Senin, 12 Mei 2014

Anindia Prestiawani Rizki_Tugas 6_TOR 2 dan Hasil Penelitian

 Perkembangan Remaja Yang Kurang Peduli Dengan Lingkungan Sekitar Di Tanah Kusir

 

A.          Latar Belakang

Saat ini para remaja ingin diakui eksistensinya oleh lingkungan, mereka melakukan dengan berbagai cara untuk berusaha menjadi bagian dari lingkungan itu. Kebutuhan untuk diterima dan menjadi sama dengan orang lain yang sebaya menyebabkan remaja berusaha untuk mengikuti berbagai atribut yang sedang in.

Para remaja ingin menunjukkan diri bahwa mereka juga dapat mengikuti mode yang sedang beredar padahal mode itu sendiri selalu berubah, sehingga para remaja tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya yang menyebabkan mereka mengkonsumsi barang-barang dan jasa tanpa berpikir panjang. Perilaku konsumtif ini dapat terus mengakar di dalam gaya hidup sekelompok remaja. Dalam perkembangannya, mereka akan menjadi orang-orang dewasa dengan gaya hidup konsumtif jika tidak ditangani.

Pada masa remaja yang merupakan masa peralihan dan pencarian jati diri, remaja mengalami proses pembentukan dalam perilakunya, dimana para remaja mencari dan berusaha untuk mencapai pola diri yang ideal, hal tersebut menyebabkan para remaja mudah untuk terpengaruh oleh promosi-promosi produk dan jasa yang dipaparkan di sejumlah media masa ataupun yang secara langsung dipromosikan di pasaran. Seperti yang kita lihat pada kenyataannya pasar semakin banyak mengeluarkan produk-produk yang ditergetkan untuk para remaja, hal itu juga membuktikan bahwa semakin banyaknya para remaja yang memiliki perilaku  konsumtif yang dikhawatirkan jika terus berlangsung akan menjadi pola atau gaya hidup konsumtif.

 

B.           Pertanyaan Penelitian

1.      Mengapa dapat terjadi remaja yang kurang peduli terhadap lingkungan sekitar?

2.      Apa yang harus dilakukan agar remaja bias peduli dengan lingkungan sekitar?

 

C.          Metode

Metode yang saya gunakan adalah kualitatif  karena metode tersebut sangat berkaitan dengan tema yang saya teliti.

 

D.          Teori Yang Digunakan

Teori sosial menurut Max Weber yaitu ilmu yang berusaha memahami tindakan - tindakan sosial dan menguraikannya dengan menerangkan sebab – sebab tindakan tersebut. Dengan demikian, yang menjadi inti dari sosiologi adalah arti yang nyata dari tindakan perseorangan yang timbul dari alasan – alasan subyektif.

 

E.           Area Riset

Penelitian ini dilakukan pada hari Kamis 8 Mei 2014 di daerah Tanah Kusir 2. Subjek/objeknya adalah Isma Ramadhanti, seorang Mahasiswi berusia 20 tahun.

·         Profil Narasumber

Nama               : Isma Ramadhanti (Isma)

Usia                 : 20 Tahun

Pekerjaan         : Mahasiswi

Daerah Asal    : Tanah Kusir 2, Jakarta Selatan

·         Sample Wawancara

Saya                : Menurut anda, bagaimana reaksi remaja saat ini terhadap lingkungan sekitarnya?

Isma                : Kalau menurut saya, remaja saat ini kurang peduli dengan lingkungan sekitar, kurang aktif dalam kegiatan dilingkungan, mereka lebih banyak menghabiskan waktunya untuk hangout bersama teman-temannya, ke mall, dll.

Saya                : Apa komentar anda dengan itu semua?

Isma                : Menurut saya sih yaa itu sangat membuang-buang waktu dengan hal yang kurang bermanfaat.

Saya                : Apakah anda juga termasuk remaja yang seperti itu?

Isma                : Kebetulan saya kurang suka melakukan hal seperti itu, saya lebih suka berinteraksi dengan teman sekitar rumah dan melakukan kegiatan karangtaruna karena tidak hanya membuang-buang waktu namun juga menghasilkan manfaat.

Saya                : Kira-kira apa sih yang dapat dilakukan untuk merubahnya?

Isma                : hmm…apa ya? Sulit juga sih, karena sejak awal mereka terbiasa dengan hidup acuh dan mungkin teman sepergaulannya pun seperti itu, perlu usaha yang ekstra untuk merubahnya.

Saya                : Apa harapan anda kepada remaja di masa sekarang dan masa  yang akan datang?

Isma                : Tentunya remaja dapat lebih peduli dengan lingkungan sekitar, tidak hanya mengikuti perkembangan zaman dan teknologi yang malah melupakan bahkan sampai merusak lingkungan.

 

Kesimpulan

            Kesimpulannya adalah bahwa remaja saat ini sangat kurang memperhatikan dan peduli dengan lingkungan sekitar, mereka lebih mengutamakan dan tertarik pada kegiatan-kegiatan foya-foya dan kurang bermanfaat bagi alam dan dirinya. Cukup sulit untuk merubahnya agar mereka sadar akan penting dan bermanfaatnya lingkungan bagi dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini