Selasa, 13 Oktober 2015

SHERLYANA PULUNGAN_KELUARGA BESARKU_TUGAS 5

NAMA : SHERLYANA PULUNGAN
NIM : 11150510000044
KPI 1A
Tugas ke -5
 
KELUARGA BESARKU
 
A.    Asal Usul
Keluarga adalah salah satu kelompok atau kumpulan manusia yang hidup bersama sebagai satu kesatuan atau unit masyarakat terkecil dan biasanya selalu ada hubungan darah, ikatan perkawinan atau ikatan lainnya, tinggal bersama dalam satu rumah yang dipimpin oleh seorang kepala keluarga.
            Suatu keluarga setidaknya memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

·         Terdiri dari orang-orang yang memiliki ikatan darah atau adopsi.
·         Anggota suatu keluarga biasanya hidup bersama-sama dalam satu rumah dan mereka membentuk satu rumah tangga.
·         Memiliki satu kesatuan orang-orang  yang berinteraksi dan saling berkomunikasi, yang memainkan peran suami dan istri, bapak dan ibu, anak dan saudara.
·         Mempertahankan suatu kebudayaan bersama yang sebagian besar berasal dari kebudayaan umum yang lebih luas.
             Asal usual keluarga saya ,saya Sherlyana pulungan. Saya anak kedua dari dua bersaudara . kaka saya bernama Nurul vivi ariyanti pulungan, dimulai dari keluarga ayah saya, nenek saya bernama teliyana tampubolon dan kakek saya bernama sya'ban pulungan. ayah saya asli orang medan (sumatra utara) . ayah saya bernama Agus Salim Pulungan , ayah saya anak kelima dari enam bersaudara,tiga laki- laki dan tiga perempuan. ,anak pertama dari nenek dan kakek saya bernama syahbudin pulungan, anak kedua samsidar pulungan , anak ketiga nety pulungan,anak keempat rosmawati pulungan,anak kelima agus salim pulungan (ayah saya) dan terakhir syahbirin pulungan. Marga pulungan berasal dari kakek saya (sya'ban pulungan). Ayah saya merantau ke jakarta tahun 1983 dan menetap sampai sekarang.
Dan dari keluarga mama saya , mama saya asli orang pekalongan (jawa tengah) . nenek saya bernama basuki dan kakek saya bernama manto. mama saya bernama yatini . mama saya anak pertama dari enam bersaudara. Anak pertama nenek dan kakek saya bernama yatini (mama saya),anak kedua partinah ,anak ketiga teguh riyanto, anak ke empat selamet sugeng riyadi,anak kelima sri rahayu, dan anak keenam budi. Mama saya merantau ke jakarta tahun 1982 dan menetap sampai sekarang.
, ayah saya menetap di jakarta , sedangkan saudara kandung ayah saya berada di sumatra utara semua . kaka ayah saya yang pertama dia menetap di kota medan bersama istri dan anaknya . kaka ayah saya yang ke dua menetap di padang sidempuan( tapanuli selatan), kaka ayah saya yang ketiga tinggal di kota medan, kaka ayah saya yang ke empat tinggal di tembung kota medan, yang kelima ayah saya menetap dijakarta , dan anak terakhir di kota medan.
Dan kalau keluarga mama saya , anak pertama mama saya menetap dijakarta , anak kedua adik mama saya menetap di pekalongan, adik ketiga mama saya menetap di pekalongan , adik ke empat mama saya menetap di semarang , adik ke lima mama saya menetap di surabaya dan adik paling bungsu tinggal di semarang.
 
B.     Jaringan sosial
Jaringan sosial adalah sebuah pola koneksi dalam hubungan sosial individu, kelompok dan berbagai bentuk kolektif lain. Hubungan ini bisa berupa interpersonal atau bisa juga bersifat ekonomi, politik atau bisa juga hubungan sosial lain. Jaringan sosial dikeluarga saya dari keluarga ayah saya secara turun temurun ada kebun salak di medan dan masih ada sampai sekarang , yang mengurus disana ada kaka ayah yang tinggal di padang sidempuan(tapanuli selatan) dia mengurus kebun salak itu. Bila panen tiba hasil dari penjualannya di bagi rata semua . kalau ayah saya di jakarta usaha angkutan umum jadi ada supir kepercayaan ayah saya yang membawa mobilnya . sedangkan mama saya usaha pakaian . kabanyakan keluarga kita usaha pakaian. Kaka ayah saya juga ada yang menjadi guru SMA yaitu samsidar pulungan, sedang kan netty pulungan dia usaha pakaian juga tetapi di medan . kalau rosmawati dia pegawai negri sipil .
 
C.     Nilai-nilai dan sistem sosial budaya yang dipergunakan di dalam keluarga
·         Buat perempuan Tidak boleh gunting kuku sama cuci rambut saat haid
·         Tidak boleh gunting kuku pada malam hari
·         Saat ada acara pernikahan keluarga semua keluarga nya harus ikut krna disitulah bisa berkumpul bila ada saudara jauh yang dari luar kota jadi bisa ngumpul
·         Saat lebaran idul fitri kita harus ngumpul keluarga besar
·         Saat magrib tidak boleh keluar rumah
·         Mengadakan arisan keluarga biar keluarga besar biar tetap ngumpul
·         Sekolah se tinggi mungkin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini