Selasa, 04 Desember 2012

Mia Kurnia Ningsih_Tugas 5_KPI E

PERAN SEORANG PUSTAKAWAN MUDA DI DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT DAN LINGKUNGAN NYA
 
Nama : Mia Kurnia Ningsih
NIM   : 1112051000156
 
A.Latar belakang
          Membaca adalah hal yang penting untuk semua kalangan dari sejak dini hingga orang tua semua membutuhkan ilmu dan ilmu di dapat kan diantaranya dengan cara membaca , banyak yang dapat di peroleh melalui membaca , sampai-sampai ada suatu ungkapan bahwa membaca adalah jendela Dunia , dimana dengan membaca kita bisa melihat informasi dari seluruh dunia , membaca dapat membuat seseorang bertambah wawasan dan Ilmu nya juga pengetahuan nya pun bertambah luas , bahan bacaan pun beraneka ragam ada bacaan yang bersifat hiburan ada juga bahan bacaan yang bersifat berita atau ada juga yang bersifat Ilmu pengetahuan dan masuh banyak lain nya .
            Sarana untuk membaca adalah Perpustakaan , Perpustakaan dalam arti Tradisional adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Walaupun dapat diartikan sebagai koleksi pribadi perseorangan, namun Perpustakaan lebih umum dikenal sebagai sebuah koleksi besar yang dibiayai dan dioperasikan oleh sebuah kota atau institusi, dan dimanfaatkan oleh masyarakat yang rata-rata tidak mampu membeli sekian banyak buku atas biaya sendiri.
Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia
Dalam era modern seperti sekarang ini Perpustakaan modern telah didefinisikan kembali sebagai tempat untuk mengakses informasi dalam format apa pun, apakah informasi itu disimpan dalam gedung Perpustakaan tersebut atau tidak. Dalam Perpustakaan modern ini selain kumpulan buku tercetak, sebagian buku dan koleksinya ada dalam Perpustakaan digital (dalam bentuk data yang bisa diakses lewat jaringan komputer).
Perpustakaan merupakan perantara masyarakat. oleh karena itu, perkembangan Perpustakaan tidak dapat dilepaskan dari perkembangan masyarakat. Perkembangan masyarakat tercermin dalam sejarah masyarakat
Perpustakaan dan bahan bacaan adalah dua kata yang saling bertautan. Karena di Perpustakaanlah bahan pustaka dikumpulkan, diproses, dan disebarluaskan (didistribusikan) kepada para pembaca/pemakai Perpustakaan . Adapun koleksi Perpustakaan di negara kita sebagian besar berupa buku atau book material dan masih jarang Perpustakaan yang memiliki koleksi berupa non-book material seperti film, kaset film strip, slides, piringan hitam, peta, globe, dan sebagainya.
B. PERTANYAAN POKOK
1. Seberapa pentingkah Perpustakaan ini dalam lingkungan masyarakat ?
 
C. METODE PENELITIAN
            Metode yang dilakukan adalah dengan metode kualitatif, metode ini dinilai lebih efisien karena dapat menggali informasi secara lebih mendalam.
Penelitian dilakukan pada:
Hari                 : Sabtu, 1 Desember 2012 pukul 19.00-20.30
Tempat            : Perpustakaan Bersama, Jl. Wana Mulya 1, Karang Mulya, Ciledug-    Tangerang
 
D. GAMBARAN TOKOH
Tokoh yang menjadi narasumber pada penelitian kali ini adalah ka Indra , ka Indra adalah seorang pustakawan muda yang mempunyai Perpustakaan bersama , beliau adalah Mahasiswa UI semester 7 , beliau adalah putra tunggal dari keluarganya.
 
 
 
E. ANALISA
            Pada Analisa kali ini akan membahas tentang peran Pustakawan di dalam Lingkungan, Pustakawan seringkali diangap sebelah mata bagi kalangan orang. Tidak seperti Dokter, Polisi dan Guru yang secara garis besar hasilnya dapat kita rasakan secara langsung.
            Putakawan bukan seperti yang terlihat, Indra adalah orang yang secara tidak langsung membuka jendela dunia lewat buku-bukunya, Setiap hari beliau tidak pernah lelah padahal hanya merapihkan buku-buku yang telah tertutup abu, membuat daftar list buku – buku untuk mempermudah pencarian para pembaca.
            Dalam sehari tidak jarang pembaca menghampiri jendela dunia itu. Tapi beliau tak pernah mengatakan "LELAH" walau pun di pikirannya.
            Karena di pikiran beliau itu Perpustakaan itu bukan sekedar tempat bacaan saja namun lebih dari pada itu beliau menganggap Perpustakaan itu adalah rumah , dimana dari mana pun kita, kapan pun kita , saat apa pun kita bisa datang dan menemukan kehangatan tersendiri dalam Perpustakaan , oleh karena itu tentu Perpustakaan sangat lah penting dalam Lingkungan Masyarakat karena lewat Perpustakaan lah kita dapat melihat indahnya dunia lewat buku-bukunya dan yang bisa membantu kita dalam berkarya .
            Dampak yang telah di rasakan Mayarakat karena kehadiran Perpustakaan yang didirikan okeh seorang Pemuda , dampak nya sangat lah baik , masyarakat diantaranya bapak-bapak, bisa membaca koran, ibu-ibu bisa melihat resep makanan, anak-anak tidak hanya bisa membaca buku cerita tapi bisa mengerjakan tugas sekolah di Perpustakaan.
 
            "Membaca Dapat Menyebabkan Kepintaran yang Berlebihan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini