Senin, 14 April 2014

fevi saleha_tugas 5_ ekologi manusia


                                    Pemanfaatan Limbah Daur Ulang
A.     Latar Belakang Masalah
            Sampah adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembikinan manufaktur atau materi berkelebihan atau ditolak atau buangan". (Kamus Istilah Lingkungan, 1994). "Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktivitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis." (Istilah Lingkungan untuk Manajemen, Ecolink, 1996). "Sampah adalah sesuatu yang tidak berguna lagi, dibuang oleh pemiliknya atau pemakai semula". (Tandjung, Dr. M.Sc., 1982) "Sampah adalah sumberdaya yang tidak siap pakai." (Radyastuti, W. Prof. Ir, 1996) .
           
Tempat-tempat yang banyak ditempati sampah akan terlihat kumuh, kotor, dan menjijikan. Sampah banyak sekali menimbulkan banyak masalah diantaranya yaitu pencemaran udara, karena baunya yang tidak sedap, kesan jijik, mengganggu nilai estetika, pencemaran air yaitu apabila membuang sampah sembarangan, misalnya di sungai, maka akan membuat air menjadi kotor dan berbau. Sampah dapat juga menjadi sumber penyakit, bila terdapat sampah yang sudah membusuk dan sampah tersebut dihingapi lalat, kemudian lalat tersebut hinggap ke makanan padahal sudah membawa wabah penyakit, maka akan membuat orang yang memakan makanan tersebut terserang penyakit. Demikian juga bila sampah menyumbat saluran-saluran air yang menyebabkan ada genangan, genangan air itu dapat menjadi sarang nyamuk dan tempat tumbuh bakteri-bakteri penyebab timbulnya penyakit. Selain masalah tadi, sampah dapat juga sebagai salah satu penyebab bencana, misalnya bencana banjit, sampah yang dibuang di sungai bisa menyebabkan sungai sempit, sehingga ketika musim hujan datang, sungai tersebut tidak dapat menampung air dalam jumlah besar dan mengakibatkan air meluap dan terjadilah banjir.
B.     Rumusan Masalah
Melihat dari berbagai masalah yag ditimbulkan oleh sampah maka untuk menanggulangi itu semua perlulah adanya rumusan masalah.
1.      Bagaimana pemanfaatan sampah organik dan anorganik?
2.      Bagaimana permasalahan sampah ini dapat bernilai ekonomis?
3.      Apakah  permasalahan sampah ini bisa memberikan lapangan pekerjaan?
C.     Sasaran kegiatan
Melihat dari permasalahan yang ada maka sasaran kegiatan ini adalah para ibu rumah tangga serta para remaja-remaja putri dan para pengangguran agar mereka memilki pemasukan.
D.    Tujuan Kegiatan
Tujuan dari kegiatan ini adalah memberika keterampilan kepada para Ibu Rumah Tangga dan Remaja putri serta untuk mengurangi volume sampah.
E.     Manfaat
Manfaat bagi peserta
1.      Dapat mengetahui sampah-sampah yang dapat didaur ulang
2.      Masyarakat lebih dapat peduli lagi terhadap lingkungan
Manfaat bagi peneliti
Mendapatkan pengalaman dan ilmu- ilmu dari sampah-sampah yang dapat didaur ulang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini