Senin, 12 Mei 2014

Nur Yaumil Fithroh_Tugas 6_Tor dan Hasil Penelitian ke-2

Judul  : Dampak Gadget canggih dan Media Sosial terhadap Remaja

Nama              : Nur Yaumil Fithroh

NIM                : 1113054100015

Jurusan          : Kesejahteraan Sosial

Kelas               : 2 A

 

BAB I

PENDAHULUAN

I.                   Latar Belakang

Dalam era globalisasi ini teknologi semakin maju, tidak dapat dipungkiri hadirnya internet semakin dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam kegiatan sosialisasi, pendidikan, bisnis, dsb. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh vendor smartphone serta tablet murah yang menjamur dan menjadi trend . Hampir semua orang di Indonesia memiliki smartphone , dengan semakin majunya internet dan hadirnya smartphone maka media sosial pun ikut berkembang pesat.

Media sosial merupakan situs dimana seseorang dapat membuat web page pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang tergabung dalam media sosial yang sama untuk berbagi informasi dan berkomunikasi. Jika media tradisional menggunakan media cetak dan media broadcast , maka media sosial menggunakan internet. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi feedback secara terbuka, memberi komentar, serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tak terbatas.

Sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama bagi seseorang dalam membuat akun di media sosial. Kalangan remaja yang mempunyai media sosial biasa nya memposting tentang kegiatan pribadinya, curhatannya, serta foto-foto bersama teman-temannya. Semakin aktif seorang remaja di media sosial maka mereka semakin dianggap keren dan gaul.

Bagi masyarakat Indonesia khususnya kalangan remaja, media sosial seakan sudah menjadi candu, tiada hari tanpa membuka media sosial, bahkan hampir 24 jam mereka tidak lepas dari smartphone . Media sosial terbesar yang paling sering digunakan oleh kalangan remaja antara lain; Facebook, Twitter, Path, Youtube, Instagram, Kaskus, LINE, Whatsapp, Blackberry Messenger. Masing-masing media sosial tersebut mempunyai keunggulan khusus dalam menarik banyak pengguna media sosial yang mereka miliki. Media sosial memang menawarkan banyak kemudahan yang membuat para remaja betah berlama-lama berselancar di dunia maya.

II.                Pertanyaan Penelitian

1.      Dampak gadget canggih terhadap remaja ?

2.      Dampak media sosial terhadap perilaku remaja?

 

III.             Metode Penelitian

Tindakan sosial menurut Max Weber adalah Tindakan sosial terjadi ketika individu melekatkan makna subjektif pada tindakan mereka. Hubungan sosial menurut Weber yaitu suatu tindakan dimana beberapa aktor yang berbeda-beda, sejauh tindakan itu mengandung makna dihubungkan serta diarahkan kepada tindakan orang lain. Masing-masing individu berinteraksi dan saling menanggapi .

 

IV.             Teori yang Di Gunakan

Menggunakan Metode Kualitatif

Penelitian Kualitatif merupakan penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian bertolak dari data, memanfaatkan teori yang ada sebagai bahan penjelasan, dan berakhir dengan suatu teori.

 

Peserta diminta untuk menjawab pertanyaan umum dan interview atau moderator group riset, menjelajah dengan tanggapan mereka untuk mengidentifikasi dan menentukan persepsi. Pendapat dan perasaan tentang gagasan atau topic yang dibahas dan untuk menentukan derajat kesepakatan yang ada.

 

 

V.                Area Riset

ü  Kegiatan penelitian dilakukan di SMK Budi Mulia Ciledug.

ü  Objek              : Pelajar.

ü  Narasumber     : Siswa/i.

ü  Waktu             : Penelitian berlangsung pada hari Rabu, 07 Mei 2014

 

VI.             Biodata Narasumber

Nama               : Saras Ayu Wulandari

Kelas               : 2 SMK

Umur               : 16 tahun

 

BAB II

PEMBAHASAN

I.                   Pembahasan

 

A.    Pertanyaan Lapangan

1.      Kamu mendapatkan smartphone sejak kapan?

2.      Pertama kali mengenal media sosial dan gadget canggih sejak kapan?

3.      Gadget apa yang kamu gunakan untuk mengakses media sosial?

4.      Media sosial apa yang kamu buat pertama kali?

5.      Sekarang kamu sudah membuat account media sosial apa saja?

6.      Media sosial apa yang sering kamu gunakan?

7.      Setiap kapan aja kamu membuka media sosial & memainkan gadget kamu?

8.      Kamu lebih milih main gadget ganggih atau bermain tradisional?

9.      Berapa sih pulsa yang kamu butuhkan untuk mengaktifkan paket saat kamu ingin mengaplikasikan media sosial yang kamu punya?

10.  Perasaan apa sih kalo seandainya kamu tidak membuka media sosial yang kamu punya?

11.  Apa spesialnya media sosial yang kamu mainkan?

12.  Apakah tidak mengganggu proses belajar kamu?

13.  Apa yang sering kamu update di media sosial?

 

B.     Jawaban Penelitian

1.      Dapetnya sejak kelas 3 SMP.

2.      Waktu itu pas kelas 1 SMP dikenalin sama temen aku facebook waktu itu.

3.      Pake blackberry tapi sekarang pake Samsung Grand.

4.      Ya waktu itu Facebook.

5.      Banyak, ada BBM, Line, Path, Twitter, Ask.fm, Kakaotalk, Instagram.

6.      Yang paling sering ya hampir semuanya digunain.

7.      Hampir setiap hari dan setiap saat kayanya.

8.      Kalo milih gadget canggih sih ya emang itu kebutuhan untuk jaman sekarang, buat main tradisional sih ya kadang terakhir pas kecil mungkin. Tapi di gadget juga udah ada kok game permainan tradisional.

9.      Biasanya perbulan yang paket unlimited, kira-kira beli pulsa Rp. 50.000,- kadang kalo ada duit beli yang Rp. 100.000,- biar koneksinya cepet.

10.  Agak gelisah sih bete gitu, rasanya kaya kudet (kurang update). Kadang kan kalo info-info PR kalo ga acara sekolah maupun acara sama temen-temen lain di BCin (Broadcast) sama temen-temen lewat BBM kalo ga lewat media sosial yang lain.

11.  Biasa aja ga ada spesialnya, mungkin disetiap media sosial punya keunggulan dan kegunaannya masing-masing.

12.  Ya ga sih, kadang suka berisik aja kalo banyak notif chat masuk gitu, suka ga konsen kalo lagi belajar. Tapi kadang kalo ada tugas yang ga ngerti bisa browsing gitu lewat google. Jadi ada sisi jelek dan manfaat nya.

13.  Kegiatan yang lagi dilakukan, kalo ga posting foto, kadang juga sih curhat di media sosial sama ngobrol ngerumpi sama temen-temen.

BAB III

PENUTUP

I.                   Kesimpulan

 

Manusia akhirnya menjadi teralienasi dengan lingkungan sosial dengan lingkungan sekitar mereka, karena mereka sibuk dengan gadget masing-masing. Mereka terjebak dalam pencitraan di dunia virtual, baik dalam menciptakan citranya sendiri maupun dalam memandang manusia lain.

Manusia saat ini terhubung dengan berbagai aplikasi media sosial yang membantu mereka untuk terhubung dengan manusia lain yang bisa berjarak ribuan mil melalui layar dan jaringan. Namun pada saat yang sama membuat jarak dengan mereka yang dekat dan mengalienasi mereka dengan lingkungan sosialnya. Manusia pun terjebak menjadi mahluk citra, baik dalam artian secara harfiah maupun secara kiasan.

Para remaja pun menjadi penggila dan kecanduan terhadap media sosial yang mereka gunakan. Mereka begitu identik dengan smartphone yang hampir 24 jam berada di tangan dan sangat sibuk berselancar di dunia online yang seakan tidak pernah berhenti. Penggunaan media sosial seringkali mengganggu proses belajar remaja, sebagai contoh ketika sedang belajar lalu ada notification chatting dari teman yang akhirnya dapat mengganggu proses belajar, dan kebiasaan seorang remaja yang berkicau berkali-kali di Twitter yang terkadang hanya untuk mengeluhkan betapa sulit pelajaran yang sedang dia kerjakan.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini