Senin, 12 Mei 2014

Enungkhoeriyah_tugas6_tordanpenelitian

DAMPAK PEMBANGUNAN KAMPUS UNIVERSITAS ISLAM NEGERI JAKARTA TERHADAP MASYARAKAT SEKITAR DALAM BIDANG EKONOMI

 

A.     LATAR BELAKANG

Setiap pembanguna yang terjadi dalam sebuah masyarakat pasti akan menimbulkan dampak positive dan negative. Begitupun ketika yang di bangun adalah sebuah tempat pendidikan yang memiliki peran fital dalam sebuah negara, pembangunan tempat pendidikan tidak memungkiri juga memiliki dapak positif dan negative yang mungkin dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya. Maka dari itu penelitian ini di buat untuk mengetahui agaiman sebuah perubahan sosial terjadi di masyarakat yang ditimbulkan oleh faktor-faktor tertentu. Perubahan sosial dalam masyarakat tidak mungkin tidak terjadi karena masyarakat bersifat dinamis bukan statis, sehingga perubahan sosial merupakan gejala yang normal terjadi, perubahan dapat terjadi dalam berbagai hal seperti ekonomi dan telekomunikasi namun yang akkan di kaji dalam hal ini adalah perubahan sosial dalam bidang ekonomi, yang kemudian bagaimana ekonomi masyrakat dapat berubah dengan adanya faktor dari luar.

 

B.     TEORI SOSIOLOGI YANG DIGUNAKAN

Teori sosiologi yang digunakan adalah teori evolusi yang di pelopori oleh, Darwin dan kemudin dijadikan patokan perubahan oleh Hebert Spencer, yang kemudian dikembangkan oleh Durkheim dan Ferdinand tonnies para ahli ini menyatakan bahwa evolusi mempengaruhi cara pengorganisasian masyarakat utamanya yang berhubungan dengan sistem kerja. Pendekatannya ialah dengan teori multilined theories of evolution, teori n lebih mengembangkan pada penelitian-penelitian terhadap tahap perkembangan tertentu mengenai evolusi di masyarakat, misalnya karena adanya perubahan mata pencaharian.

 

C.     PENTINGNYA PENELITIAN

Penelitian ini penting dilakukan untuk dampak dari pembangunan kampus sebagai sarana pendidikan, selain itu juga dapat diadikan tolak ukur untuk melakukan pembangunan selanjutnya. Penelitian ini uga penting agi peneliti sebagai langkah awal sebelum meneliti hal yang lebih luas dan kompleks.

 

D.     PERTANYAAN PENELITIAN

1.      Bagaimana kondisi ekonomi awal sebelum pembangunan?

2.      Bagaimana kondisi ekonomi setelah terjadinya pembangunan?

3.       

E.      METODE PENELITIAN

Metode penelitian yang dgunakan ialah metode penelitian lapangan langsung an juga menggunakan wawancara, karena menggunakan data primer. Laporan yang akan di buat sementara akan berbentuk narasi, karena baru menggunakan metode wawancara standar saja.

 

F.      AREA RISET

Area riset yang digunakan adalah sekitar komplek UIN Jakarta.

 

G.     HASIL PENELITIAN SEMENTARA

Hasil penelitian ini masih bersifat sementara karena data yang terkumpul belum maksimal, selain itu ada beberapa narsumber yang masih agak sulit diwawancarai dengan alasan kesibukan mereka, dan akan segera di tindak lanjuti. Namun dari gambaran pengamatan umum dapat sedikit disimpulkan jika pengaruh dari pembangunan kampus Universitas Islam Negeri Jakarta cukup positive, hal ini di akui oleh ibu muthi'ah salah satu pedagang pecel ayam dilingkungan komplek, hal ininjuga terlihat jelas dengan menjamurnya pedagang makanan, kebutuhan sehari-hari, countre pulsa bahkan laundry pakaian dan yang tak kalah banyak ialah jasa penyewaan kos-kosan dan kontrakan. Dengan demikiadapat disimpulkan bahwa pembangunan kampus data menunjang kegiatan ekonomi warga sekitar terutama bagi para ibu yang biasanya hanya mengerjakan tugas rumah tangga di rumah, kini mereka bisa membantu keuangan rumah tangga dengan berjualan makanan maupun menjual jasa loundri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini