Minggu, 11 Mei 2014

Ichsan Kurnia_Tugas 6_ Laporan Penelitian Lapangan

Nama                   : Ichsan Kurnia
NIM                     : 1113054100029
Kelas                   : Kessos 2A
 
Tema : Peran Organisasi Remaja pada Lingkungan Sekitar
A.   Latar Belakang
Organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Pencapaian tujuan memerlukan perjuangan yang sungguh-sungguh dengan memanfaatkan segenap sumber daya dan kemampuan.
Sebuah organisasi dapat terbentuk karena dipengaruhi oleh beberapa aspek seperti penyatuan visi dan misi serta tujuan yang sama dengan perwujudan eksistensi sekelompok orang tersebut terhadap masyarakat. 
Organisasi yang dianggap baik adalah organisasi yang dapat diakui keberadaannya oleh masyarakat disekitarnya, karena memberikan kontribusi seperti: pengambilan sumber daya manusia dalam masyarakat sebagai anggota-anggotanya sehingga menekan angka pengangguran.
-         Mengapa penelitian penting ?
Penelitian ini penting karena kita tahu seberapa besar peran organisasi remaja pada lingkungan sekitar.
-         Asumsi
Organisasi remaja dapat memberi kontribusi atau peran pada masyarakat sehingga menjadikan masyarakat yang lebih baik.
 
B.   Pertanyaan Penelitian
1.     Bagaimana  masyarakat dapat merasakan pengaruh organisasi remaja pada lingkungan ?
 
C.   Teori
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Emile Durkheim. Dengan metode teori mengamati kelompok masyarakat, dengan cara observasi dan menjelaskan secara narasi.
 
D.   Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan yaitu metode kualititatif karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Karena penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi.
E.    Area Riset
Kegiatan ini dilakukan disalah satu organisai remaja yang ada dipondok cabe ilir. Untuk memperoleh data yaitu dengan mewawancarai sekertaris organisasi tersebut.
 
Hasil Laporan Penelitian
          Dari hasil wawancara tersebut, dapat peneliti simpulkan. Bahwa dengan adanya organisasi remaja banyak hal-hal positif yang remaja lakukan untuk membantu atau membuat lingkugan masyarakat jadi lebih baik, dan banyak remaja yang melakukan hal-hal positif dibandigkan dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang justru akan membuat kerusakan remaja sperti tawuran, membuat geng yang justru dapat mersahkan masyarakat dll.
Narasumber
Nama                  : Muhammad Irfan
Pekerjaan            : Mahasiswa
Umur                  : 19th

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini