Selasa, 13 Oktober 2015

Ferian haqiki (11150510000079) Jurnalistik 1A

Ferian Haqiki(1115051000079)
Jurnalistik 1A

Keluarga Besarku

1. Asal Usul Keluarga
   
    Keluarga adalah sekelompok orang yg memiliki hubungan sedarah dan memiliki hubungan sedara dan memiliki hubungan antar individu, keluarga juga adalah tempat atau lingkungan yg paling menentukan kepribadian seseorang bagaimana jadinya nanti.
    Keluarga ibu saya berasal dari suku jawa, didalam keluarga ibu saya adat istiadat jawanya masih sangat kental dan juga masih mempertahankannya karna keluarga ibu saya orang pribumi, ibu saya anak ke 2 dari 3 bersaudara, kalao di dalam keluarga ibu saya kakek dan nenek saya masih sedikit percaya hal-hal yg berbau mistik.
    Keluarga bapak saya juga berasal dari suku jawa dan hanya berbeda desa dari keluarga ibu  saya namun keluarga bapak saya lebih besar karna kakek dan nenek saya memiliki banyak anak, dan didalam keluarga bapak saya hanya memiliki 1 orang perempuan yaitu adik kandung bapak saya, didalam keluarga bapak saya nilai adat istiadatnya sudah mulai berkurang karna mungkin pengaruh lingkungan yg sudah modern, kalau di dalam keluarga bapak saya sudah tidak percaya hal-hal yg berbau mistik namun agamanya islamnya sangat kental sekali.

2. Jaringan Sosial

    Dalam bersosialisasi atau berkomunikasi, jika di rumah keluarga saya biasa menggunakan bahasa indonesia namun juga sedang pulang kampung dan jika sedang berada di rumah keluarga ibu saya, biasa menggunakan bahasa jawa karna kakek dan nenek saya tidak bisa berbahasa indonesia, dan jika sedang berada di rumah keluarga bapak saya , biasa menggunakan kedua bahasa yaitu bahasa indomesia dan jawa karna kakek dan nenek saya bisa berbahasa indonesia
    Dan dalam mata pencaharian keluarga ibu saya memiliki usaha pertenakan yaitu bertenak sapi karna iklim didaerahnya kurang mendukung kalao bercocok tanam karna lebih banyak bebatuan di bandingkan tanah dan juga sangat gersang karna tinggal di kawasan gunung, dan kalau dalam keluarga bapak saya memiliki usaha bercocok tanam dan dalam keluarga bapak saya memiliki sawah yg sangat luas dan ada yg ditanami padi dan juga tumbuhan lainnya yg bisa di jual kembali
   Dan kalau keluarga saya memiliki usaha warung yg sudah di kembangkan dari saya berumur 5 tahun dan alhamdulillah  saat ini masih berdiri

3. Nilai-nilai dan Sistem Sosial Budaya

    Nilai sosial budaya adalah warisan adat istiadat dari leluhur yg di pertahankan dan juga dapat di artikan sebagai pola cara berfikir yg mempengaruhi tingkah laku sehari-hari. Di keluarga besar saya memiliki budaya yg sama dan dalam pernikahan di beri kebebasan untuk memilih pasangan tidak harus orang jawa dan yg terpenting cocok dan harus memiliki kenyakinan yg sama atau agama islam, dan dalam keluarga besar saya semua paman atau budeh saya merantau semua kedaerah jakarta,kalimantan maupun daerah yg lainnya dan yg terpenting tidak lupa pada kakek dan nenek saya dan dalam keluarga besar saya tidak ada aturan aturan yg mempercayai mitos atau sebagainya


Penulisan berdasarkan = Wawancara Keluarga
Metode penulisan yg digunakan = Metode Kuantitatif

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini