Selasa, 04 Desember 2012

LAPORAN 1 PENTINGNYA TOKOH PERUBAHAN DALAM MASYARAKAT_M.AIDILLAH PUTRA_KPI 1 E

PENTING NYA TOKOH PERUBAHAN DALAM MASYARAKAT
DI SUATU LINGKUNGAN
Nama         : Muhammad Aidillah Putra
Kelas          : KPI 1 E
NIM           : 1112051000137
1.Latar Belakang
          
 I.      Latar Belakang
Dalam kehidupan masyarakat pada konteks lingkungan yang telah banyak mempengaruhi sikap dan perubahan yang menonjol dalam pergaulan remaja di lingkuangan saat ini. Banyak sekali sikap remaja yang tidak lagi mengindahkan norma – norma yang berlaku baiik itu norma Agama maupun norma sosial. Maka dari itu sangat peranting tokoh yang dapat merubah atas sikap dan tingkah laku remaja saat ini.
Sebenarnya tugas untuk merubah sikap remaja itu sendiri tidak terpaku dalam tokoh Agama. Melainkan butuh peran aktif aparatur pemerintah dalam hal ini RUKUN TETANGGA (RT) sebagai organisasi terkecil dalam pemerintahan. Dengan adanya kedua tokoh tersebut maka di harapakan dapat merubah sikap dan perilaku remaja saat ini yang di kenal terlalu bebas dalam pergaulan.
Dalam memahami arti pentingnya RT di sini adalah apabila seoarang tokoh Agama ingin merubah sikap dan perilaku remaja tersebut tidak akan berpengaruh tanpa adanya dorongan moril RT dan oaring-orang di sekitarnya. Artinya satu sama lain harus saling dukung mendukung dalam merubah hal tersebut.
II.      Pertanyaan Pokok
1.       apa yang telah di lakukan oleh aparatur setempat dalam hal ini RT dalam membantu tokoh Agama untuk merubah sikap dan perilaku remaja yang terjadi di lingkungan tersebut ?
III.      Metodelogi Penelitian
 
a.    Waktu dan tempat penelitian
Penelitian ini di lakukan di kediaman ketua RT yang bertempat di jalan swadaya 1 RT 12/09, pasar minggu , Jakarta selatan . Dan waktu pelaksanaan penelitian ini ialah pada hari senin, 3 desember  2012.
b.    Jenis  metodelogi penelitian
Metode penelitian yang dipilih pada penelitian ini ialah metode kualitatif. Penelitian kualitatif mungkin sangat sesuai pada penelitian kali ini, metode ini dinilai sangat efektif mengingat peneliti dapat lebih leluasa dalam menanyakan pertanyaan.
 
IV.      Gambaran Tokoh
Tokoh yang menjadi Narasumber kali ini ialah bapak Apep setiaji, yang merupakan ketua RT 012.  pada tahun 2012, yang sosoknya selalu di segani, dan juga menjadi inspirasi bagi lingkungannya.
 
 
V.      Analisis
        Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan obyek bapak apep setiaji. Memeberikan komentar nya tentang penting nya tokoh dalam perubahan di masyarakat. Hasil yang dapat di simpulkan dari penelitian kali ini adalah bahwa tokoh Agama sangat mempunyai andil dalam perubahan di suatu lingkungan masyarakat. Dan juga antara tokoh Agama dan aparatur setempat saling berkaitan satu sama lain nya.
          Salah satu contoh adalah  mengenai kebersihan di mana kebersihan adalah merupakan cerminan hidup seseorang. Maka dari itu peran tokoh Agama sangat penting untuk memberikan suatu pengetahuan Agama agar masyarakat mengethui arti penting nya kebersihan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini