Selasa, 04 Desember 2012

Taufik Abdullah, KPI 1E, Tokoh Perubahan 1

Nama        :Taufik Abdullah
Kelas         : Kpi 1E
Nim           :1112051000163
 
 
PEMUDA KARANGTARUNA YANG BERPENGARUH DI LINGKUNGAN MASYARAKAT
 
A.    LATAR BELAKANG
 
       Pergaulan Anak remaja sekarang ini banyak yang tidak memiliki Akhlak yang kurang baik, seperti suka tawuran, mabuk-mabukan, suka melawan perintah orang tua dan lain-lainnya yang menyimpang untuk kehidupan anak remaja umumnya. Dan disini peran Karangtaruna sangat penting untuk mengubah kebiasaan buruk pada anak remaja saat ini,
       Dan seharusnya para remaja itu pada umumnya harus belajar, mematuhi perintah orang tua, dan meninggalkan hal-hal yang negatif, seperti mabuk-mabukkan, suka mencuri dan lainnya.
 
 
B.     PERTANYAAN POKOK
 
1.      Bagaimna cara anda dalam merubah karakter remaja dilingkungan anda yang dalam pergaulannya kurang baik menjadi baik dan kreatif?
 
C.    METODE PENELITIAN
 
Metode                        :  Metode kualitatif, metode ini digunakan agar peneliti dapat     mengerti apakah seorang ketua karangtaruna sangat berpengaruh terhadap remaja dan berapa besar pengaruh yang diberikan oleh seorang pengubah masa depan remaja khususnya.
Waktu                         :Minggu, 2 Desember 2012 (pukul 19.00-19.30 WIB)
Tempat                        :Di Kediaman beliau yaitu, Eko Setiawan, Rt.04 Rw.o11 Lubang buaya, Cipayung, Jakarta Timur.
 
D.    SUMBER PENELITIAN
Pada penelitian ini bersumber dari seorang ketua karantaruna yang bernama Eko Setiawan, beliau berperan aktif dalam karangtaruna mulai tahun 2005 hingga saat ini sehingga dia menjadi pelopor dalam perubahan karakter remaja dilingkungannya dikategorikan beliau seorang pengubah yang berhasil. 
E.     ANALISA
      
       Metode yang diterapkan oleh beliau, dengan cara melakukan pendekatan terlebih dahulu kepada para remaja disekitar lingkungannya, dan kemudian beliau menyampaikan hal-hal yang baik dengan cara melakukan acara yang bersifat positif, seperti mengajak untuk mengaji bagi yang beragama muslim, melakukan bakti sosial ke panti asuhan dan panti jompo, melakukan olah raga rutin setiap seminggu sekali.
       Sesudah itu barulah menggerakan para remaja untuk kegiatan-kegiatan yang yang besar, seperti dalam peringatan sumpah pemuda, perayaan hari kemerdekaan, maulid Nabi, peringatan hari pahlawan, dan kegiatan lainnya yang positif.
       Dari pada para remaja melakukan hal-hal yang negatif, ya. Bagusnya anak remaja itu melakukan kegiatan yang bersifat positif. Dan ini juga sangat berpengaruh bagi masa depan remaja tersebut.
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini