Selasa, 13 Oktober 2015

karlitacahyani_tugas5_keluargabesar_kpi1/b

Nama   : Karlita cahyani

Kelas   : kpi1/b

Nim     : 11150510000062

 

 

 

Keluarga besarku

 

A.    Asal usul keluarga

Keluarga (bahasa Sanskerta: "kulawarga"; "ras" dan "warga" yang berarti "anggota")adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.Keluarga sebagai kelompok sosial terdiri dari sejumlah individu, memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab di antara individu tersebut.

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan..Menurut Salvicion dan Celis (1998) di dalam keluarga terdapat dua atau lebih dari dua pribadi yang tergabung karena hubungan darah, hubungan perkawinan atau pengangkatan, di hidupnya dalam satu rumah tangga, berinteraksi satu sama lain dan di dalam perannya masing-masing dan menciptakan serta mempertahankan suatu kebudayaan

Saya Karlita cahyani akan bercerita tentang keluarga besar saya.saya tinggal bersama kedua orang tua saya saat ini.saya merupakan anak satu-satunya atau bias disebut sebagai anak tunggal.ayah saya bernama m.abdul mujib berasal dari kota malang jawa timur,ayah saya merupakan anak ke 2 dari 4 bersaudara dan merupakn anak laki-laki satu-satunya dari eyang saya yang dua duanya keturunan orang jawa.sedangkan mamah saya erna wati kelahiran sukabumi merupakan anak ke 2 dari 7 bersaudara.mamah saya keturunan jawa barat.

B.     Jaringan social

Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman,keturunan, dll.Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpulan dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari Keluarga hingga negara, dan memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji. Jaringan tersebut dapat pula digunakan untuk menentukan modal sosial aktor individu. Konsep ini sering digambarkan dalam diagram jaringan sosial yang mewujudkan simpul sebagai titik dan ikatan sebagai garis penghubungnya.

Ayah saya adalah seorang pegawai swasta,ia merupakan orang yang suka melihat perbedaan sosialisasi setiap orangayah saya sudah beberapa kali berpindah ke berbeda perusahaan karna ia juga merupakan orang yang tidak cepat betah didalam satu ruang lingkup.sedangkan mamah saya merupakan ibu rumah tangga yang dulu memiliki butik tetapi semenjak ia melahirkan saya ia pun menyudahi usaha tersebut.

 

C.      Nilai-nilai sosial dan sistem sosial budaya yang dipergunaka di dalam keluarga

Di dalam keluarga besar saya sangat kental dengan budaya sunda dan jawanya seperti kalu ada perkawinan harus menggunakan adat sunda dan jawa didalamnya.di dalam keluarga saya juga sangat mematuhi agama.seperti tidak boleh meninggalkan sholat membaca al quran walaupun tidak setiap hari namun harus membaca.dan harus sopan terhadap orang yang lebih tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini