Senin, 12 Mei 2014

Qayumah_tugas6_penelitian

TEMA :  KEHIDUPAN SEORANG KONDEKTUR KOPAJA P20

 

A.LATAR BELAKANG

Di Indonesia angkutan umum merupakan salah satu alat trnsportasi yang digunakan sehari-hari bagi pelajar, pedagang, pekerja, baik yang muda maupun yang lanjut usia. Di Indonesia beragam alat transportasi seperti ojek, bajaj, becak, taksi, kereta, bus, pesawat, kapal, busway maupun kopaja dan lain sebagainya, alat transportasi ini banyak digunakan bagi warga Indonesian untuk memenuhi kehidupan sehari-hari sebagai alat untuk mencapai tujuan ke suatu tempat yang ingin di kunjungi. jakarta sering di sebut sebagai kota yang macet dan padat penduduk akibat banyaknya penduduk dan pengguna mobil maupun motor pribadi yang menyebabkan kemacatan di ibu kota, pemerintah maupun gubernur DKI Jakarta menyediakan angkutan umum bagi masyarakat adalah salah satu cara ataupun kebijakan yang di ambil untuk mengurangi kemacatan di Jakarta melalui penyuluhan kepada masyarakat untuk menggunakan anggkutan umum sebagai sarana transportasi bagi mereka dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kopaja merupakan salah satu angkutan umum yang ada di Jakarta yang selalu siap mengantarkan penumpang sesuai koridor/rute perjalanannya, kopaja bermuatan 25-30 orang setiap perjalananya dengan satu pengendara dan satu kondektur kopaja, di dalam penelitian ini saya akan mengulas tentang kehidupan seorang kondektur kopaja p20.

 

B. PERTANNYAAN

1. kesulitan apa yang anda rasakan sebagai kondektur kopja p20 ?

2. kehidupanyang seperti apa yang anda harapkan ?

C. METODE PENELITIAN

Metode Kualitatif

Didalam metode kuantitatif ini mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Metode ini dipakai apabila data hasil penelitian tidak dapat diukur dengan angka atau dengan ukuran lain yang bersifat eksak. Penelitian yang saya lakukan yaitu menggunakan metode kuantitatif  yaitu dengan wawancara yang saya lakukan dengan seorang kondektur kopaja p20 dengan mengajukan pertanyaan yang saya berikan.

D.    AREA RISET

Penelitian dilaksanakan di pasar jumat ciputat Jakarta selatan, melalui wawancara dengan seorang kondektur kopaja p20 pada tanggal 7 mei 2014, saya melakukan wawancara dengan waktu kurang lebih 1 jam.

E.     TEORI SOSIOLOGI

Penelitian ini menggunakan teori fakta sosial EMILE DURKHEM karena dalam peneltian yang saya lakukan merupakan suatu paksaan eksternal yang dialami seorang pembersih jalanan. Menurut durkheim Fakta sosial adalah seluruh cara bertindak, baku maupun tidak, yang dapat berlaku pada diri individu sebagai sebuah paksaan eksternal atau bisa juga dikatakan bahwa fakta sosial adalah seluruh cara bertindak yang umum dipakai suatu masyarakat, dan pada saat yang sama keberadaannya terlepas dari manifestasi-manifestasi individual. (Durkheim, 1895/111982: 13).

F. HASIL PENELITIAN

Penelitian dengan tema kehidupan seorang kondektur kopaja p20 yang saya teliti sebagai tugas dari  pelajaran sosiologi dengan menggunakan metode wawancara oleh seorang kondektur kopaja p20 yang bernama desi, saya mengajukan beberapa pertanyan kepada desi untuk melengkapi hasil dari penelitian saya.

Hasil dari penelitian saya, kehidupan seorang kondektur kopaja p20 sangatlah keras dan memperhatinkan, bekerja sebagai kondektur kopaja merupakan cara untuk dapat memenuhi kehidupan sehari-hari, sebagai remaja berusia 16tahun  bekerja sebagi kondektur kopaja untuk membantu perekonomian atau mengurangi biaya kehidupan keluarganya. Dengan dasar pendidikan rendah mendorong desi menjadi seorang kondektur kopaja serta kondisi perekonomian keluarga yang dapat dikatakan sulit dalam memenuhi kehidupan sehari-hari, sehingga teori emile Durkheim lah yang saya gunakan dalam penelitian ini karena dengan kondisi pendidikan, keadaan, dan perekonomian yang sulih sehingga mendorong deso sebagi kondektur kopaja yang pada umumnya tidak layak ia kerjakan di usia 16 tahun, sebagai seorang remaja berusia 16 tahun yang seharusnya ia di sibukan dengan kegiatan belajar di sekolah namun saat ini ia lebih memilih bekerja sebagai kondektur kopaja yang harus melawan kerasnya hidup di jalan. Pendapatan yang didapat sebagai kondektur kopaja p20 hanya cukup untuk memenuhi kehidupannya dan keluarga untuk makan saja sehari-hari, waktu bekerja sebagai kondektu tidak tentu karena ia harus mencari sebagai pengemudi agar ia dapat menyewa kopaja, karena untuk mengemudikan kopaja tidak cukup hanya ia seorang melainkan harus adanya seorang pengemudi kopaja.

 

PROFIL NARASUMBER

NAMA : Desi riani

UMUR : 16

PEKERJAAN : Kondektur kopaja p20

G. KESIMPULAN

Menjalani kehidupan sebagai seorang kondektur kopaja p20 sangatlah keras dan sulit untuk menjadi kondektur kopaja tidaklah mudah kita harus terbiasa dengan panas ataupun hujan sebagai musim di Indonesia dan juga kerasnya hidup di jalan.

QAYUMAH

1113054100001

KESEJAHTERAAN SOSIAL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini