Senin, 12 Mei 2014

Della Azizah_tugas6_tor_hasil penelitian

Penelitian Sosiologi

Tema : Dampak Pembangunan Mall di Pemukiman Warga.

 BAB I

PENDAHULUAN

A.     Latar belakang

          Dari sebuah pembanguna mall sangatlah banyak dampak yang ditimbulkannya baik itu negatif maupun positif. Biasanya dari pembangunan sebuah mall dapat meningkatkan sebuah taraf kehidupan warganya sekitar menambah lapangan pekerjaan dari pembangunan sebuah mall.

          Berbicara dampak pemabangunan mall adapun dampak  masalah sosial yang di timbulkan dari sebuah pembangunan di sekitar pemukiman warga yaitu mengakibatkan dampak negatif dan positif. Dampak yang timbul karena adanya keresahan beberapa orang warga yang mengeluh tentang pembangunan mall  yang tepat  dibangun di belakang rumahnya, dan banyaknya perubahan perilaku yang di tunjukan oleh anak-anak setelah pembanguna mall itu dibuat.dari sebagian warga pun ada yang merasa untung dari pembangunan sebuah mall. Dari situ saya pun memutuskan untuk meneliti dampak dari pembangunan mall.

·           Mengapa Penting untuk diteliti : penelitian ini penting agar dapat mengetahui bagaimana dampak sosial yang telah mengganggu warga sekitar dan mengetahui bagaimana seharusnya menyikapi dari sebuah dampak, menambah wawasan pembaca dan saya sendiri, dan memecahkan rasa keinginan tahu tentang dampak yang ditimbulkan.

·         Asumsi :banyaknya warga yang mengeluh tentang  pembangunan mall ramayana parung.

B.     Teori yang mendukung riset lapangan

Dalam penelitian ini saya menggunakan teori emile Durkheim yaitu fakta sosial materil dan metode yang sya gunakan adalah observasi dan hasil dari penelitian saya berupa narasi.

C.    Pertanyaan penelitian

1.      Adakah sekelompok orang yang merasa bahwa adanya perubahan perilaku dari dampak pembangunan sebuah mall

2.      Bagaimana seorang menyikapi perilaku sosial seorang anak yang ditimbulkan dari dampak pembanguna sebuah mall

 

D.     Metode lapangan yang digunakan

a.      Dalam penelitian ini saya menggunkan metode kualitatif yaitu Metode ini mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang di peroleh. Metode ini di pakai apabila data hasil penelitian tidak dapat di ukur dengan angka atau dengan ukuran lainnya yang bersifat eksak. Istilah penelitian kualitatif di maksudkan sebagai jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak di peroleh melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Dalam metode kualitatif saya menggunakan metode Metode studi kasus

Penelitian yang memusatkan perhatian pada fenomena-fenomena (gejala sosial) yang nyata dalam masyarakat, yang ditelaah adalah keadaan masyarakat yang dilihat dari persoalan atau kasus tertentu , baik dalam suatu lembaga, kelompok, maupun individu. Adapun cara pelaksanaannya dengan teknik wawancara, dengan panduan daftar pertanyaan , atau dengan pengamatan partisipan. Dalam penelitian ini harus dengan membaur dalam kehidupan masyarakat sehari-hari dengan tidak memberi sugesti kepada masyarakat yang di teliti.

 

E.    Area riset

Kegiatan ini dilakukan di kp. jati parung rt04/04 kecamatan parung kabupaten bogor jawa barat.(belakang ramayana)

Objek : perkampungan

Subjek : masyarakat

Narasumber : bpak acep juanda dan ibu mujiharti (seorang warga yang tinggal di belakang mall ramayana parung)

Waktu : penelitian pertama berlangsung pada tanggal 9 mei 2014 jam 15.00 sampai selesai. 

F.    Hasil penelitian

Menurut informasi yang saya dapat dari narasumber yaitu bahwa pembangunan ramayana parung di belakang rumahnya awalnya banyak warga yang tidak setuju karena tidak ada mensosialisasikan pada warga bahwa akan dibangunnya ramayana dan tidak meminta izin pada warga bahwa akan ada pembuatan bangunan itu  maka banyak warga yang merasa di rugikan karena kebanyakan tempat yang dahulu nyan kebun banyak yang bercocok tanam disitu hilang pekerjaan nya dan menurut informasi yang saya dapat adalah banyak kekawatiran orang tua jika adanya pembngunan ramayana yaitu anak-anak menjadi lebih suka menghambur-hamburkan uang , takut anaknya menjadi lebih susah di aturkarena dengan adanya ramayana otomatis banyak anak yang ingin kesana dan bertemu banyak orang yang mungkin saja menajdi teman nya dan dan membawa dampak buruk. Tetapi akhirnya ramayan itu pun dibangun kerana adabeberapa faktor yaitu pemberian uang kepada masyarakat agarmasyarakatmengizinkan atau dengan kata lain uang sogokan, masyarkat di situ banyak yang kurang mampu jika ada yang memberi uang mereka mau dan kekawatiran yang tadinya yang ia takutkan hilang sesaat saat mmendapatkan uang di.  

Sesaat mall ramayana itu sudah dibangun bnyak perubahan perilaku pada masyarakat atau dampak negatif terutama pada anak anak yaitu yang dahulunya suka bermain permainan tradisional sekarang sudah beralih menjadi suka bermain game yang di fasilitasi oleh ramayana yaitu biasa disebut dengan "zone 2000" ,gaya hidup di remaja makin meningkat tanpa memikirkan pendapatan orang tua dan lebih menghambur-hamburkan uang, banyaknya anak yang  sudah tidak bermain pada teman nya tapi lebih cenderung bermain game, anak yang biasanya pulang cepat sekarang lebih menghabiskan waktunya di ramayana karena mall ramayana ini di bangun dekat sekolah dasar parung 01,02,03,04 yang banyak orang tua yang suka khawatir jika anaknya belum pulang, berubahnya perilaku anak menjadi susah diatur. Dan adanya kecemburuan sosial antar si kaya dan si miskin, dari situ timbullah konsumen yang konsumtif.

 Dampak positif yang di timbulkan oleh pembangunan ramayana yaitu timbulnya pikiran modern dalam diri remaja, mengetahui perkembangan bermain bagi anak-anak. Damapak positif dari ekonomi adalah adanya lapangan pekerjaan baru bagi para perkampungan sekitar. Meningkatkan motivasi konsumen untuk meningkatkan jumlah penghasilan.

Dalam hal ini saya dapat berpendapat bahwa perubahan perilaku dari dampaknya pembangunan mall haruslah orang tua yang lebih berperan memantau anak kemana si anak bermain dan memberi pengertian pada anak agar tidak menjadi anak yang konsumtif atau boros. Memberi pengertian pada anak remaja bahwa jika ingin membeli barang yang ia inginkan harus pandai menabung agar bisa merubah anak menjadi lebih tidak boros.

Kesimpulan

          Dari sebuah pembanguna mall sangatlah banyak dampak yang ditimbulkannya baik itu negatif maupun positif. Biasanya dari pembangunan sebuah mall dapat meningkatkan sebuah taraf kehidupan warganya sekitar menambah lapangan pekerjaan dari pembangunan sebuah mall.

Dari penjelasan di atas dapat saya tarik kesimpulan bahwa damapak pembangunan mall di dekat rumah warga sangatlah kurang baik karna banyak sekali dampak negatif yang di   timbulkan. Dampak yang mendominan perubahan pada perilaku si anak maka perlu bimbingan dari orang tua yang seharusnya dapat memantau si anaknya sendiri orang tua yang lebih berperan memantau anak kemana si anak bermain dan memberi pengertian pada anak agar tidak menjadi anak yang konsumtif atau boros. Memberi pengertian pada anak remaja bahwa jika ingin membeli barang yang ia inginkan harus pandai menabung agarbisa merubah anak menjadi lebih tidak boros.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini