Selasa, 13 Oktober 2015

sa'diah_tugas5_keluargabesarku

 

A.     ASAL-USUL KELUARGA

 

Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa oranng yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Ada keluarga besar dan ada keluarga inti. Beberapa fungsi keluarga, sebagai berikut:

1. Fungsi Pendidikan. Dalam hal ini tugas keluarga adalah mendidik dan menyekolahkan anak untuk mempersiapkan kedewasaan dan masa depan anak bila kelak dewasa.

2. Fungsi Sosialisasi Anak. Tugas keluarga dalam menjalankan fungsi ini adalah bagaimana keluarga mempersiapkan anak menjadi anggota masyarakat yang baik.

3. Fungsi Perlindungan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.

4. Fungsi Perasaan. Tugas keluarga dalam hal ini adalah menjaga secara instuitif merasakan perasaan dan suasana anak dan anggota yang lain dalam berkomunikasi dan berinteraksi antar sesama anggota keluarga. Sehingga saling pengertian satu sama lain dalam menumbuhkan keharmonisan dalam keluarga.

5. Fungsi Religius. Tugas keluarga dalam fungsi ini adalah memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga yang lain dalam kehidupan beragama, dan tugas kepala keluarga untuk menanamkan keyakinan bahwa ada keyakinan lain yang mengatur kehidupan ini dan ada kehidupan lain setelah di dunia ini.

6. Fungsi Ekonomis. Tugas kepala keluarga dalam hal ini adalah mencari sumber-sumber kehidupan dalam memenuhi fungsi-fungsi keluarga yang lain, kepala keluarga bekerja untuk mencari penghasilan, mengatur penghasilan itu, sedemikian rupa sehingga dapat memenuhi rkebutuhan-kebutuhan keluarga.

7. Fungsi Rekreatif. Tugas keluarga dalam fungsi rekreasi ini tidak harus selalu pergi ke tempat rekreasi, tetapi yang penting bagaimana menciptakan suasana yang menyenangkan dalam keluarga sehingga dapat dilakukan di rumah dengan cara nonton TV bersama, bercerita tentang pengalaman masing-masing, dsb.

8. Fungsi Biologis. Tugas keluarga yang utama dalam hal ini adalah untuk meneruskan keturunan sebagai generasi penerus.

            Dilahirkan di Jakarta, 2 mei 1997. Nama saya Sa'diah, saya anak ke lima dari enam bersaudara. Ayah saya bernama Obet Saleh Thalib dan Ibu saya bernama Zulfah Alwainy. Ayah dan Ibu saya keturunan darah Arab. Ayah saya ada campuran sukabumi, dan ibu saya ada campuran Bandung Jakarta. Ayah saya anak pertama dari pasangan Saleh Thalib dan Barkah Thalib. Sedangkan  ibu saya anak ke enam dari pasangan Mansyur Alwainy dan Sa'diah Alkatiri. Dari keluarga besar ayah saya, saya mempunyai sepupu yang sangat banyak. Sedangkan dari keluarga besar ibu saya, saya mempunyai 16 sepupu.

            Kakak pertama saya bernama Saleh, sekarang ini ia sudah menikah dan mempunyai dua orang anak, bernama Omar saleh dan Owais saleh. Kakak kedua saya bernama Suvina, ia juga sudah menikah. Kakak ketiga saya bernama Syakir, kakak keempat saya bernama sahal, ia masih kuliah di Unas jurusan Hubungan Internasional, anak kelima adalah saya sendiri, dan anak terakhir adalah adik saya yang bernama syirin, ia masih duduk di bangku SMK kelas 11. Ibu saya adalah ibu rumah tangga. Dan ayah saya karyawan swasta dan mempunyai usaha sendiri. Tetapi ayah saya saat ini sudah meninggal.

            Setiap keluarga memiliki adat ataupun budaya yang berbeda-beda. Contoh nya di beberapa keluarga saya masih ada yang harus menikah sesama Arab. Tetapi di keluarga inti saya tidak seperti itu. Keluarga saya termasuk keluarga yang mengerti agama.

B.        JARINGAN SOSIAL KELUARGA

            Berbicara mengenai jaringan sosial dalam keluarga, kebanyakan jaringan sosial keluarga saya adalah wirausaha, dan pegawai swasta. Ayah saya sendiri dulu bekerja sebagai karyawan swasta, saat sudah pensiun, ia membuat usaha sendiri. Ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga, tetapi karena ia hobi menjahit, ia juga menjual baju dan mukena buatan-nya sendiri. hasil buatan nya itu di namakan "sharida collection" sharida adalah singkatan nama dari tiga orang putri nya yaiu Suvina, Sa'diah, dan Syirin.

C.       NILAI-NILAI DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA YANG DIPERGUNAKAN DALAM KELUARGA

1.      Harus menuntut ilmu setinggi-tinggi nya.

2.      Mengerti ajaran agama

3.      Saat lebaran idul fitri maupun idul adha, harus kerumah semua saudara

4.      Mengadakan arisan keluarga baik yang orang tua, maupun yang masih muda. Agar tetap menjalin silaturahmi.

5.      Mematuhi kedua orang tua

6.      Sopan kepada yang lebih tua

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini