Selasa, 04 Desember 2012

Isna Rifka Sri Rahayu_lap 3_Kelompok Sosial

HIMPUNAN MAHASISWA BOGOR

Isna Rifka Sri Rahayu (1112051100010)

 

I.              Latar Belakang

   Menurut Robert Bierstedt, kelompok sosial yaitu kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan berhubungan satu dengan yang lainnya, tetapi tidak terikat dalam ikatan organisasi. Menurut Robert K. Merton syarat-syarat kelompok sosial adalah memiliki pola interaksi, pihak yang berinteraksi mendefinisikan dirinya sebagai anggota kelompok, dan pihak yang berinteraksi didefinisikan orang lain sebagai anggota kelompok.

Menurut Ferdinand Tonnies, kelompok sosial terbagi menjadi 2 yaitu Gesellschaft (patembayan) dan Gemeinschaft (paguyuban). Gesellschaft adalah bentuk kehidupan bersama yang merupakan ikatan lahir yang bersifat pokok dan biasanya untuk jangka waktu yang pendek. Gemeinschaft adalah bentuk kehidupan bersama anggota-anggotanya yang diikat oleh hubungan batin yang murni dan bersifat alamiah serta bersifat kekal. Bentuk Gemeinschaft dapat dijumpai di dalam keluarga, kelompok kekerabatan. Gemeinschaft terbagi menjadi 3 jenis yaitu: 1. Gemeinschaft by blood, yaitu Gemeinschaft yang mendasarkan diri pada ikatan darah atau keturunan. 2. Gemeinschaft of place, yaitu Gemeinschaft yang mendasarkan diri pada tempat tinggal yang saling berdekatan sehingga dimungkinkan untuk dapat saling tolong-menolong. 3. Gemeinschaft of mind, yaitu Gemeinschaft yang mendasarkan diri pada ideologi atau pikiran yang sama.

Jika dilihat dari penjelasan diatas, Himpunan Mahasiswa Bogor (HIMABO) merupakan kelompok sosial Gemeinschaft of place karena kelompok sosial tersebut terbentuk karena adanya kesamaan daerah asal anggotanya. Saya memilih meneliti objek ini karena saya mengenal salah satu anggotanya sehingga memudahkan saya mendapatkan data secara akurat.

 

II.            Pertanyaan Pokok Penelitian

               Kegiatan apa saja yang dilakukan organisasi ini untuk mensosialisasikan pentingnya pendidikan pada masyarakat?

 

III.          Metode Penelitian

Kualitatif : Saya memakai metode penelitian kualitatif supaya saya bisa mencari data yang didasari pada penelitian yang menyeluruh dan bersifat fleksibel tergantung dari tujuan penelitian. Melalui wawancara mendalam supaya mendapat data yang akurat.

               Waktu : 26 November 2012, Jam 16:00-17:00

               Tempat : Gedung Fakultas Ilmu Dakwah dan Ilmu Komunikasi

 

IV.          Gambaran Subyek/Obyek Penelitian

               Himpunan Mahasiswa Bogor didirikan pada tanggal 26 Oktober 2008 di Cisarua bogor. Organisasi ini merupakan organisasi primordial yang didirikan oleh para mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Jakarta.

 

V.            Analisis

               HIMABO adalah lembaga kemahasiswaan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat pada masalah-masalah pendidikan. Kegiatan yang menjadi fokus organisasi ini adalah pada masalah-masalah pendidikan di kabupaten. HIMABO melakukan penyuluhan untuk mensosialisasikan pentingnya pendidikan, penyuluhan ini dilakukan di daerah-daerah dan target pesertanya adalah masyarakat umum, pemerintah daerah dan sekolah-sekolah. Serta melakukan pendampingan bagi masyarakat dan masalah pendidikan dan memberikan penyuluhan kepada masyarakat tentang hak pendidikan masyarakat.

               HIMABO melakukan pelatihan yang diselenggarakan untuk mengaplikasikan konsep-konsep pendidikan yang telah dikaji, pelatihan ini dilakukan secara efektif dan disesuaikan dengan waktu. HIMABO juga mengadakan kegiatan bakti pendidikan yang dilakukan bekerjasama dengan masyarakat sekitar untuk mendorong kemajuan pendidikan. Program yang dilakukan meliputi sumbangan buku dan pembentukan taman bermain dan membaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini