Senin, 12 Mei 2014

Rizkianingsih_Tugas 6_Tor Penelitian

"Dampak Sosial Pembangunan Pondok Indah Mall Pada Masyarakat Di Sekitarnya"

 

A. PENDAHULUAN

Pada  zaman sekarang banyak masyarakat yang mengalami penganguran. Hal ini disebabkan tidak ada lapangan kerja disetiap kota. Oleh karena itu, apabila dibangun sebuah pusat perbelanjaan atau bisa dikatakan Mall, maka penganguran dikota dapat berkurang. Dan selain itu dengan adanya Mall masyarakat tidak perlu jauh jauh untuk memenuhi kebutuhan hidup dan dapat juga untuk refhresing. Dengan dibangunnya sebuah Mall dikota ini maka pengusaha dan masyarakat sama-sama diuntungkan. Pengusaha dapat menambah pendapatannya, sedangkan masyarakat juga akan dapat keuntungan yaitu dapat memenuhi kebutuhan hidup tanpa biaya yang cukup besar. Mall merupakan parameter yang mutlak bagi kemajuan kota Indonesia. Mall adalah reprensentasi fisik dari berbagai paradok  kehidupan Sosial, Ekonomi yakni antara kaya dan miskin, ekslusif-inklusif, artificial-natural, dan modern-tradisional. Mall mencirikan suatu bangunan tertutup Multilantai yang diisi oleh berbagai jenis Retail dalam satu struktur yang kompak, sehingga para pengunjung mudah mengakses dari satu unit keunit Retail yang lain.


B. TEORI

Penelitian ini menggunakan teori Emile Durkheim. Durkheim juga menekankan bahwa masyarakat lebih daripada sekadar jumlah dari seluruh bagiannya. Jadi berbeda dengan rekan sezamannya, Max Weber, ia memusatkan perhatian bukan kepada apa yang memotivasi tindakan-tindakan dari setiap pribadi, melainkan lebih kepada penelitian terhadap "fakta-fakta sosial", istilah yang diciptakannya untuk menggambarkan fenomena yang ada dengan sendirinya dan yang tidak terikat kepada tindakan individu.

 

C. PERTANYAAN PENELITIAN

1. Apakah pembangunan Pondok Indah Mall mempengaruhi kehidupan sosial

 

D. METODE

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif karena lebih menekankan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah daripada melihat permasalahan untuk penelitian dengan mengkaji masalah secara kasus perkasus karena metodologi kualitatif yakin bahwa sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya.

 

 

 

E. AREA RISET

Dilaksanakan di : Perumahan Pondok Indah

Objek : Masyarakat

 

F. HASIL PENELITIAN

Pondok Indah Mall dikawasan Pondok Indah Jakarta Selatan dibangun pada tahun 1991 dan pembangunannya juga menimbulkan tren pembangunan mal di bagian lain di Jakarta. Segmen Mall Pondok Indah adalah golongan menengah atas dan para ekspatriat yang tinggal di kawasan Pondok Indah dan sekitarnya.  Lingkungan pembangunan mall itu dilihat dari :

-Kondisi Demografi, kependudukan,Struktur penduduk, keadaan penduduk didaerah tersebut beraneka ragam. Dari tua sampai muda, dari anak-anak sampai remaja, Dari kelas bawah, menengah, atas jgaada. Melihat kondisi saat ini didaerah tersebut mayoritas menengah keatas sehingga bagi kalangan / masyarakat bisa berbelanja berbagai bahan pokok dan sekunder disana. 

-Kondisi Ekonomi, kondisi Ekonomi menggambarkan tingkat pendapatan penduduk mayoritas lumayanstabil. Karena kebanyakan penduduk menengah keatas. Artinya disini juga terbukanyakesempatan kerja dan kesempatan berusaha dalam proyek tersebut.

-Kondisi Budaya SosialMasyakat disana lebih cenderung membeli bahan-bahan pokok keperluan yangdibutuhkan. Sehingga budaya konsumtif bisa diatasi dengan pendekatan ekologi,artinya seberapa perlu kebutuhan tersebut untuk dikonsumsi. Jadi menciptakan pola pikir yang bukan untuk hura-hura. Dampak sosial pembangunan tidak sama dalam masyarakat, disebabkan oleh anggota-anggota masyarakat berada dalam keadaan yang tidak sama secara sosial dan ekonomi. Ketidaksamaan tersebut menyebabkan perbedaan kemampuan anggota masyarakat untuk memecahkan masalah yang ditimbulkan oleh dampak atau beradaptasi dengan dampak.  Anggota masyarakat yang berada dalam situasi yang lemah secara ekonomi dan sosial biasanya kelompok yang lebih merasakan dampak karena merekalah yang memiliki berbagai rintangan untuk beradaptasi. Kelompok yang lemah tersebut biasanya disebut sebagai kelompok marjinal. Mereka biasaya adalah lapisan masyarakat miskin, perempuan, anak-anak dan lansia. Kelompok kaya biasanya memiliki kemampuan untuk mencari alternatif pemecahan masalah. Oleh sebab itu, setiap kajian dampak perlu mempertimbangkan keragaman masyarakat terkena dampak dengan memberikan perhatian lebih kepada  kelompok marjinal.

 

Perubahan Sosial yang diakibatkan oleh seperti pola penduduk,struktur umum, tranportasi, rasio kepemilikan lahan dan Pandangan masyakat membangun mall merupakan symbol dari kemajuan wilayah artinya akan terjadi penyeragamam terhadap arsitektur kota, dimana mall saat ini menjelma menjadi landmark kota. Ada beberapa dampak sosial yang mempengaruhi masyarakat sekitar Pondok Indah seperti Perekonomian masyarakat meningkat dibidang perdagangan, Banyaknya masyarakat yang terlibat dalam mencari rezeki  dari keberadaan Pondok Indah Mall.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini