Senin, 12 Mei 2014

EDI FIRDIANSYAH_TUGAS 6_TOR DAN PENELITIAN KE 2

KEHIDUPAN PENGRAJIN SAPU LIDI di SEKITAR LINGKUNGAN CIANANGKA SAWANGAN-DEPOK


1.    Latar Belakang
               
kerajinan  adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang
            banyak sekali pengrajin di lingkungan sekitar kita , akan tetapi saya ingin meneliti bagaimana kehidupan seorang pengrajin sapu lidi di lingkungan cinangka yang dimana ada seorang nenek nenek yang mampu membiayai hidupnya dan mengisi kegiatan sehari seharinya dengan mengrajin sapu lidi.

Saya mengambil  tema ini karena saya tertarik ingin mengetahui mengapa seorang nene  menjadi pengrajin dan ingin hidup mandiri dan bisa membiayai kebutuhan hidup sehari-hari.


2.    Pertanyaan Penelitian
-   
Mengapa nenek menjadi seorang pengrajin sapu lidi?
-    Bagaimana kehidupan nenek setelah menjadi pengrajin sapu lidi?


3.    Metode Kualitatif
            Metode yang di gunakan yaitu metode kualitatif karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh. Dan sebagai jenis penelitian yang temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya.


4.    Teori Yang Digunakan

Tindakan sosial menurut Max Weber adalah suatu  tindakan  individu sepanjang  tindakan  itu mempunyai makna atau arti subjektif  bagi dirinya dan diarahkan kepada tindakan orang lain (Weber dalam Ritzer 1975).  Suatu  tindakan  individu  yang  diarahkan  kepada  benda  mati  tidak  masuk  dalam  kategori tindakan sosial. Suatu tindakan akan dikatakan sebagai tindakan social ketika  tindakan tersebut benar-benar diarahkan kepada   orang  lain (individu lainnya). Meski tak jarang tindakan  sosial  dapat  berupa  tindakan  yang  bersifat membatin  atau  bersifat  subjektif  yang mungkin terjadi  karena  pengaruh  positif  dari  situasi  tertentu.  Bahkan terkadang tindakan dapat berulang kembali dengan sengaja sebagai akibat dari pengaruh situasi yang serupa atau berupa persetujuan secara pasif  dalam situasi tertentu.


5.   Area Riset

Penelitian ini dilakukan pada hari jumat 9 mei 2014 di daerah sawangan-depok tepatnya di cinangka RT 03/09. Subjek/objeknya adalah Ibu asni berusia 65 tahun.

Profil narasumber:

Nama               : ibu asni

Usia                 : 65 tahun

Pekerjaan         : Pegrajin sapu lidi

Daerah Asal    : cinangka bulak ,sawangan-depok

 

A.    Pertanyaan lapangan

B.    

1.Asalammualaikum ne,, mau nanya, mengapa nenek menjadi seorang pengrajin sapu lidi ?

2.berapa penghasilan perminggu nenek ?

3.apakah cukup dengan pengsilan dari nenek menjual sapu lidi nenek untuk kehidupan nenek sehari hari ?

4.sudah berapa lama nenek menjadi pengrajin sapu lidi ?

5.bagaimana kehidupan nenek setelah menjadi pengrajin sapu lidi ?

 

 

B.    Jawaban pertanyaan lapangan:

1. waalaikum salam,, karna hanya ini yang nenek bisa kerjakan sebab nenek tidak mau ngerepotin anak anak nenek , selagi nenek masih di berikan kesehatan nenek ingin menghasilkan uang sendiri

 

2.penghasilan nenek seminggu kurang lebih Rp.50.000 perminggu tergantung pemesanan dari pembeli banyak atau tidak kalau banyak nenek bisa lebih dari lima puluh ribu per minggu

 

3.alhamdulillah nenek cukup dengan penghasilan nenek bwat kehidupan nenek sehari hari.

 

4. nenek sudah cukup lama menjadi seorang pengrajin sapu lidi yaa,, sekitar 8 tahun.

 

5.alhamdulillah kehidupan nenek bisa tercukupi untuk membeli makan , mengaji dan kebutuhan lainnya


Kesimpulan:

          Seorang nenek yang sehari harinya pengrajin sapu lidi , untuk memenuhi kbutuhan hidupnya , seorang nenek ini tidak mau menyusahi anak anaknya maka dari itu nenek ini menjadi pengrajin sapu lidi . alhamdulillah dengan membuwat sabu lidi dan menjualnya mendapatkan hasil yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nenek tersebut.

 

EDI FIRDIANSYAH

1113054100011

KESEJAHTERAAN SOSIAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini