Senin, 12 Mei 2014

Rahmah Adhawiyah_Tugas6_TOR 2 dan Hasil Penelitian

Nama: Rahmah Adhawiyah
Nim: 1113054100037
Kesejahteraan Sosial 2A
 
Nasib Pendidikan Anak Jalanan di Ciputat
A.    Latar Belakang
Hidup menjadi anak jalanan memang bukan merupakan pilihan yang menyenangkan, karena mereka berada dalam kondisi yang tidak memilki masa depan yang jelas, dan keberadaan mereka tidak jarang menjadi "masalah" bagi banyak pihak, keluarga dan masyarakat ataupun negara.
Kita sering kali melihat banyaknya anak jalanan yang menghiasi dipinggir-pinggir jalan, dibawah jembatan, dan umumnya mereka hanya bertempat tinggal disebuah rumah kardus ataupun dirumah-rumah yang kumuh.         
Anak-anak jalanan yang seharusnya mendapatkan perlindungan khusus dari keluarganya dan pemerintah tetapi malah menjadi permasalahan yang serius, kurangnya penanganan serius dari pemerintah akan menambah banyaknya anak jalanan dimana-mana. Seharusnya peran orang tua tidak membiarkan anak-anaknya yang masih kecil atau dibawah umur mengamen dijalanan.
Anak-anak jalanan pada umumnya tidak mendapatkan pendidikan dengan baik, rata-rata mereka tidak bersekolah karena masalah ekonomi dalam keluarganya. Keluarganya pun tidak memperdulikan soal pendidikannya karena mereka lebih mementingkan kebutuhan ekonomi dibandingkan pendidikan. Sehingga anaknyalah yang kena imbasnya (disuruh mencari uang).
a.       Pentingnya penelitian ini karena saya ingin mengetahui apa alasan orang tua dari anak jalanan tersebut sehingga mereka ditelantarkan dan disuruh mencari uang.
b.      Asumsi: seharusnya peran orang tua tidak memelantarkan anak-anaknya dijalanan hanya untuk mementingkan kepentingan kebutuhannya, dan seharusnya mereka memberikan pendidikan kepada anak-anaknya.
 
B.     Pertanyaan Penelitian
1.      Apa saja dampak (baik dan buruk) yang kamu terima menjadi anak jalanan?
2.      Apa yang melatar belakangi kamu menjadi anak jalanan?
 
 
C.     Metode dan Teori
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kualitatif karena penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi. Metode kualitatif dipilih karena penelitian ini mengamati fenomena yang tengah terjadi disekitar lingkungan kita. Dan saya menggunakan teori sosiologi klasik yaitu marx weber.
 
D.    Area Riset
Lokasi penelitian dilaksanakan di daerah ciputat. Penelitian ini dilakukan dengan cara mewawancarai seorang anak jalanan. Penelitian tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2014.
 
E.     Pertanyaan Lapangan
1.      Apa yang kamu lakukan dijalanan?
2.      Apakah kamu masih sekolah?
3.      Apa kamu masih mempunyai keluarga?
4.      Sehari kamu bisa mendapatkan penghasilan berapa?
5.      Apa suka duka kamu menjadi anak jalanan?
6.      Kenapa kamu mau melakukan pekerjaan seperti ini?
7.      Apa cita-cita kamu agar kamu bisa membahagiakan kedua orang tua kamu ?
8.      Apakah penghasilan dari pekerjaan ini cukup untuk kebutuhan sehari-hari?
 
F.      Hasil Laporan Penelitian 
Nama saya kartika dan hampir setiap hari aku melakukan mengemis dipinggir-pinggir jalan itulah yang selalu aku lakukan dijalanan untuk mendapatkan uang dengan cara mengemis,aku tidak sekolah karena orang tua ku tidak mempunyai biaya yang banyak untuk menyekolahkanku.
Aku masih mempunyai keluarga yang lengkap dan aku juga mempunyai 2 orang adik yang masih kecil-kecil, ayah aku bekerja sebagai buruh panggul dan ibuku bekerja sebagai tukang cuci dari rumah ke rumah, sedangkan aku mengemis dijalanan bersama adikku yang kedua, dan adikku yang terakhir selalu dibawa dengan ibu bekerja. Sehari aku bisa mendapatkan sekitar 15.000 atau 20.000.
Suka duka aku selama dijalanan,aku suka ketika aku mendapatkan uang yang banyak tapi dukanya ketika aku tidak mendapatkan penghasilan sama sekali, aku mau melakukan perkerjaan ini karena aku ingin membantu kedua orang tua aku untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari.
aku mempunyai cita-cita kalau aku mempunyai uang yang banyak aku ingin sekali membahagiakan kedua orang tuaku dan adik-adik aku,dan aku akan belajar dengan sungguh-sungguh supaya kedua orang tuaku bangga dengan aku. Alhamdulillah kalau dibilang cukup ya dicukup-cukupin paling bisa untuk membeli makan sehari-hari, dan sisanya lebih banyak untuk ditabung.
G.    Kesimpulan
Kartika anak pengemis dijalan ini mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari dan dia juga mengemis untuk membantu kedua orang tuanya. tidak seharusnya anak seumur kartika mengemis dijalanan untuk mendapatkan uang dan meninggalkan pendidikannya. Padahal jika dia berpendidikan maka akan memperbaiki kebutuhan ekonomi keluarganya kelak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini