Senin, 12 Mei 2014

Ridwan Efendi_Tugas6_TOR dan hasil Penelitian tema ke-2

Tema : Peran OrangTua Dalam Mendidik Anak
A.    Latar Belakang
            Keluarga adalah lingkungan yang pertama dan utama dikenal oleh anak. Alasannya, institusi terkecil dalam masyarakat ini telah mempengaruhi perkembangan individu anggota-anggotanya, termasuk sang anak. Kelompok inilah yang melahirkan individu dengan berbagai bentuk kepribadiannya, tempat dimana ia belajar dan menyatakan diri sebagai manusia sosial dalam hubungan interaksi dengan masyarakat. Oleh karena itu tidaklah dapat dipungkiri bahwa sebenarnya keluarga mempunyai fungsi yang tidak hanya terbatas sebagai penerus keturunan saja. Mengingat banyak hal-hal mengenai kepribadian seseorang yang dapat dirunut dari keluarga.
 
B.     Pertanyaan Penelitian
1. Apa pengertian dan pentingnya keluarga ?
     2. Bagaimana peran orang tua dan pola asuh orang tua terhadap anak dalam keluarga ?
 
C.     Teori
          Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Emile Durkheim. Dengan metode teori mengamati kelompok masyarakat, dengan cara observasi dan menjelaskan secara narasi.
 
D.   Metode Penelitian
            Metode yang saya gunakan yaitu metode kualititatif, karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Karena penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi.
 
E.     Area Riset
            Penelitian dilaksanakan di desa Bedahan, Sawangan, Depok. Untuk dapat memperoleh data yaitu dengan mewawancarai beberapa pemuda dan orangtua yang ada di daerah tersebut.
 
Hasil Laporan
            Kesimpulan yang di dapat adalah bahwa dalam mendidik anak sangatlah harus diperhatikan ketika ia dari masih kecil, yaitu karena untuk mendidik anak sebelum ia mencapai usia dewasa. OrangTua harus memberikan contoh-contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari kepada anaknya, dan tidak membiarkan anaknya bermain atau belajar yang tidak pantas untuk anak itu sendiri. Karena watak ketika anak-anak adalah bukannya dalam hal belajar atau mempelajari, tetapi adalah ia selalu mengamati atau melihat apa yang menjadi kebiasaan orangtuanya sendiri.
 
Narasumber :
Nama : Imron Rosyadi
Pekerjaan : Buruh
Umur : 23 tahun
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini