Selasa, 13 Oktober 2015

RIZKA MAULIDINA (11150510000143) jurnalistik 1 A, "Keluarga Besarku" (tugas 5)

Rizka Maulidina (11150510000143)

Jurnalistik 1 A

A.     ASAL USUL KELUARGA

 

        Keluarga adalah bagian terpenting bagi hidup manusia, tanpa keluarga, kita tidak mungkin berada di dunia ini. Keluarga terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak. Nama saya Rizka Maulidina, saya adalah anak pertama dari 2 bersaudara, Adik saya bernama Riftya Maulidiba, Kami berdua adalah anak dari pasangan Edi Suharli dan Yakomina, dan cucu dari pasangan Timin Sastroprajitno dan Suharti adalah orang tua dari Ayah, dan Markus Tamela dan Lince adalah orang tua dari Ibu, Keluarga besar Ayah adalah keluarga asli Jawa Tengah, yaitu daerah Cilacap, dan pindah ke daerah Kebumen. Ibu adalah keturunan dari darah Kupang yang di warisi dari Kakek Markus dan darah jawa dari Nenek Lince. Saya adalah anak keturunan Jawa yang Lahir di tanah Betawi, karena saya lahir di Rumah Sakit Fatmawati. Dari saya lahir hingga saya kelas 4 SD saya tinggal di Cipayung, Ciputat, dan saya pindah ke daerah Bogor persisnya di Parung hingga sekarang.

 

B.JARINGAN SOSIAL

 

      Dalam berkomunikasi, kami biasa menggunakan bahasa Indonesia, namun orang tua saya dan keluarga besar saya juga tidak jarang berbicara bahasa jawa, saya tidak terlalu bisa berbahasa jawa namun saya mengerti sedikit jika orang tua saya sedang berbicara menggunakan bahasa jawa.

 

      Dulu saya tinggal di tanah betawi, maka dari itu saya tidak pandai berbahasa jawa, tetapi saya bisa berbahasa betawi, saya tinggal dari keluarga yang sederhana, pekerjaan Ayah adalah pegawai swasta di kantor yang berada di pondok cabe, dan Ibu adalah seorang Ibu Rumah Tangga, dan ibu juga suka membantu koperasi punya Bude (kakak dari ibu) saya.

 

C.NILAI NILAI DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA

 

       Nilai Sosial dan Budaya adalah warisan adat istiadat yang turun temurun dari leluhur yang dipertahankan hingga sekarang dan menjadi sejarah. Tata nilai sosial budaya dapat diartikan sebagai pola cara berfikir atau aturan-aturan yang mempengaruhi tindakan dan tingkah laku sehari-hari

 

        Di keluarga besar saya memiliki nilai sosial dan budaya yang sama, dari kedua pihak Ayah dan Ibu saya mengharuskan saya menikah dengan orang yang bersuku atau keturunan Jawa tengah karena menurut mereka agar rumah tangganya menjadi harmonis dan keluarga besar dari daerah Jawa semakin bertambah. Aturan tata karma dan sopan santun adalah adat istiadat yang selama ini orang tua saya ajarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini