Selasa, 20 Mei 2014

Tugas Hendri Afriliansyah

HENDRI AFRILIANSYAH_TUGAS7_TOR DAN HASIL PENELITIAN

TEMA : MARAKNYA ANAK SMP MEROKOK

A.LATAR BELAKANG

Banyak remaja sekarang yang belum cukup umur tetapi sudah berani merokok. Misalnya, anak SD dan SMP sudah banyak yang merokok bahkan di tempat umum sekalipun. Tidak usah jauh-jauh, di Jakarta/lingkungan sekitar saja sudah banyak anak seumuran SD dan SMP yang berani merokok, padahal mereka masih menggunakan seragam sekolah, bukannya itu hanya akan merusak diri sendiri dan mempermalukan nama sekolah. Rokok jelas-jelas juga akan mengganggu kesehatan dalam jangka panjang.
Diantara para remaja (khususnya pria) menganggap bahwa dengan merokok mereka dianggap "gaul", gagah dan pemberani atau dengan kata lain lebih percaya diri (PD). Padahal hal itu tidaklah mutlak benar, efek dari merokok antara lain: akan dianggap menganggu orang lain, mengurangi uang saku, dan mungkin akan terjerumus ke hal-hal negatif (misalnya: narkoba, pencurian, dll.).
Berdasarkan pemikiran di atas, penelitian ini ingin mengetahui pengaruh merokok terhadap pergaulan menurut persepsi remaja (siswa kelas 7) MTS (Madrasah Tsanawiyah) Manaratul Islam.

B.PERTANYAAN PENELITIAN

1.Mengapa banyak anak remaja merokok?

2.Apa faktor utama untuk merokok?

C.Metode penelitian

Metode yang digunakan dalam observasi ini adalah metode kualitatif atau lebih menitikberatkan kepada bagaimana hal itu bisa terjadi sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Agar observasi ini berguna untuk mengungkap apa penyebab permasalahan ini terjadi dan memberi kejelasan cara mengatasinya, sehingga menjadi satu kesatuan hasil observasi yang baik dan bermanfaat bagi khalayak umum.

D.Teori

Teori yang digunakan pada observasi ini adalah teori dari Emile Durkheim, karena subjek yang diteliti adalah kelompok anak-anak yang dipakai adalah observasi, serta output yang dihasilkan adalah narasi atau sebuah penjelasan dari penemuan-penemuan observasi yang telah dilakukan

E.AREA RISET

Penelitian ini dilakukan di belakang sekolah MTS MANARATUL ISLAM,JAKARTA SELATAN.

Hasil Penelitian

Pertanyaan Lapangan Penelitian :

1.       Apa penyebab anda merokok?

2.       Mengapa anda merokok?

3.       Sejak kapan anda merokok?

 

Jawaban Penelitian Lapangan :

Penyebab saya merokok biar " GAUL " saja dan nongkrong juga enak kalau dengan merokok, awalnya saya tidak tahu merokok dengan enak itu seperti apa,setelah saya coba-coba merokok lama-kelamaan jadi kebiasaan. Saya merokok dari SD kelas 6, awalnya ikut-ikutan teman saja lalu saya jadi kecanduan merokok sampai saat ini.

Merokok itu enak tapi membuat uang saku berkurang dan menurun karena uangnya saya beli rokok walaupun kadang-kadang patungan.

NARASUMBER :

      Nama         :  Septio Hadi

Usia           :  13 Tahun

Pekerjaan   : Pelajar

 

 

NAMA       : HENDRI AFRILIANSYAH

NIM            : 1113054100019

JURUSAN  : KESEJAHTERAAN SOSIAL  2A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini