ibu rumah tangga
Umur         :40
 
Nama         : Bapak Suanda
Pekerjaan   : Wiraswasta
Umur         : 37
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini