Selasa, 20 Mei 2014

Rizkia Indriyani_tugas7_TOR dan Hasil Penelitian ke-3

Semakin Rendahnya kesadaran pemuda/pemudi dalam kegiatan karang taruna

 

a.    Latar belakang

Suatu organisasi dibentuk karena adanya tujuan bersama dan agar dapat memberi manfaat kepada masyarakat serta anggotanya sendiri. Untuk mencapai tujuan bersama tersebut harus juga disertai dengan kegigihan bersama. Dalam berdirinya organisasi pasti disertai visi dan misi bersama. Suatu organisasi bisa dikatakan berkembang jika para anggotanya aktif baik dalam program kerjanya maupun diakui dimasyarakatnya karna memberikan banyak manfaat. Namun seiring berkembangnya zaman, tingkat kesadaran pada remaja semakin rendah akan pentingnya suatu organisasi maupun pengajian dilingkungannya. Kebanyakan dari mereka lebih mementingkan nongkrong-nongkrong yang tidak jelas, bahkan ada beberapa warga yang merasa khawatir dengan pergaulan anak nya yang sudah kurang baik.

 

-       Pentingnya penelitian

Semakin berkembangnya zaman para pemuda/pemudi semakin memiliki tinggkat kesadaran yang rendah dalam peranan dilingkungannya.

-       Asumsi

Organisasi yang telah berdiri semakin kurang kinerja nya, tidak berjalan sebagaimana mestinya. Dan banyak para orang tua yang mengeluhkan pergaulan anak nya yang semakin salah jalan.

 

b.    Teori Penelitian

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Emile Durkheim, karena subjek yang di teliti adalah kelompok remaja dan menggunakan cara observasi, serta menghasilkan output dengan bentuk narasi atau sebuah penjelasan yang dihasilkan dari observasi yang sudah dilakukan

 

c.    Metode penelitian

Metode yang saya gunakan yaitu metode kualititatif karena mengutamakan cara kerja dengan menjabarkan data yang diperoleh. Karena penelitian ini dilaksanakan dengan wawancara mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi.

 

d.   Area riset

Penelitian ini dilakukan disalah satu organisai remaja yang ada di Duren Mekar-Bojong Sari. Untuk memperoleh data yaitu dengan mewawancarai beberapa anggota organisasi tersebut.

 

e.    pertanyaan penelitian

Bagaimana langkah kalian agar organisasi tersebut dapat tetap aktif begitu pun dengan para anggotanya yang tidak lain adalah para pemuda-pemudi lingkungan ini ?

 

f.     hasil penelitian

kami cari tau alasan mengapa mereka sudah kurang aktif dalam organisasi, lalu kami cari solusinya agar mereka aktif kembali, atau kita membuat kegiatan yang lain seperti biasanya agar mereka dapat dengan sukarela tanpa paksaan mengikuti organisasi ini dan dan dapat aktif kembali dalam pengajian rutin dilingkungan ini. Agar pergaulan remaja dilingkungan ini pun tidak lagi membuat warga atau para orang tua khawatir.

 

Narasumber

-Elba Bayinah, 17tahun, pelajar

-Ahmad Lutfi, 21tahun, pekerja

-Ricko Setyawan, 19tahun, pekerja

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini